Thursday, October 20, 2011

Asyiknya Bermain Twitter


Dicari dari google
Jejaring sosial twitter menurut saya memiliki keunikan tersendiri yang membuat penggunanya menjadi addicted alias kecanduan. 

Ini beberapa keasyikan twitter menurut saya :
1.       Simpel (hanya berupa tweet yang berupa semacam kotak untuk update status di facebook, dengan pembatasan maksimal 140 karakter), hanya tinggal tweet, reply atau retweet.

2.       Pengguna twitter pun tak khawatir dianggap ‘nyampah’ kalau nge-tweet sekadar untuk berkata misalnya ‘lapar, capek, atau hujan’ dengan jumlah apdetan  berkali-kali dalam sehari (kalau di facebook rasa-rasanya malas melihat satu orang update status beberapa kali dalam sehari hehe).

3.       Sangat banyak tokoh-tokoh ternama yang selama ini hanya kita lihat di televisi atau kita ketahui sepak terjangnya melalui media massa yang mempunyai akun twitter. Bisa berkomunikasi secara langsung dengan mereka (melalui mention kita) yang tentu saja susah kita lakukan di dunia nyata. Beberapa tokoh ternama ternyata sangat ramah loh :D

4.       Dari tweet-tweet akun yang kita follow kita bisa belajar banyak ilmu mereka secara cuma-cuma. Mau lebih pintar ilmu agama? Bisa follow @aagym, @salimafillah, @yusuf_mansyur, @kang_abik atau akun seperti @islamicthinking, @backondeen. Mau lebih pintar ilmu finansial? Bisa follow @safirsenduk, @mrshananto atau @ahmadgozali. Mau terkena motivasi dahsyat tingkat tinggi bisa follow @jamilazzaini, @ipphoright atau @tungdw. Mau tahu pemikiran tokoh politik? Bisa follow @tifsembiring, @fahrihamzah atau @indrajpiliang misalnya. Para tokoh ternama juga sering menulis tentang kultwit (kuliah twitter kalau tak salah singkatannya) tentang hal-hal yang dikuasainya. Intinya tinggal cari ahli sesuatu dan follow mereka. ^^

5.       Informasi tersebar luas dengan cepat di twitter melalui retweet. Sering juga banyak livetweet yang menggambarkan real-time suatu peristiwa. Saya yang nyaris tak pernah menonton televisi (lantaran tak suka hehe) merasa nggak update kalau nggak buka twitter barang sehari saja (walau seringnya mengamati timeline saja). Cukup follow akun @detikcom, @kompas, @korantempo, atau akun berita lainnya.

6.       Twitter banyak memunculkan tokoh-tokoh yang fenomenal seperti @poconggg atau @benny_israel. Banyak orang yang sebelumnya tak saya kenal (mungkin lantaran saya yang kurang gaul kali ya) mempunyai hal-hal menarik dan bermanfaat yang membuat saya mengikutinya.  

7.       Banyak quiz yang diadakan di twitter dengan hadiah-hadiah menarik (kalau yang ini saya jarang ikut sih hehe). Ngiler juga melihat tweet-tweet teman yang memenangkan hadiah seperti buku, tiket konser, handphone dan lainnya.

8.       Twitter tempat yang tepat jika ingin mengenal seseorang lebih dekat. Menurut saya, manusia cenderung amat sangat mudah mengungkapan perasaannya di twitter. Melalui tweet-tweetnya orang bisa sangat terbuka, sependiam apapun orang itu saya kenal di dunia nyata (lebih terbuka daripada di facebook juga). Jadi nggak usah kepo pun orang bisa tahu apa perasaan yang disembunyikan seseorang, sebenernya, hehe.

Disamping itu, menurut saya twitter memiliki beberapa hal yang patut diwaspadai seperti tersebarnya informasi yang amat cepat dan banyak dibarengi kewaspadaan dengan keakuratan informasi tersebut (kadang susah dibedain mana yang informasi, pendapat pribadi atau hoax) dan pentingnya follow beberapa akun berbeda dalam spesialisasi yang sama (misal untuk berita yang sama, pemilihan kata berbeda pada kompas atau detikcom bisa memunculkan persepsi yang berbeda bukan?) serta pentingnya mengetahui sedikit banyak latar belakang akun yang menulis tweet tersebut (menurut saya pribadi patut waspada juga kalau orang-orang orientalis menulis tentang agama Islam).

Anyway, saya rasa twitter dan facebook sama asyiknya. Saling melengkapi. Fitur facebook lebih lengkap seperti misal ada notes, event, games dan lain sebagainya. So, tak ada salahnya memiliki akun di dua situs jejaring sosial populer tersebut. Jangan lupa follow akun @monilando juga ya (sekalian promosi ahaha) ^^

2 comments:

  1. Gua sih ga gitu suka twitter, soalnya banyak orang yg kesannya "alay" gitu, update tweet setiap 5 menit sekali

    "Lagi di kampus, kuliah"
    "Aduh bosen #eaaaa"
    "Ke WC dulu ah"
    "Aduh panas"

    Belom lagi orang2 yg hobi retweet segala tweet yg dia liat...

    ReplyDelete