Friday, October 9, 2015

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Mudah Menggunakan Pleco





Belajar Bahasa Mandarin Cepat. Salah satu tips belajar bahasa cepat adalah sering-sering mengakrabkan diri dengan bahasa bersangkutan, salah satunya adalah dengan menggunakan kamus. Untuk bahasa Mandarin, saya merekomendasikan menggunakan Pleco yang bisa diunduh secara gratis di Playstore. Berikut tips belajar bahasa Mandarin menggunakan Pleco :

1.         Melatih menulis hanzi melalui ‘guratan tangan’
Ya, cukup dengan ‘menggambar’ menggunakan jari, kita bisa mengukur kemampuan dalam membuat karakter hanzi. Contohnya, saya menulis ‘sheng’, Pleco akan memberikan beberapa opsi yang dekat dengan ‘goresan’ jari. Kemudian, kita tinggal memilih karakter yang dimaksudkan. Latihan menulis ini dapat digunakan untuk mengukur kemampuan kita dalam menuliskan Hanzi.






2.         Lebih mudah memahami hanzi dengan mengetahui komponen karakter
Dalam bahasa Mandarin, dua karakter berbeda dapat bergabung membentuk karakter baru yang memiliki arti berbeda. Asyiknya menggunakan Pleco adalah terdapat fitur Chars yang menjelaskan mengenai komponen karakter. Misal, Wèntí 问题 (berarti pertanyaan) terdiri dari wen 问 yang artinya meminta/bertanya, ti 题 artinya topik sehingga wenti memiliki arti ‘pertanyaan’. Ngomong-ngomong, bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang memiliki filosofis tinggi. Kapan-kapan semoga bisa saya bahas.


3.         Mendengarkan pelafalan penutur asli
Ya, Pleco dilengkapi dengan audio untuk mengajarkan bagaimana suatu kata atau kalimat dilafalkan. Tinggal memencet lambang audio dan kita bisa belajar pelafalan dari penutur asli, jangan lupa diulang lagi. Sesudah itu, cek kualitas pelafalan dengan Google Voice dalam Pleco ya.

4.         Belajar pelafalan dengan Google Voice
Pleco sudah terintegrasi dengan Google Voice Translate. Fitur ini bisa digunakan dalam mengecek kualitas pelafalan kita, apalagi mengingat dalam bahasa Mandarin, terdapat hingga empat nada bahasa (tone) dalam satu kata, salah mengucapkan nada akan menjadi salah arti. Latihan pelafalan dapat menjadi ‘petunjuk’ apakah kita sudah mengucapkan kata dengan benar, jika Pleco bisa membacanya sesuai dengan kata dan nada yang dimaksud artinya kita sudah bisa mengucapkan suatu kata dengan benar.


5.         Belajar kosa kata melalui contoh kata dan kalimat

Pleco ini aplikasi yang tak pelit memberikan berbagai contoh penggunaan kata dalam kalimat. Satu kata yang kita masukkan akan ditunjukkan dalam berbagai penggunaan kata. Merupakan latihan yang bagus untuk menambah kosa kata sekaligus mengetahui penggunaan kata tersebut atau cara membuat kalimat (meski hanya sedikit perbedaan antara struktur bahasa Indonesia dengan bahasa Mandarin).

Bisa dibilang Pleco ini aplikasi kamus daring yang keren. Skor di Playstore saja 4,5 dan sudah diunduh lebih dari satu juta kali. Kabar baiknya adalah aplikasi ini gratis dan bisa menjadi guru yang mengajari kapanpun. Terdapat berbagai fitur menarik lain juga seperti  PDF reader, OCR dan sebagainya. Aplikasinya juga mudah digunakan. So, let’s learn Mandarin easier.. Semangat!


---

Catatan : Bukan postingan berbayar :D




1 comment:

  1. enak ada google voicenya ya, Mon. :D jadi tahu pelafalannya gimana, hehe

    ReplyDelete