Thursday, September 12, 2013

Catatan Pegawai Tugas Belajar : Syukur dan Syukur



Menjadi mahasiswa D-IV STAN dulu hanya sekadar keinginan tetapi kini sudah empat bulan lebih dijalani. Menjadi mahasiswa D-IV artinya menjadi pegawai tugas belajar, status pegawai tetapi secara penuh vakum dari dunia perkantoran selama dua tahun. Awalnya, saya sempat ragu-ragu untuk mendaftar tes masuk D-IV dengan berbagai pertimbangan. Ikut nggak ya, ikut nggak ya. Selama beberapa minggu sholat istikharah agar diberi petunjuk lebih baik mendaftar ujian masuknya atau tidak. Alhamdulillah, Allah beri kemantapan untuk mendaftar dan Allah beri rezeki kuliah lagi ini. Kuliah gratis, dengan gaji penuh. Alhamdulillah.

Banyak hal yang patut disyukuri dari kuliah D-IV ini :
1.    Kembali ke STAN
Lingkungan kampus STAN adalah lingkungan ternyaman kedua bagi saya setelah rumah. Cita-cita saya dulu bekerja untuk kampus ini tak terkabul tetapi saya diberi kesempatan kembali lagi selama dua tahun. Alhamdulillah.
2.    Waktu luang lebih banyak
Dunia perkuliahan tentu memberikan waktu luang lebih banyak dari bekerja. Jam kuliah lebih sedikit dari jam kantor, libur kuliah jauh lebih lama daripada cuti setahun pegawai. Mengesampingkan mengerjakan tugas yang bejibun ya hehe. Memiliki lebih banyak waktu luang artinya mempunyai kesempatan untuk melakukan lebih banyak hal. Seperti menulis dan jalan-jalan misalnya ^^
3.    Kesempatan merefleksikan pekerjaan
Memiliki kesempatan belajar lebih terkait dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan melalui mata kuliah yang ada membuat saya lebih bisa merefleksikan pekerjaan di kantor selama ini. Bekal nanti untuk kembali ke dunia kerja dengan lebih baik. Insya Allah. ^^

4.    Memperluas pikiran, menambah ilmu dan wawasan
Belajar artinya ‘mengosongkan’ pikiran dan bersedia menerima ilmu lebih banyak. Dosen-dosen di D-IV ini begitu luar biasa, tak hanya sekadar memberikan ilmu tetapi juga memberikan pemahaman yang amat baik kepada para mahasiswa. Beruntung bisa diajar oleh orang-orang yang ahli di bidangnya, ada juga berbagai kuliah umum oleh para praktisi.
5.    Kesempatan menulis lebih besar
Kalau dahulu tugas kuliah D-III hanya semata memecahkan soal, tugas kuliah di D-IV ini kebanyakan berupa paper. Tugas paper artinya mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengemukakan ide dan pikirannya secara luas, tentu didasarkan pada basis pengetahuan. Tugas paper tak hanya mengasah kemampuan berpikir dan menulis, tetapi sekaligus membuat semakin rajin membaca. Kesempatan membaca jauh lebih banyak.
6.    Kesempatan berbicara lebih besar
Selain tugas paper, di perkuliahan ini dosen lebih sering memberikan kesempatan mahasiswa untuk berpresentasi mengenai bab yang akan dipelajari. Kesempatan untuk presentasi artinya kesempatan untuk berbicara dan berlatih mengemukakan pendapat secara berani di depan umum.  
7.    Feeling younger and energized
Menjadi mahasiswa D-IV artinya berkumpul dengan teman sebaya. Ada semangat yang berbeda antara menjadi mahasiswa dan menjadi pegawai. Hehe.
Teman-teman kelas yang baik-baik ^^

Well, itu dulu aja ceritanya. Barangkali kapan-kapan bisa disambung lagi. Mohon doanya semoga kuliah dua tahun ini lancar tanpa kendala berarti, mendapatkan banyak ilmu yang dapat diaplikasikan di dunia kerja. Semoga dengan syukur nikmatnya jadi bertambah ^^

8 comments:

  1. Semoga D4 STAN segera buka penerimaan lagi, segera ujian, dan saya salah satu peserta yg LULUS. Aamiin ya Rabb..

    ReplyDelete
  2. momon ... doain aku bisa jadi adik kelasmu tahun ini ya ... aamiin

    eh mon sini kapan kapan main ... aku udah mendekat ke sekitaran bintaro nii (bintaro coret)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin ya rabb... peni tinggal dimana sekarang?

      Delete
  3. Semoga lancar kuliahnya, mon. dan bisa bermanfaat ilmunya.

    ReplyDelete
  4. Dulu, saya bercita-cita masuk STAN, tapi nggak kesampaian.
    Alhamdulillah, tiap tahun selalunya ada murid saya yang diterima di situ.
    Dan beberapa diantaranya termasuk lulusan terbaik STAN...

    ReplyDelete
  5. Semoga lancar selalu...dan sukses ya
    Salam :)

    ReplyDelete