Wednesday, October 28, 2015

Serunya Menjelajah Flores Bersama Avanza

Terbayang nggak sih serunya perjalanan darat di sebuah pulau indah? Jauh dari hingar bingar ibukota, kanan kiri hanya pemandangan hijau dan hijau saja, dengan persinggahan setiap tempat wisata yang dilalui sepanjang perjalanan dari timur ke barat. Flores overland atau jelajah darat Pulau Flores adalah salah satu pengalaman tak terlupakan dalam hidup saya. Setahun lalu, saya dan keempat teman memulai perjalanan darat sembilan hari menelusuri Pulau Flores dimulai dari Maumere (hampir ujung timur Pulau Flores) menuju titik akhir di Labuan Bajo (ujung barat Pulau Flores). Dari Maumere menuju Labuan Bajo kami singgah di berbagai destinasi seperti Ende, Taman Wisata 17 Pulau Riung, Wae Rebo yang merupakan salah satu warisan Unesco, Ruteng hingga Taman Nasional Komodo.
Mengintip medan tempuh dari balik jendela Avanza
Berapa total jarak yang kami lalui dalam sembilan hari? Lebih dari lima ratus kilometer. Wow, terbayang kan jauhnya. Jangan dibayangkan jalanan yang lurus dan lebar ya! Jalanan yang kami lalui adalah jalanan penuh kelokan, terkadang menyempit dan harus bergantian antar mobil. Ganjarannya? Pemandangan yang luar biasa indah! Kalau ada yang beranggapan bahwa provinsi Nusa Tenggara Timur identik dengan ‘kering’, wah harus main ke Flores dulu lah. Kanan kiri pemandangan sabana dan sawah, hijau sejauh mata memandang. Belum ketika melintasi jalan lebar dengan bukit di kanan kiri, serasa menjadi lakon dalam sebuah film petualangan (ini serius).

Pemandangan sepanjang jalan kira-kira seperti ini 

Melintasi sabana
Melintas bukit
Hijau dimana-mana!



Avanza mengantarkan kami menikmati indahnya Danau kelimutu

Nah, perjalanan jauh dan panjang kami ditemani oleh Toyota lho. Sebagian besar perjalanan kami yakni dari Maumere ke Ruteng (hampir 400 km jauhnya) menggunakan Avanza, baru sisanya dengan Innova. Awalnya kami hendak naik bus dari satu destinasi ke destinasi, tetapi demi efisiensi waktu, fleksibilitas dan kenyamanan kami pun memilih menyewa mobil. Mengapa kami pilih Toyota? Ya, karena kenyamanan yang diberikan. Nggak kebayang kalau menggunakan Grand New Avanza yang memiliki fitur One Touch Tumble untuk mengatur kenyamanan posisi kursi lebih mudah dan praktis, pasti traveling apalagi untuk jarak jauh terasa lebih menyenangkan. Terlebih Grand New Avanza yang menggunakan kursi lebih nyaman untuk relaksasi dalam perjalanan jauh. Memakai Avanza keluaran tahun 2013 saja sudah amat nyaman apalagi ini Grand New Avanza ya.

Meliuk-liuk bareng Avanza
Belum lagi untuk jalan meliuk-liuk melintasi bukit seperti yang kami lalui, riskan dengan rem mendadak. Untungnya, Avanza sudah dilengkapi dengan Anti Lock Braking System yang merupakan proteksi optimal untuk mengontrol kendaraan saat mengerem mendadak. Kalau memakai Grand New Avanza keamanan berkendara jauh lebih mantap lagi dengan adanya Side Impact Beam untuk melindungi penumpang dari risiko benturan samping. Bisa dibilang kalau Grand New Avanza adalah mobil dengan banyak fitur keamanan, misal dengan adanya Center Head Rest yang terletak di baris kedua yang berguna untuk mencegah atau mengurangi cedera pada tulang leher. Selain itu, ada juga tiga point seat belt yang ada di semua kursi dan power window dengan jam protection pada sisi pengemudi. Grand New Avanza juga layak disebut sebagai mobil keluarga Indonesia dengan adanya fitur ISOFIX, yaitu standar internasional untuk sabuk keselamatan khusus anak. Jadi, semua nyaman dan aman. 

