Friday, May 4, 2012

Puluhan Tahun Berdo'a

Dalam suatu pelajaran tiba-tiba sang Ustadz bertanya kepada para murid, “Tadi di mustawa tsalisi saya bertanya ke murid-murid siapa yang bisa mengartikan do’a sesudah makan dan nggak ada yang bisa menjawab. Coba saya ingin tahu di kelas ini ada nggak yang bisa menjawab,”

Murid-murid terdiam memikirkan doa sesudah makan. Alhamdulillahhilladzi ath’amanaa wa saqoonaa waja’alanaa muslimiin. Apa ya artinya? Ada jeda sekian lama sebelum sang Ustadz berkata,”Wah jangan-jangan di kelas ini nggak tahu juga? Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum dan menjadikan kami Muslim,”

diambil dari sini
 الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ

“Sekarang saya mau tanya, coba do’a di antara dua sujud ada yang tahu artinya?” Diam.

Beliau kemudian melanjutkan, “Sudah berapa puluh tahun berdo’a tetapi nggak tahu artinya padahal dalam berdo’a itu harus tahu apa yang diucapkan, nanti dipelajari lagi ya,”

Deg. Tertohok. Sangat. Berapa puluh tahun menjadi seorang Muslim. Berapa ribu kali lafaz do’a-doa dipanjatkan. Berapa ribu kali sholat didirikan tetapi do’a-do’a yang dibaca setiap hari tak tahu maknanya secara utuh dan menyeluruh. Do’a-doa yang dihafalkan saat usia dini tetapi belum memahami arti secara menyeluruh. Pokoknya berdoa begini ketika mau tidur, bangun tidur, sesudah makan, dsb tanpa memahami esensinya secara komprehensif. 

Umar bin Khattab berkata: “Pelajarilah bahasa Arab sesungguhnya ia termasuk bagian dari agama kalian”.

Semangat. Semangat mempelajari bahasa Arab. Semangat mempelajari (kembali) do’a-do’a yang kita ucapkan sehari-hari.

“Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya,” (terjemahan Q.S Yusuf:2) 

*notetomyself*

4 comments:

  1. bener banget...
    kalau ga tau sama aja boong...
    :P

    ReplyDelete
  2. ga cukup niat doank ya... >.<

    ReplyDelete
  3. Semoga umat Islam bisa lebih paham dengan agamanya ! Amiin ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih atas kunjunganya.. slm kenal dan slm ukhuwah..

      Delete