Friday, July 6, 2012

Book Review #20 : How to Master Your Habits


from goodreads
Apa yang membedakan antara seseorang yang satu dengan yang lainnya? Apa yang membuat seseorang menjadi lebih dibandingkan yang lainnya? Faktor apa yang membuat seseorang menjadi luar biasa?

Jawaban ketiga pertanyaan tersebut bisa jadi sederhana : habits. Ya, kebiasaan. Kebiasaan (habits) adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berpikir. Hingga pada akhirnya kebiasaan tersebut menjadi suatu bagian dari kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kita. Menjadi siapa kita.

Berhentilah sejenak dan luangkan waktu membaca buku setebal 169 halaman ini. Ditulis oleh seorang ustadz muda dengan ghirah keislaman tinggi, Felix Siauw, buku ini mengajak para pembaca merenungkan tentang hal yang selama ini kita lakukan sehari-hari. Kebiasaan. Mengkaji ulang sejenak untuk kemudian ‘meluncurkan kembali’ dengan semangat dan pemahaman baru. Buku ‘Inspirasi Islam’, begitulah ia dilabelkan.

Pelabelan yang amat tepat agaknya. Memulai dengan kisah-kisah menarik dari sosok-sosok yang selama ini menjadi inspirasi umat Islam seperti Imam Syafi’i yang telah mampu menghafalkan Al Qur’an tatkala usianya belum genap tujuh tahun, Muhammad Al Fatih sang penakluk Konstantinopel tatkala usianya masih dua puluh lima tahun, penulis mengajak pembaca untuk tak sekadar mengagumi kehebatan para inspirator tetapi juga meneladaninya. Imam Syafi’i lahir dari seorang ibu hafizhah yang memiliki kebiasaan mengkhatamkan Al Qur’an dua kali seminggu, ia terbiasa berada di lingkungan dimana menjadi suatu kelaziman anak-anak seusianya telah terbiasa menghafal di usia belia.

Faktor yang menentukan apakah kita akan memiliki habits hanya 2 hal yaitu practice (latihan) dan repetition (pengulangan) – hal 37

Buku ini disusun secara menarik. Pembaca dibawa memahami apa dan bagaimana suatu kebiasaan membentuk seseorang dengan pembahasan yang sistematis, gamblang dan tak membosankan sebelum penulis memberikan motivasi mengenai pentingnya habits. Apa yang membedakan antara orang yang biasa-biasa saja dan orang yang hebat. Orang yang tak dikenal dan orang yang diakui dunia. Apa yang dilakukan oleh seseorang yang tidak dilakukan seseorang lainnya. 

Kelebihan buku ini yang utama menurut saya terletak pada kekuatan pemilihan kata, kecerdasan sang penulis menyampaikan kepada pembaca secara ringan, tak menggurui tetapi tetap mengena serta kemampuan analogi secara deskriptif yang membuat pembaca memiliki visualisasi lebih. Selain itu tentu saja, di atas semuanya, nafas-nafas keislaman yang kuat mewarnai buku bersampul putih ini.

Just kill the excuses. Just do it.

Kendalikan habits atau habits yang akan mengendalikan hidup kita – hal 129


Recommended dan amat cocok dibaca sebelum Ramadhan (bulan terbaik untuk pembiasaan umat Islam) :)

6 comments:

  1. awalnya saya mengira beliau noni, habis wajahnya agak oriental gitu, tapi ternyata twit2nya banyak yang islami dan ternyata lagi beliau udah banyak nerbitin buku ya..

    ReplyDelete
  2. Hubungan karakter sama habbit ada gak yah? Pastinya ada kali yah, cuman yg mana yang mempengaruhi yang mana?

    ReplyDelete
  3. buku bagus... karena buku ini aku mencoba memperbaiki habitsku

    ReplyDelete
  4. mengubah habit?
    cukuplah aku membaca Al Adabul Mufrad karya Imam Al Bukhari rahimahullah

    ReplyDelete
  5. Wowww

    baru tau soal buku ini..
    Interesting book :)

    ReplyDelete