Wednesday, October 19, 2011

Yang Muda Yang Berbeda : Loving Life!


Dicari dari google

Usia muda itu tak berulang dua kali, anak muda itu spesial. Salah satu karakteristiknya adalah spontanitas. Action dulu. Bergerak dulu. Tiba-tiba saja jam setengah 8 pagi di-sms seorang kawan yang mengajak ke Dufan sejam kemudian sudah berangkat atau tiba-tiba saja sudah berada ratusan kilometer dari Jakarta, ditengah bus sambil bernyanyi-nyanyi riang. Kadang-kadang rencana yang dibicarakan berulang kali malah tak jadi bukan?

Kuliah saya di STAN berjalan flat-flat saja hingga tingkat dua, jujur saja orientasi kuliah pada tahun pertama benar-benar murni akademis, hanya ingin belajar dan memperoleh hasil tinggi. Kuliah pulang, kuliah pulang (kupu-kupu), seputar kosan dan menghindari organisasi (takut mengganggu kuliah). Hingga saya bertemu dengan teman-teman tingkat dua yang membuat saya merasakan nyamannya persahabatan. Mulailah berkembang pikiran, lagipula akhirnya jenuh juga belajar terus :P

Dari situ mulai jalan-jalan kemana-mana atau sekadar berkumpul ngobrol-ngobrol. Orientasi pun mulai bergeser, tak sepenuhnya untuk akademis. Dulu waktu tingkat satu masih rajin meringkas hampir semua bab mata kuliah pelajaran-pelajaran susah dengan dihias warna-warni yang menarik hati (ah kemana ya catatan-catatan saya itu sekarang?), lalu mulai malas sedikit demi sedikit, waktu tersita untuk jalan-jalan dan mulai ikut organisasi. Malah ada teman kos yang berkata tak pernah melihat saya waktu weekend -_-“

Lalu mulailah petualangan think out box, melakukan hal berbeda yang sebelumnya tak pernah dilakukan. Rutinitas itu kadang membosankan kan? Mulailah saya ikut les bahasa Mandarin, jadi pengajar dan coba-coba berbisnis (walau yang terakhir ini bisa disebut gagal hiks).  Hidup terasa lebih berwarna.

Dan sekarang sedang menunggu dengan antusias untuk ikut tur Museum Nasional dan Istana Negara besok minggu (baru saja bergabung dengan Komunitas Historia Indonesia), sudah tak sabar ikut kursus menjahit bersama Anita (jalan-jalannya juga ding :D), sedang mencari peluang bisnis baru, menikmati blogwalking dan belajar menulis setiap harinya, membaca banyak buku dengan genre-genre yang sebelumnya bukan genre saya, antusias berkenalan dengan banyak orang, menikmati setiap pertemuan les bahasa Arab dan hal-hal lainnya.

Iya, telat banget baru sekarang menikmati enaknya mengeksplor diri tapi tak apa-apa lah ya. Better late than never. Dulu benar-benar menolak membaca buku yang bukan-saya-banget tetapi setelah coba-coba membacanya, saya menikmati juga. Melihat sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda dan yang lebih penting mendapat ilmu baru. Kursus jahit saya pikir awalnya bukan-saya-banget mengingat dulu waktu SMP nilai tata busana saya yang menyedihkan tapi setelah dipikir-pikir kalau saya nggak bisa dan menghindar kapan bisanya?

Jadi eksplor diri sebanyak-banyaknya, mumpung masih muda. Ikut apa saja selama positif dan mampu (ya nggak mungkin juga saya ikut kursus angkat besi :p). Nikmati hidup dan jangan batasi pikiran serta jangan batasi diri dengan pikiran seperti ‘nggak mampu’, ‘bukan saya banget’, dsb. Masa muda tak berulang dua kali, kesempatan itu kadang tak menunggu. Masa ketika fisik, antusiasme dan kemampuan sedang berada di puncaknya. 

Yuk, temukan hal yang menakjubkan dari hidup ^^

3 comments:

  1. yup, bener banget "mumpung masih muda" :D

    ReplyDelete
  2. hemm.... ehhehe,, mash muda gak ada salahnya
    tokh yg diharapkan dari yg muda2 yg smengatnya lebih dari 45.. hehe

    ReplyDelete
  3. Ahaha.. semangat anak muda ya :D

    btw salam kenal ^^ *salaman*

    ReplyDelete