Saturday, April 28, 2012

30-day Writing Challenge : Challenge Me!


Sedih sekali melihat jumlah tulisan bulan ini yang hanya berjumlah empat biji (sebelum tulisan ini) dan sekaligus menunjukkan grafik menurun. Hiks. Seperti yang pernah saya singgung di tulisan Blogger Versus PNS bahwa menulis adalah salah satu passion, sesuatu yang bisa membuat seseorang menjadi passionate, hanya saja tak mudah untuk meracik kata-kata menjadi sebuah tulisan utuh secara berkala dan konsisten. Entah karena inilah, itulah. Selama nggak nulis itu rasa-rasanya ada yang kurang buat saya, ya seperti lama nggak melakukan suatu hobi begitulah...

Kata orang, terkadang sesuatu yang baik itu harus dipaksakan. Karenanya, mulai esok hari saya ‘menantang’ diri sendiri untuk menulis penuh berturut-turut selama tiga puluh hari agar saya nggak punya pembenaran lagi untuk nggak (konsisten) menulis. Entah nanti jadinya bagaimana, bagus atau nggak, yang penting saya menulis dulu. Mengasah ‘pena’ setajam-tajamnya. Dari pembiasaan lama-lama jadi kebiasaan (semoga). Kejelekan saya salah satunya adalah suka menunda-nunda, termasuk menulis ini, entah sudah berapa rancangan tulisan yang tak usai teronggok di folder. 

Ngomong-ngomong soal challenge, pada waktu bulan Oktober yang lalu seorang teman (ini blognya) menantang untuk menulis di blog selama seminggu berturut-turut. Kami sama-sama suka menulis tapi produktivitas masih minim. Bisa juga kalau dipaksakan. Hehe. 

Selain itu, saya bersama enam teman seangkatan saat kuliah dulu membentuk ‘Kelompok Menulis Ceria (KMC)’ yang setiap dua minggu sekali (dulu tiap bulan) menyetorkan tulisan di Kompasiana dengan tema yang ditentukan salah satu dari kami. Lalu kami saling menilai tulisan masing-masing. Sederhana nampaknya tapi terkadang menulis tema yang ditentukan orang lain itu menantang (kadang nggak tahu mau menulis apa) dan dikejar deadline dua mingguan itu seru juga. Haha (terlebih untuk saya yang masih merasa deg-degan memasukkan tulisan di media sebesar kompasiana). Silahkan jika ada yang berkenan melongok tulisan-tulisan kami di sana (Saya, Chandra, Zuman, Tada, DodoBambang dan Kharly).

Bismillahirrohmanirrohiim. So here I go, my writing challenge will start from tomorrow. Ohya jika ada yang berkenan memberi tantangan tema menulis saya dengan senang hati menerimanya (asal nggak aneh-aneh ya hehe), silahkan komen di postingan ini/chatbox atau via apa saja. *Kalau ini terinspirasi writing challenge Naya :)

Biar lebih semangat, saya bikin juga gambar ‘30-day writing challenge’ untuk dipasang sebulan di blog ini. I will very appreciate every comment you make on my blog in the next, next and next posting guys. See you!

 

9 comments:

  1. Semangat Monilando;))

    Tulis tentang... Hewan yang paling kamu sukai ya..;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. Makasih Nay ^^

      Wah tema yang menarik, insya Allah minggu ini ya ^^

      Delete
  2. aq tantang ini deh.. Q pilih yg agak susah biar km kreatif..
    Temany adlh tentang
    "kipas angin" nah loh?
    Bisa kagak?
    (alf_dc)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipas angin ya chan *garuk2..

      i will try ^0^

      Delete
  3. hayooo Semangaaaat!!!.. Momon pasti bisa..;)

    ReplyDelete
  4. udah kutambahin dek.. iya belum dapet baca yg muhammad al fatih nya.. masih di wish list.. moga2 dalam waktu dekat ini deh..

    ReplyDelete