Saturday, September 14, 2013

Resensi Buku : On



Sampul Buku On oleh Jamil Azzaini
Tak ada orang yang tak mempunyai masalah dalam hidup. Jamil Azzaini, salah seorang motivator ternama Indonesia, menawarkan solusi atas segudang masalah Anda melalui buku berjudul “On”. Cukup dua huruf untuk merepresentasikan buku setebal 280 halaman ini.

Melalui kata pengantar, sang inspirator Sukses Mulia (begitu ia biasa dijuluki) mencoba menggugah para pembaca mengenai mengapa seseorang harus move-on. Mengutip perkataannya, move-on itu artinya bergerak, berpindah dari situasi ke situasi lainnya. Perpindahan ke arah yang lebih tinggi, berkelas, bermartabat, alias lebih baik. Kegalauan yang dirasakan seseorang boleh jadi sebuah pertanda bahwa ia harus move-on dari kondisinya saat ini. Kalaupun ia merasa hidupnya baik-baik saja dan tak ada yang diubah, ia juga harus tetap move-on seiring dunia sekitar yang akan selalu berubah. 

Untuk move-on pun tak sekadar asal move-on, gerakan pun harus terarah bukan? Nah, empat faktor ini perlu untuk diperhatikan :
1.    Visi-ON
Semua orang perlu tujuan dalam hidup. Namun, alangkah ruginya jika tujuan hanya diperuntukkan bagi kehidupan dunia yang fana.
“Hidup ini pada hakikatnya sedang mengumpulkan bekal menuju kehidupan yang abadi,” (hal. 17)
2.    Acti-ON
Memiliki visi tanpa tindakan tentu tak cukup. Tindakan atau action pun tak boleh asal. Jangan sampai kita menjadi orang yang disebut “sibuk for nothing” yaitu terlihat sibuk tapi bisnisnya tetap stagnan, terlihat sibuk tetapi karier macet, dsb.
“Kerja Keras : Mendatangkan Rezeki
 Kerja Cerdas : Melipatgandakan Rezeki
 Kerja Ikhlas : Membuat Rezeki jadi Berkah” (hal. 75)
3.    Passi-ON
Melakukan sesuatu yang disukai tentu membuat seseorang menikmati apa yang dikerjakannya. Bagi orang yang suka menulis, ia enjoy-enjoy saja bangun tengah malam untuk menulis, tetapi bagi orang yang tak suka menulis hal tersebut bisa jadi menyiksa. Temukan passion yang sesuai dengan Anda.

4.    Collaborati-ON
Manusia tak bisa hidup sendiri dan melakukan semua hal sendiri, untuk itu ia perlu untuk berkolaborasi (collaboration). Jamil Azzaini memberikan tiga ‘saringan’ yang perlu dilakukan terkait collaboration :
a.       Prioritaskan Allah
Pastikan Allah SWT mencintai kolaborasi itu, pastikan kehalalan dari apa yang kita lakukan
b.      Siapa Partner Anda?
“Berkolaborasi dengan orang-orang hebat akan memperbesar peluang tertular menjadi hebat. “
c.       Kolaborasi Dimulai dari Rumah
Berkolaborasi dengan pasangan untuk mencetak generasi berkualitas
Yang menarik dari buku ini adalah pembahasan yang jelas dengan menggunakan bahasa sehingga membuatnya mudah mengenai ‘sasaran’, dilengkapi dengan cerita-cerita seputar orang-orang hebat dan juga pengalaman-penglaman menarik sang penulis. Ia juga jeli membidik hal-hal yang nampak sepele tetapi bisa jadi sering terlupakan, misalnya pada saat membahas mengenai “Tanya yang Menyiksa”, terkadang kita menanyakan sesuatu dengan ringan tapi membuat orang lain tersinggung.

Pendek kata, tak ada ruginya mengkoleksi buku bersampul dominan putih ini. Jadi, sudah siapkah menekan tombol “On” Anda? :D

 ---

Judul : On
Penulis : Jamil Azzaini
Penerbit : Mizania
Diterbitkan pertama kali : April 2013


2 comments:

  1. ayo semangat untuk move-ON \^o^/
    cocok banget diposting malem minggu mbak. Hehe

    ReplyDelete
  2. move on..move on.. suka banget ya sama buku kaka..

    kakak lagi kuliah kan?

    InsyaAllah kalau sempet nanti main ke Bintaro ^_^

    ReplyDelete