Wednesday, October 3, 2012

Kuliah Kedokteran Sehari : Dari Ta’aruf Hingga Inisiasi Menyusui Dini



FK UI, 29 September 2012.
Seperti kuliah kedokteran sehari rasanya ketika Sabtu lalu berkesempatan untuk mengikuti seminar yang diadakan oleh Forum Study Islam BEM IKM FKUI. Tema seminar kali ini amat menarik, ehem, bertajuk ‘Half A Deen : Pernikahan Islami Ditinjau dari Segi Medis’. Pembicaranya pun tak tanggung-tanggung lima dokter (termasuk satu  guru besar FK UI) yang amat mumpuni di bidangnya dan satu ustadz di akhir sesi untuk mengingatkan kembali  apa tujuan utama sebuah pernikahan. Terdapat enam sesi materi : kesiapan pernikahan dari aspek psikologis, kesiapan reproduksi perempuan, merencanakan kehamilan dan persalinan, seputar kehamilan dan persalinan normal, ASI dan pernikahan menurut pandangan Islam. Sekitar dua ratusan peserta yang duapertiganya didominasi oleh akhwat nampak begitu antusias mengikuti seminar yang dimulai pukul 08.00 dan diakhiri pukul 15.00 ini.

Insya Allah, ini ‘oleh-oleh’ dari seminar yang keren banget kemarin :
1.    Tak Sekadar Menikah, Pentingnya Kesiapan Aspek Psikologis, Fisik dan Ekonomi
Aspek psikologis jelas, mengingat pernikahan merupakan sebuah fase kehidupan baru. Aspek fisik tentu saja ditandai dengan munculnya tanda-tanda pubertas beserta kesiapan organ reproduksi, jangan sampai seseorang terlalu muda untuk menikah. Kemampuan ekonomi untuk menghidupi keluarga tentu faktor yang tak kalah penting, bahkan sebagian besar kasus perceraian didominasi oleh alasan ekonomi.

2.    Pentingnya Mengenal Calon Pasangan Sebelum Menikah
Tentu jangan sampai kita menikah dan tak mengenal siapa yang akan dinikahi. Tentu mengenal di sini bukan melalui pacaran yang ujung-ujungnya berakhir dengan kontak fisik sebelum waktunya. Dokter menyampaikan salah satunya pentingnya untuk mengetahui riwayat kesehatan calon pasangan. Misalnya apabila calon suami mempunyai resesif suatu penyakit, sebisa mungkin tidak menikah dengan calon istri yang mempunyai resesif yang sama karena dikhawatirkan apabila mereka menikah dan memiliki anak, anak tersebut akan menderita penyakit tersebut dalam skala yang berat. Dengan pemeriksaan pra nikah, dapat diketahui mengenai deteksi penyakit yang dapat menular pada pasangan, penyakit yang dapat mempengaruhi hubungan suami istri dan penyakit yang dapat mempengaruhi calon janin.

3.    Mempersiapkan Kehamilan, Bahkan Sebelum Menikah
Persiapan reproduksi melibatkan setiap rantai kehidupan perempuan bahkan dari sebelum perempuan tersebut hamil. Salah satunya melalui pentingnya menjaga pola makan sehat. Usia subur perempuan dari usia 20 hingga 35 tahun sehingga diusahakan agar jangan sampai terlambat hamil mengingat dapat meningkatkan risiko keguguran.
Ada     4.   Pasangan yang Sempurna, Terima Pasangan dengan Segala Kekurangannya
Bahkan ketika sperma terbaik dipertemukan dengan sel telur terbaik, peluang terciptanya embrio terbaik hanyalah sekitar 30%. Tak ada manusia yang sempurna, jika telah menetapkan seseorang sebagai pasangan, terimalah kekurangannya dan saling menasihati dalam kebaikan.
5.    Mempersiapkan Ilmu dan Amal Sebelum Menikah
Al Ilmu qobla qouli wal amali. Ilmu sebelum perkataan dan perbuatan. Mencintai tentu harus mengenal dan mengetahui apa dan siapa yang dicintai (ilmu). Dikatakan ustadz bahwa ada lima tahapan sebelum sampai tahap mencintai yakni
Ilmu --- Yakin --- Ikhlas --- Jujur --- Cinta.

