Monday, October 19, 2015

Bisakah Kita Memiliki Musala yang Nyaman?



Musala (masjid) merupakan salah satu fasilitas publik yang seyogianya disediakan dalam memenuhi kebutuhan ibadah di negara berpenduduk mayoritas Muslim ini. Namun, sayangnya, sebagian musala umum tidak memberikan kenyamanan yang cukup untuk mengakomodasi kebutuhan ibadah. Sebut saja, lokasinya yang jauh di basement, kondisi yang tidak bersih, dan sebagainya. Sebagai seorang Muslimah yang sering bepergian dan menggunakan musala umum, kondisi tersebut sedikit banyak mengurangi kenyamanan beribadah. Berikut, kriteria musala yang nyaman menurut penulis :
1.         Lokasi
Rata-rata lokasi musala terletak nun jauh di pojok basement, memerlukan usaha ekstra untuk mencapainya. Lokasi musala ideal seyogianya berada di tempat yang cukup strategis, tidak susah dijangkau.

2.         Kebersihan
Pada salah satu musala di sebuah stasiun di Jakarta Timur, lokasi musala bersebelahan dengan toilet. Otomatis, aroma toilet mengganggu kekhusyukan sembahyang. Atau, tengoklah ketika mukena menghadirkan aroma yang tak ingin diindera. 

3.         Tempat wudu terpisah
Sebagian musala umum hanya memiliki satu tempat wudu, otomatis, hal tersebut menyulitkan jama’ah perempuan karena auratnya (tangan dan kaki) dapat dilihat secara terbuka. Memiliki tempat wudu terpisah dan tertutup merupakan salah satu kriteria musala yang nyaman.

4.         Ukuran
Sebagian musala umum memiliki ukuran yang kecil, tidak sebanding dengan kapasitas pengguna tempat umum tersebut. Misalnya di sebuah stasiun besar di Jakarta Pusat, ukuran Musalanya hanya bisa menampung sekitar dua puluh orang.

Nah, sebagai pengguna tempat umum, contoh musala umum (musala berarti tempat untuk salat ya) yang nyaman (bahkan bagus/lebih dari nyaman) menurut saya :
1.         Blok M Square
Diklaim sebagai tempat salat dalam mal terbesar. Diperkirakan sanggup menampung 6.000 jama’ah. Bahkan, terdapat miniatur Ka'bah juga lho. Terletak di atap Blok M Square.
Sumber : Kaskus
2.         Tanah Abang Blok A
Masjidnya bagus, lapang, dan nyaman. Setelah berlelah-lelang mengitari Tanah Abang, masjid ini pilihan yang tepat untuk beribadah sekaligus meluruskan kaki sejenak.
Sumber : Detik Travel
3.         Kota Kasablanka
Masjidnya cukup luas, lokasi cukup mudah dijangkau, bersih dan nyaman. Interiornya juga bagus. 

Yuk, berbagi info musala/masjid di tempat umum yang nyaman. Bagi saya pribadi, tempat ibadah yang nyaman memberikan nilai plus di tempat umum tersebut dan membuat betah dalam berkunjung. Menurut kamu?

4 comments:

  1. keren ya, mon. kalo tempat wudhunya bisa terpisah dan ruangannya juga luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba... sayang di stasiun jarang yg begitu

      Delete
  2. Masih banyak tuh mushala yang gak peduli sama kenyamanan. Dan masjid atau mushala yang tidak memperhatikan kebutuhan perempuan berjilbab utk kenyamanan berwudhuya juga masih banyak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sedih ya mba.. mengingat notabene tinggal di negara mayoritas muslim :(

      Delete