Monday, January 23, 2012

Those Disturbing Pictures

Internet memang ibarat pedang bermata dua, bisa jadi membawa kebaikan dan bisa jadi membawa keburukan, tergantung sang pengguna memanfaatkannya. Berbagai peristiwa dapat tersebar luas dengan cepat di dunia maya. Tak luput pula apabila ada kejadian kecelakaan, berita tersebar dengan cepat, dengan menyertakan gambar atau video tentang peristiwa tersebut.

Seperti halnya kemarin siang saat kecelakaan maut di daerah Gambir yang menewaskan sembilan pejalan kaki. Foto-foto dan video tersebar luas di dunia maya, entah di youtube atau situs jejaring sosial. Bukan kali ini saja foto atau video yang masuk dalam kategori 'disturbing pictures' itu beredar. Mungkin masih hangat dalam ingatan foto atau video pembantaian Mesuji, foto korban yang tewas saat terjatuh dari kereta api di daerah Sumatra Barat dengan kepala (maaf) terputus, foto korban kecelakaan mobil yang dikendarai Syaiful Jamil, dan lainnya. Entah betapa banyak 'disturbing pictures' yang masuk ke dalam otak kita. Enough.

Saya hanya tak habis pikir bagaimana mungkin foto yang, let me say, 'inappropriate' itu disebarluaskan dengan mudahnya, mungkin melalui twitter, facebook atau BBM. Apa iya pantas untuk disebarluaskan? Bagaimana jika anggota keluarga kita lah yang berada dalam posisi itu (na'udzubillah, semoga kita dan keluarga selalu dalam lindungan-Nya) apa iya kita tega menyebarluaskan foto jenazahnya yang mungkin berada dalam kondisi mengenaskan menjadi tontonan umum hanya untuk memuaskan rasa ingin tahu orang?

So please, stop sharing those pictures, bukan hanya karena itu gambar yang (maaf) tak pantas untuk disebarluaskan tetapi lebih dari itu, hormatilah jenazah untuk yang terakhir kalinya, at least dengan tidak menyebarkan fotonya (apa pantas foto jenazah disebarluaskan?). The pictures are disturbing bur your sharing the pictures is much more disturbing. Maaf, kali ini saya hanya benar-benar risih. :(

6 comments:

  1. ada emang mbak yang "suka" dengan gambar2 macem gitu, entah psikopat atau gimana,jadi pengen share kepada sesama yang mungkin juga tertarik utk ngliat. kayak di k*skus itu kan juga kykny ada forum khusus DP2 gitu..
    ngeriii..
    oiya, udah ku follow lo mbak :D

    ReplyDelete
  2. Iya, bener. Harusnya ada di kode etik jurnalis untk masalah bginian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setauku ada Ko, untuk nggak menampilkan gambar dgn unsur 'sadis'.. Di postingan ini aku lbh nekanin ke nyebarin gambarnya.. Yg nyebar lwt youtube, blog atau situs jejaring sosial..

      Delete
  3. Dan yg lebih aneh, ada orang yg seneng nyimpen n koleksi foto begituan...wew

    ReplyDelete
  4. @Marissa @Kevin
    Iya nih, what's wrong with those people? i really don't get it :(

    ReplyDelete
  5. can't agree more! gue yg benci darah jd merasa terganggu bangetttt

    ReplyDelete