Dengan adanya persiapan menyambut pernikahan dan pengetahuan atas segala sesuatu yang terkait dengannya diharapkan akan menghasilkan bibit (keturunan) yang baik. Seperti kata seorang dokter bahwa bibit yang baik dan dikelola (dibesarkan) dengan baik insya Allah akan menghasilkan manusia yang baik. Manusia-manusia yang akan menjadi khalifah di muka bumi dan menjadi generasi Robbani. Seperti dikatakan ustadz bahwa inti pernikahan adalah mencegah seseorang berbuat dosa, seperti disebutkan dalam Q.S At Tahrim ayat 6 yang terjemahannya berbunyi,“Hai orang-orang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…”, perintah tersebut merujuk pada orang-orang beriman, golongan tertentu dari manusia. 
Para peserta tampak antusias mengikuti sesi demi sesi, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang muncul. Banyak ilmu yang didapatkan dari seminar kali ini, seperti mitos-mitos yang ada seputar pernikahan dan kehamilan hingga ilmu-ilmu kesehatan yang menarik. Alhamdulillah. Bagi teman-teman yang menginginkan materi-materi dalam seminar ini, silahkan menuliskan alamat email di kolom komentar atau email ke monikayulando@gmail.com. Insya Allah nanti akan saya kirimkan materinya melalui email begitu saya menerimanya (masih menunggu kiriman CD dari panitia).

Sedikit banyak semoga bermanfaat :)


26 comments:

  1. Info yang sangat bermanfaat, InsyaAlloh taun depan ada rencana mau nikah, perlu banyak ilmu untuk persiapan, sekalian minta materi lengkapnya ya..

    Emailku: Sohabat.akhi@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ok, nanti klo udah dapet, sy kirim ya mas... Salam kenal Mas..

      Delete
  2. Materinya lengkap banget ya Mbak, pas buat yg belum nikah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. iya mbak, alhamdulillah.. apa kabar mbak Tarry? lama ga keliatan nih ;)

      Delete
  3. masyaAllah..semua yg kita lakukan, mulai dari hal sepele sampai yg penting ada aturannya,,sungguh sempurna ilmu yang Allah berikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bener banget... semua ada dlm Al Qur'an ;)

      salam kenal ya Mba :)

      Delete
  4. wah, kaka udah siap nih...kerja udah, pengetahuannya juga udah... hehehe, undang2 ya kak, mana tau awal kesasar ke jakarta

    ReplyDelete
  5. manfaat sekali, oke aku terima deh sharingnya heheh, eh maksdnya sangat2 bagus., copas yah utk dibaca hihii

    alhamdulillah.
    syukron

    ReplyDelete
  6. mampir ah meski si kakak gk pernah mampir balik juga -__-

    saya mengajak blogwalking selalu dengan para blogger :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan apa2, kadang2 bingung mw ngomen apa *silent reader hehe...

      Delete
    2. ah si kakak ini jutek nih, yaudah nanti mah kalo lewat gk mau di sapa deh ah :D

      oh ya mampir ke postingan ustadz matius kakak.! penting! (postingan di blogku)

      Delete
  7. wah.. :D terima kasih sudah sharing ilmu dari seminar.. hehe

    ReplyDelete
  8. wah, saya simpan PDF aja ini Mbak...
    terima kasih Mbak...

    ReplyDelete
  9. wah, mau dong materinya, jika berkenan minta dikirim ke email : tariadmojo@gmail.com... terimakasih

    walopun sudah menikah, tidak ada salahnya didalami lagi, siapa tahu berguna buat orang lain.. terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. wah, pasti menarik seminarnya
    Boleh minta materinya mbak?
    Alamat email novitawulandari48@yahoo.com

    Makasih sharingnya :)

    ReplyDelete
  11. Wah,,bagus seminarnya. Sayang gak bisa ikut. Bagi materinya juga dong Mon :D

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum, kak boleh minta materinya juga kah?

    ReplyDelete
  13. Assalamu'alaikum. salam kenal!!! mba boleh minta materinya ?
    junaidi_experiment@yahoo.co.id
    Jazaakillah Khoiron katsiro

    ReplyDelete