Wednesday, May 1, 2013

Kerja atau Kuliah : Pilih Mana?



“Ketika kuliah waktu banyak tetapi uang tak ada, ketika kerja  uang ada tetapi waktu tak ada,”

Ketika memasuki dunia kerja, waktu terasa amat berharga. Jam kerja pukul 07.30 hingga 17.00 belum ditambah kemacetan kota Jakarta membuat waktu terasa amat sempit. Belum lagi jatah cuti yang hanya dua belas hari per tahun dipotong cuti bersama. Rasa-rasanya ingin kembali ke masa kuliah ketika banyak memiliki waktu. Alhamdulillah kesempatan itu datang saat ini, ketika diterima sebagai mahasiswa D-IV STAN alias pegawai tugas belajar. Resmi pindah ke Bintaro nan tak sehiruk pikuk Jakarta Pusat.

Ngomong-ngomong, tadi salah seorang dosen berkata, “Ketika kerja, ada yang ingin kembali kuliah.. Ketika kuliah, ada yang ingin kembali kerja,”

Aha, saya jadi teringat ketika kecil dulu saya ingin segera menjadi seorang dewasa. Meniru-niru Mama berdandan hingga mencoba bajunya, saat SD ingin cepat-cepat SMP biar tak dibilang anak kecil lagi, saat SMP ingin cepat-cepat SMA biar kelihatan keren.. Lalu splash.. sampailah ke titik itu, ketika beranjak dewasa (atau bertambah tua), masa kanak-kanak nampak amat menyenangkan dan tentu saja tak mungkin untuk kembali ke masa itu.

Kerja dengan segala dinamikanya, kuliah dengan segala dinamikanya. Pekerjaan mungkin berhubungan dengan tugas yang susah dikerjakan, deadline pekerjaan, bertemu orang yang menyebalkan, dimarahi atasan, dsb. Kuliah mungkin berhubungan dengan tugas yang bertumpuk, deadline tugas dan ujian. Mungkin bukan rejekinya yang kurang, tetapi syukurnya yang kurang kalau kata Ippho Santosa. Bersyukur memiliki pekerjaan sementara masih ada yang sedang mencari pekerjaan, bersyukur bisa kuliah sementara masih ada yang putus sekolah.

Manusia selalu ada saja yang dikeluhkan, sementara mungkin banyak hal yang luput untuk dia syukuri bukan? Nikmati, nikmati apapun yang ada di depan :) *catatan untuk diri

Cheers, live your life, enjoy your life ;)

-semangat mahasiswa, jiwa berasa kembali muda beberapa tahun- :D

12 comments:

  1. Sukuri sukuri sukuri
    Gak ada yang lain :)
    Selamat menjadi mahasiswa ya :)

    ReplyDelete
  2. NIKMATI APA YANG KITA JALANI...

    ReplyDelete
  3. Nikaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahhhhh!!! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha.. Mhn doanya aja ya mas, lelaki terbaik di waktu terbaik :D

      Delete
  4. kuliah atau kerja adalah pilihan.. qt bebas memilih, ketika telah memilih ya jalanilah sepenuh hati dan selalu bersyukur, buakn begitu mbak monika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat mba Ade.. lama nih ga keliatan :D

      Delete
  5. I want to take master degrees, but still... I need to collect money haha

    ReplyDelete
  6. kerja sambil kuliah juga pilihan mon. haha

    ReplyDelete