Dan selama di jalan, mesin Avanza tergolong tangguh. Kami sama sekali tak ada masalah dengan mobil selama perjalanan. Mau dibawa ‘mendaki’ kota Ruteng yang terletak di dataran tinggi atau meliuk cantik melewati perbukitan di Bajawa, semua oke. Tak ada cerita mogok atau mobil bermasalah sama sekali deh. Well, Avanza is great partner for traveling!
Diantar Avanza sampai ke Riung
Dan hal yang paling menyenangkan adalah biaya transportasi yang terjangkau. Tahu sendiri kan, iritnya bensin Avanza bagaimana. Total biaya transportasi tak sampai sejuta per orang (kami berlima) untuk sembilan hari (sudah termasuk sewa mobil dan biaya supir). Kalau nanti menjelajah bumi Indonesia lainnya, Grand New Avanza amat cocok dicoba. Performa mesin baru Dual VVT-i  yang irit bahan bakar dan tangguh akan membuat perjalanan makin menyenangkan dan biaya bensin lebih murah *eh.

Terbayang kan kalau perjalanan jauh dilalui tanpa rekan yang 'memahami'? Duh, pasti tak menyenangkan kan ya. Untungnya, jelajah Flores kemarin dilalui bersama Avanza. 

Ohya, ngomong-ngomong Grand New Avanza memiliki tandem keren juga lho. Namanya Grand New Veloz. Sama-sama mobil yang cocok untuk Indonesia dan sama-sama asyik diajak berpetualang. Bedanya, Grand New Veloz ini didesain lebih stylish. Misalnya saja, Grand New Veloz dilengkapi dengan New Projector Headlamp Design yang merupakan kombinasi proyektor halogen dengan desain sporty dan stylish, velg yang digunakan lebih besar satu inci dibandingkan dengan Grand New Avanza, New Fog Lamp Garnish yaitu lampu kabut dengan desain baru yang lebih stylish, dan sebagainya. Jadi, kalau mau stylish traveling bisa bareng Grand New Veloz.
Sumber foto : inilah.com
Jadi, bagaimana? Seru kan traveling bareng Avanza? Doakan saya bisa mencicipi petualangan seru bersama Grand New Avanza dan Grand New Veloz ya!

---
Referensi :
1. http://www.toyota.astra.co.id/product/avanza/#color-3d
2. http://www.toyota.astra.co.id/product/avanza-veloz/#color-3d
3. http://teknologi.inilah.com/read/detail/2229986/ini-perbedaan-grand-new-avanza-dan-grand-new-veloz


11 comments:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Danau Kelimutu indah banget, belum kesampaian mau kesana. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  2. Duh, kok gak ngajak saya nih, Mbak?
    Saya juga mau kok. Hihihi...

    @nuzululpunya

    ReplyDelete
  3. Wowwwwwwwwwwwwww bagus bagus fotonya. Kalay soal AVANZA sih saya sering nebeng sama mobil orang. HIehiheiheiee. Nyaman memang naik AVANZA Kalau beli masih nabung dulu hiheihiehiehiee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Saya juga lagi nabung buat beli Avanza hehe

      Delete
  4. ternyata indah juga walau sabana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba.. Indah banget... Mata dimanjakan sama yang hijau hijau... Makasih ya mba kunjungannya.. Salam kenal ^^

      Delete
  5. Indah banget, mbaak, mata saya dimanjakan di sini. Indah nian bumi Flores.

    ReplyDelete
  6. wuih, asiknya jalan jalan sama Avanza...apalagi dengan keluarga terbarunya si Veloz, tambah pengen mobil ini deh,..)

    ReplyDelete