Friday, February 10, 2012

Loving (Living in) Jakarta


dari wikipedia
Kalau di postingan kemarin bercerita tentang suka dukanya merantau, kali ini aku ingin membagi hal-hal yang membuatku ‘betah’ di Jakarta. Hihi.

Jakarta. Apa yang pertama terlintas mendengar kata Jakarta? Macet, polusi, kriminalitas tinggi? Bisa jadi. Namun jujur saja, untuk saat ini aku lebih suka tinggal di Jakarta daripada tinggal di Semarang, bahkan sampai bener-bener berdoa agar dapat penempatan di sini (sebagai PNS yang siap ditempatkan dimana saja di seluruh Indonesia hehe) dan Alhamdulillah terkabul :D

Tips enjoy Jakarta ala Monika, check it out :
  1.  Ikut banyak kegiatan
Ilmu bertebaran dimana-mana. Mau kursus bahasa? Banyak. Bahasa Arab misalnya, baru menemukan satu tempat kursus di Semarang, di Jakarta banyak bertebaran majelis ilmu. Mau kursus menjahit, memasak atau kursus lainnya? Banyak! Belum lagi festival dan pameran (Banyak diskon juga maksudnya hihi). Pameran buku saja bisa lebih dari tiga kali dalam setahun. Kemarin-kemarin juga sempat ikut merasakan kemeriahan Indonesia Open dan Sea Games.  Rugi kalau tinggal di ibukota tapi tak bertambah ilmu alias mendekam saja di kamar :D

2.       Enjoy macet dan menunggu!
Kalau di Semarang, waktu perjalanan satu jam rasanya sudah jauuuhh, bisa sampai luar kota. Kalau di Jakarta, sejam itu untuk jarak tempuh yang dekat (plus macetnya tentu saja!). Enjoy saja. Mau meng-klakson berkali-kali juga tak ada guna, apalagi mengeluarkan kata-kata umpatan. Rugi. Selain itu (karena menggunakan jasa transportasi umum) jadi sering menunggu : menunggu busway, menunggu kereta, menunggu teman yang terjebak macet :P.  Jangan lupa sedia buku di tas dan tenggelam dalam bacaan (Lumayan sejam bisa habis setengah buku :D), waktu tunggu juga bisa jadi waktu yang efektif untuk mengulang hafalan atau menambah hafalan baru. Enjoy!
3.       Banyak tempat murah (banyak tempat belanja juga)
Karena sebagian besar produksi barang di Jakarta, harga jual barang relatif lebih murah dibanding di kota lain. Mau beli barang elektronik? Bisa ke Glodok, mau beli komputer? Bisa ke Mangga Dua. Mau beli baju? Bisa ke Tanah Abang. Mau beli hape? Bisa ke Roxy. Harga tentu lebih murah karena untuk sampai ke kota lain butuh biaya pengiriman. Bisa buat kulakan (reseller lah bahasa kerennya) :D

4.       Banyak kesempatan bertemu banyak tokoh
Namanya juga ibukota, banyak tokoh tinggal atau berkegiatan disini. Banyak-banyak mencari informasi tentang kegiatan-kegiatan seru yang melibatkan tokoh-tokoh terkenal. Datangi kegiatannya atau kadang malah tak sengaja bertemu artis (kalau ini sih kemungkinan besarnya di mal hehe). Bertemu secara langsung dengan Asma Nadia, Oki Setiana Dewi, Tung Desem, Salim A Fillah dan orang-orang keren lainnya tentu lebih ‘berjejak’ di hati ketimbang membaca buku mereka (lebih bagus lagi plus baca buku mereka hehe). Aura para tokoh itu ‘beda’, belum lagi mendengar cerita dan pengalaman mereka secara langsung. Salim A Fillah misalnya, ‘menghipnotis’ para jama’ah dengan pelajaran Aqidah yang dibungkus secara indah melalui cerita-cerita Sirah Nabawiyah dengan gaya bahasanya yang keren. 

5.       Sendirian? Don’t worry!
Tak seperti kehidupan kuliah yang punya banyak teman untuk diajak jalan, saat sudah bekerja begini, teman yang ‘satu selera’ tak terlalu banyak, itupun lokasi tempat tinggalnya menyebar dimana-mana. Plus belum ada mahram yang menemani kemana-mana *jiah* jadi lah saya sering kemana-mana sendirian. Ya masak nggak jadi ikut kegiatan keren cuma gara-gara nggak ada temen? Rugi dong. Di tempat tujuan bisa dapat kenalan baru juga. Hehe. Lagipula di Jakarta ini, banyak juga orang-orang yang kemana-mana sendirian, jadi tak aneh juga. Hehe.
6.       Perhatikan keamanan
Waspada barang bawaan dan orang-orang sekitar. Apalagi kalau ada orang yang kelihatan mencurigakan, mending segera pergi menjauh. 

Oke itu tips-tips enjoy Jakarta ala Monika. Ada yang mau menambahkan? Silahkan :D. Ikuti postingan (insya Allah) esok hari ya tentang tips bepergian aman di Jakarta ala Monika. See you  :D




4 comments:

  1. Setuju!
    Bisa gak ya, IBF pas aku dinas ke Jakarta :(
    Postingan tentang jakarta, ada juga di:
    bambangisme.blogspot.com/2010/11/jakarta-dibenci-dan-dicintai.html

    ReplyDelete
  2. Aduuuh saya mah udah bosen mbaaa kena macet teh... hehe... semoga nyaman ya di jakarta...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi,, kalau saya sih kudu membiasakan diri ^^

      Makasih kunjungannya ya, salam kenal Uzay..

      Delete