Sunday, May 27, 2012

The Similar Circle


Dulu saya jarang mengkonfirmasi permintaan pertemanan di Facebook dari orang-orang yang tak saya kenal. Minimal alumni sekolah yang sama bagi saya. Bukan apa-apa, malas saja rasanya berbagi dengan orang yang tak dikenal. Kadang ada yang menulis status yang membuat saya kurang nyaman membacanya sehingga akhirnya saya remove dari daftar teman. Hehe.

Namun lambat laun, rasa-rasanya berteman dengan orang yang satu almamater saja membuat dunia menjadi sempit. Orang yang satu almamater misalnya akan cenderung memiliki sudut pandang yang sama akan suatu hal, mengingat latar belakang yang sama.

Semenjak aktif menulis di blogger dan membaca tulisan-tulisan keren dari para blogger yang notabene tak saya kenal di dunia nyata dan memiliki latar belakang serta sudut pandang beragam, pikiran saya menjadi lebih terbuka. Ada hal-hal baru yang saya temui dan ada ilmu baru yang saya dapatkan. Dan tentu saja banyak teman baru yang dikenal.

Dalam berteman di Facebook pun begitu, saya mengkonfirmasi permintaan pertemanan dari orang yang tak dikenal selama jelas identitasnya (dan tak alay tentu saja hoho) dan menge-add orang-orang baru, berteman dengan orang baru yang mempunyai beragam bidang membuat News Feed tak monoton dan selalu ada hal-hal yang menarik di dapatkan. Misal berteman dengan para dokter akan membuat sedikit banyak tahu dunia kedokteran, berteman dengan penulis sedikit banyak tahu dunia kepenulisan. Memperluas jaringan. 

Itu baru di dunia maya. Apalagi di dunia nyata. Jauh lebih menarik tentu saja. Mungkin benar ungkapan dunia tak selebar daun kelor. Jelajahi dunia dan temui banyak hal. 

*Edisi jelajah dunia maya*
-bersambung-

5 comments:

  1. kog aku belum diremove dari pertemananmu mon? identitasku kan g jelas.. :))

    ReplyDelete
  2. aq malah dari pertama buat facebook gk ngebatas pertmanan.... heheheh

    salam kenal mbak... :) mampir di blog aq yah seklian follback jg... blognya uda aq follow... :)

    salam,
    chumhienk
    http://chumhienkslife.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. kalo aku mah..sudah terwakili dengan cover photosku
    asoy

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah...
    berarti kakak ini salah satu yang beruntung yah...

    yup setuju banget Monika, selama msh dlm batas2 kewajaran tdk ada masalah berteman, kita tdk boleh mengeksklusifkan diri, biasanya tdk akan ada semangat belajar tanpa ada challenge....

    ReplyDelete
  5. @havit : sayangnya kita berteman dari SMP hahaha

    @chumhienk : salam kenal juga...

    @deadyrizky : bener, identitas kudu jelas, hoho

    @mas Insan : salah satunya bs kenal mas Insan dan tulisan2nya yg keren :)

    ReplyDelete