Wednesday, September 9, 2015

25 Tahun dan Belum Menikah


25 Tahun dan Belum Menikah. Bagi sebagian orang, angka 25 adalah ‘angka keramat’ untuk menikah. “Saya mau menikah umur 25,” katanya. Namun, belum rezeki bagi saya untuk melepas  masa lajang di bilangan angka itu, hingga empat hari lagi saya akan meninggalkan usia 25. Berikut catatan tentang menjadi perempuan berusia seperempat abad dengan status belum menikah :

1.         Pertanyaan yang akan selalu kamu dapatkan, “Udah nikah belum?”
Ketika bertemu teman lama yang sudah sekian tahun tak jumpa pertanyaan pertamanya bukan apa kabar tetapi sudah nikah apa belum, ketika sedang nyalon mbak kapster mengajak ngobrol dan pertanyaannya sudah nikah apa belum, ketika pulang kampung sendirian ke Semarang menggunakan jasa kereta api ditanya orang yang duduk di sebelah kursi sudah nikah apa belum, dan masih banyak lagi. Pertanyaan sudah-nikah adalah salah satu pertanyaan sosial teratas hehe..

2.         Diam saja bisa kena bully
Misal ada pegawai baru pindah dan kemudian diketahui masih single, langsung lah kena “Mon, tuh mon ada pegawai baru single, siapa tahu jodohmu,” Mmm.  

3.         Dijodoh-jodohkan
Kalau ini kisah teman saya. Dia bercerita kalau beberapa rekan kantornya bersemangat sekali menjodohkannya dengan seorang kasi (kepala seksi) yang belum menikah. Mereka yakin teman saya mau. Marahlah si teman dijodoh-jodohkan dengan laki-laki yang usianya hanya terpaut dua tahun dari ibunya.

4.         “Si X anaknya udah tiga lho Mon, kamu nikah aja belum”
Well, saya percaya bahwa nikah itu bukan perkara dulu-duluan. Hehe. Kebetulan teman sepantaran sudah menikah dan dikaruniai tiga orang anak. Ya, terkadang kamu dibanding-bandingkan. Hehe.

5.         “Buruan nikah,”
Seorang rekan kerja berkata, “Mon, stok ikhwan bagus udah sedikit lho. Buruan sana nikah,” Mmm, saya cuma butuh satu kok, jawab saya kalem. Atau kata-kata yang menyebalkan seperti “Udah Mon, terima aja si X yang mau lamar, terima siapa aja yang datang. Kamu kan udah dua lima, kapan mau punya anaknya,” Err.

6.         “Kamu kenapa belum nikah-nikah sih?”
Well, ini pertanyaan yang beberapa kali saya dapatkan. Biasanya sih saya jawab santai “Ya, belum ketemu sama jodohnya,” tetapi seringnya dibalas dengan serentetan “Kamu sih pilih-pilih,” “Ngejar karier ya” dan lainnya.

Begitulah kira-kira menjadi single di usia 25. Kalau kamu yang kebetulan masih single juga di usia 25, apa kisahmu? *nyari teman :P

Tulisan ini ditutup dengan doa semoga segera dipersatukan sama yang lagi dalam perjalanannya :)

--
NB Sekali-kali posting ringan lah ya :D

35 comments:

  1. Semoga disegerakan ya mbak. Allah Maha Tahu yang terbaik utk hambanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin ya robbal 'alamiin.. Makasi mba *eh dek Ade atas doanya ^^

      Delete
    2. Aamiin ya robbal 'alamiin.. Makasi mba *eh dek Ade atas doanya ^^

      Delete
  2. Kalo saya 25-nya masih beberapa bulan lagi mbak :D
    Ohya, saya bukan orang semarang tapi domisili di Semarang. Berarti kapan2 kita bisa meet up yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihihi.. siap2 yah *lho

      Bisa bisa.. line sy di monilando yak *lho :D

      Delete
    2. Ahihihi.. siap2 yah *lho

      Bisa bisa.. line sy di monilando yak *lho :D

      Delete
  3. Aamiin :D Semoga Monik bertemu dengan sebaik-baik jodoh ^^
    Cah Semarang to? :D aku juga dulu kuliah di Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn makasi doanya.. begitu jg dengan mba *eh uda nikah apa blm hihi *gantian nanya

