Sunday, July 7, 2013

Soal Ujian Paling Keren




Jum’at lalu, saya UTS (Ujian Tengah Semester) mata kuliah Seminar Pemberantasan Korupsi (SPK). Seumur-umur sekolah dan kuliah, ujian kali ini lah yang paling berkesan. Apa pasal?
Pertama yang dibaca dari soal ujian tentu saja adalah instruksi soalnya :


BACA CERMAT TERLEBIH DAHULU:
1.    Ujian bersifat terbuka, diperkenankan membuka buku baik hardcopy maupun softcopy (file dari laptop atau smartphone Anda)
2.    Apabila Anda menggunakan laptop/smartphone dan sejenisnya untuk tujuan yang tidak tepat yaitu memperoleh jawaban dari orang lain, atau kerjasama dengan orang lain, maka.... kami persilahkan ANDA SEGERA KELUAR DARI RUANG UJIAN, tanpa perlu ada tindakan dari Pengawas Ujian.
3.    Ingin Indonesia bersih dari korupsi? Mari dimulai dari diri kita. Jujur itu Hebat, Curang itu Maksiat.
Selamat BEKERJA JUJUR.


Kalau diibaratkan ujian SPK lusa kemarin bagai ‘kantin kejujuran’. Bebas untuk membuka laptop, tablet atau handphone. Bebas buka buku. Bebas googling, bebas menggunakan internet. Asal tidak bekerjasama atau mencontek orang lain. Soalnya? Pendapat, analisa kasus dan pertanyaan esai. Dan tentunya semua orang punya pendapat masing-masing yang orisinil :D

sumber gambar klik
Sejak awal pertama kali saya masuk di STAN saat D-III dulu, ditekankan benar bahwa mencontek adalah haram, sudah cukup banyak kasus mahasiswa dikeluarkan lantaran ketahuan mencontek. Sekali ketahuan mencontek langsung Drop Out. Sikap mental itu yang sudah tertanam semenjak pertama masuk, dan itu yang membuat saya tak pernah sekalipun mencontek semenjak di kampus ini (jujur ketika SMA masih mencontek, tentu bukan salah sekolahnya).  Ada ataupun tidak ada pengawas, pertama-tama mungkin karena takut ketahuan dan di-DO, yang kedua sikap bangga akan kemampuan sendiri bisa atau tidak bisa maupun bagus atau tidak bagus adalah urusan nomor dua. 

Hidup adalah pilihan dan memilih bersikap jujur itu HEBAT. :)

Semoga bisa mempertahankan sikap jujur di segala tempat dan segala suasana. Pertama, tentu diawali dari diri sendiri :)

15 comments:

  1. Jujur itu Hebat, Curang itu
    Maksiat. dalem kata-katanya.

    tapi, kalo yang dasarnya curang mungkin gak ngaruh ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah2an seenggaknya jd pikir2 buat curang mbak :)

      Delete
  2. Hari ini ternyata sama2 nulis ttg SPK:
    http://langit-biru.my.id/?p=1816

    ReplyDelete
  3. Keren2...monic emang muslimah keren..>,<

    ReplyDelete
  4. jujur itu hebat kaka...!!!

    teman kami di DO karena nyontek... hadeuuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa dek... emang kudu gitu.. anak anggota DPR aja ada yg di-DO dr STAN gara2 ketauan nyontek..

      Delete
  5. Wah, kakak tingkat dong berarti. :O

    ReplyDelete
  6. wow..
    ngajarin jujur yah mon.

    Aku baru tahu lho.
    Jujur itu hebat, pastnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. semoga bisa jujur selalu, aamiin...

      Delete
  7. Hihi, jadi inget dulu pas tingkat satu pernah dapet dosen yang harus nulis sumpah di kertas ujian supaya ga nyontek, tapi memang lebih baik dari kesadaran sendiri ya daripada harus dipaksa-paksa..

    ReplyDelete
  8. Welah, seumur2 saya kuliah tidak pernah ada instruksi untuk bisa buka catatan. :D

    Benar, jujur mulai dari diri sendiri. . . :)

    ReplyDelete
  9. hehehehehe keren banget peraturan ujiannya
    kejujuran yang di utamakan

    ReplyDelete
  10. Tapi pernah nyontek kan hahaha

    ReplyDelete