      Iya mba.. Waaa klo skrg dimana? :D

      Delete
    2. Aamiinn makasi doanya.. begitu jg dengan mba *eh uda nikah apa blm hihi *gantian nanya

      Iya mba.. Waaa klo skrg dimana? :D

      Delete
  4. hwehehehe..... mendingan pilih pilih yaaa daripada belakangan nyesel karena salah pilih
    mons sayang kayaknya blogku di bloglistmu nggak update deh coba hapus dulu terus dimasukkin ulang... soalnya kapan itu ganti alamat blog dasar

    :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap nin.. nanti ku update pas buka via laptop ya cyin :*

      oiya blogku pake domain dotcom jg skarang.. apdet jg yak :P

      Delete
    2. Siap nin.. nanti ku update pas buka via laptop ya cyin :*

      oiya blogku pake domain dotcom jg skarang.. apdet jg yak :P

      Delete
  5. di umur 25 aku masih naik gunung, nyemplung pantai kesana kesini kok mbak :D yakin Allah akan memberikan yg terbaik dan tepat waktunya... ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba insya Allah yakin :D

      Makasi komennya mba ^^

      Delete
  6. Momon ini kisahku... http://mrpeterwritings.blogspot.co.id/2015/09/tentang-pernikahan.html
    bukan maksudnya numpang promo blog ya, tapi ya sekali mendayung 2 pulau terlampaui.. wkwkk

    semangat Mon..

    ReplyDelete
  7. Hehe. Sabar, mba. Insya Allah jodoh sudah ditetapkan. Nanti juga datang sendiri. Beberapa orang menikah justru ketika ikhlas, tidak lagi memikirkan tentang siapa yang akan ia nikahi nanti.

    ReplyDelete
  8. semangat momooon... semoga segera dipertemukan, aamiin...

    ReplyDelete
  9. Nomer enam Mon aku paling sering kena. Padahal belum rezeki aja juga kayaknya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihihihi.. kadang yg nanya jg gak serius nanya cuma niat ngebully aja -_-

      Delete
    2. Iya ih, tapi sejak beberapa tahun ini karena sering digituin aku malah jadi lebih mikir dan ati2 buat mulai omong2 sama temen yg lama ga jumpa. Soalnya aku gatau perjuangan mereka. Misal yang sudah menikah pun banyak yang sudah berjuang mati2an buat segera dapat momongan. Trus kalau ditanya udah punya anak apa belum bisa ada yang agak down atau sedih kan saking frustasinya. Apalagi yang sesama single, ada yang sampai ke psikolog segala. Mungkin ini bikin kita jadi tangguh dan lebih toleran ke orang lain ya ternyata :p

      Delete
  10. curhat nih mbak monik.
    sabar yaa, kadang orang lain yang lebih riweh daripada kita

    ReplyDelete
  11. wanita gak hanya menunggu
    mereka juga berusaha "mencari"

    ReplyDelete
  12. nanti setelah nikah, ditanya kapan punya anak..setelah punya anak satu, ditanya kapan punya anak kedua..setelah punya anak kedua, masih ditanya kapan punya anak ketiga..dan seterusnya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Pertanyaan tersebut seperti sudah menjadi kebiasaan ya mbak jadinya :D

      Delete
  13. halahh mba, aku mah yg namanya nikah mw umur berapa, terserah di Atas aja ;p.. aku sndiri nikah muda pertama... 22 thn.. tp spertinya emg ga siap, dan akhirnya cerai... lalu ketemu ama suami yg skr, dan kita nikah pas umur kita 29 thn... awet insyaAllah ampe skr :)... kalo 25 mah, itu saat aku masih gigih2nya kerja sampe ga kepikiran utk nikah lg ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komen mba bikin speechless hehe.. semoga langgeng samara ya mba ^^

      Delete
    2. Komen mba bikin speechless hehe.. semoga langgeng samara ya mba ^^

      Delete
  14. Wah, udah lewat kmn2 nih. Qiqi. Salken mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. sy juga uda lewat mba.. salam kenal mba :)

      Delete
  15. Wah, udah lewat kmn2 nih. Qiqi. Salken mbak :)

    ReplyDelete