Wednesday, November 18, 2015

How to Fit More Reading Into Your Busy Life

Berapa banyak buku yang dapat Anda baca dalam satu tahun? Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan satu buah buku?
Jika Anda membaca lebih dari satu buku dalam waktu satu tahun, berbahagialah, produktivitas Anda dalam membaca buku di atas rata-rata orang Indonesia. Namun, jumlah tersebut jauh di bawah kemampuan orang Jepang membaca 10-15 buku dalam satu tahun sementara orang Amerika Serikat membaca 10-20 buku dalam satu tahun.
membaca, buku
Menutupi Monas dulu.. Review bukunya menyusul :D

Seringkali, tak memiliki waktu merupakan alasan yang dilontarkan. Benarkah demikian? Kesibukan sehari-hari bisa sangat menyita waktu dan melelahkan. Namun, bukankah membaca buku adalah sebuah kesenangan? Stephen King mengatakan, “Books are the perfect entertainment: no commercials, no batteries, hours of enjoyment for each dollar spent.

Nah, jika sudah demikian, bagaimana cara membaca lebih banyak di tengah kesibukan? Here are my tips :
1.        Bring book with you
Iya, bawa buku yang sedang ingin dibaca kemana saja, masukkan dalam tas tentunya. Seketika ada waktu longgar atau waktu tunggu, bisa digunakan untuk membaca. Meletakkan buku di atas juga semacam pengingat bagi diri untuk membaca buku yang dilihat setiap kali membuka tas. Tentu, bawalah buku yang tak terlampau berat.

2.        Take advantage of idle time or waiting time
Menunggu bukan lagi hal yang menyebalkan jika ada buku di tangan. Menunggu Commuter Line datang misalnya, tinggal cari spot yang nyaman untuk menjelajahi kata demi kata di buku. Teman datang terlambat ketika janjian di mal, gunakan waktu untuk membaca. Barangkali, tahu-tahu bisa selesai satu buku. Atau misal untuk ibu menyusui, sambil membaca buku mungkin?

3.        Turn off your internet
Ya, internet merupakan salah satu distraksi dalam membaca, terutama ketika membuka media sosial. Awalnya hanya berniat membuka Facebook barang lima menit, lalu menemukan status yang menarik dan kemudian mengikuti komentar di sana, lalu menemukan tautan artikel menarik yang merujuk ke laman lain, begitu seterusnya. Tahu-tahu dari sepuluh menit menjadi satu jam. Cobalah matikan internet ketika ingin membaca dan fokuslah pada buku di tangan. Ketika saya mencobanya, satu buku bisa diselesaikan dalam dua hingga tiga jam, bahkan ada novel yang selesai satu kali baca hanya dalam waktu 1,5 jam.

4.        Play with book, instead of your smartphone
Selaras dengan internet, ponsel pintar merupakan salah satu distraksi ‘hebat’ untuk membaca.Alih-alih menyelesaikan kata demi kata di buku, bermain game atau membalas percakapan via Whatsapp tentu lebih menarik. Jika Anda ingin membaca lebih banyak, cobalah untuk mematikan ponsel dan lihatlah akan ada lebih banyak halaman buku yang diselesaikan.

5.        Look for review before reading the book
Sebelum membaca buku, cobalah untuk mencari tahu resensi atau review buku tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran besar tentang isi buku, Anda bisa membaca buku lebih cepat tanpa harus menebak-nebak terlebih dahulu alurnya (kecuali jika suka kejutan).

6.        Put book surround your room
Saya meletakkan buku-buku yang belum dibaca di ujung tempat tidur, jadi pasti saya selalu melihat mereka. Melihat buku yang belum dibaca akan menggugah keinginan untuk menyelesaikannya.

7.        Make reading schedule and reading target
Sisipkan waktu khusus untuk membaca dan tentukan target. Tak perlu banyak-banyak, misal lima belas menit atau setengah jam di waktu pagi hari sebelum berangkat ke kantor atau sebelum tidur, mana saja waktu yang lebih disuka. Targetkan minimal dua lembar buku dibaca setiap harinya. Jumlah yang sedikit akan membuat semangat bukan?

Mungkin ada yang ingin menambahkan?



---

Referensi :


12 comments:

  1. Saya lupa berapa target saya membaca buku tahun ini. 75 buku sepertinya. Entah berapa buku yang selesai saya baca. Duh... Belum ngecek goodreads :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah banyak ya mbak.. sy ga narget buat taun ini hehe

      Delete
  2. seringnya mager, :p setahun target 50 belum sampek segitu

    ReplyDelete
  3. Baru mulai nih, Mak. Udah dpt sepuluh novel dalam sebulan.

    Hihi
    Tergantung sisa uang belanja aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih mantep bgt mba sepuluh novel sebulan.. ayo bikin review nya hihi

      Delete
  4. Mbak aku tuh niat adaa buat baca buku. Beli pun sudah. Pokoknya kalau koleksi buku mah beres. Masalahnya baru baca setengah kok niat baca jadi malah mengendur yaaaa... lebih seneng nulis sama ngomong/ diskusi ajaaa gitu. emmmm....
    silakan mampir ke rumah penaku yaa mbak :)
    http://giasittighaliyah.blogspot.co.id/2015/11/idvolunteeringhub-bukan-sekadar.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang aku jg gt kok mba... biasanya baca yg lain dulu ntar dilanjut deh. tp kadang ada yang ga selesei dibaca jg sih :p

      Delete
  5. Kalau baca UU atau Laporan Keuangan atau surat masuk bisa dikategorikan membaca buku ga mba Monica? πŸ˜ƒπŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  6. wkwkwk.. itu bukan buku mas.. bacanya softcopy soalnya P

    ReplyDelete
  7. Klo saya mah tinggal cari2 review, klo bagus mampir ke Gramed. Minimal ke perpuslah. Pasti sempat kok baca buku :D
    Haha Mbak Monika ini seorang book enthusiast juga...

    Dari beberapa tips di atas saya biasanya memanfaatkan membaca buku di kala luang :D

    ReplyDelete
  8. mon, makasih tipsnya. point ketiga bener banget yah. haha.. aku follow ya mon

    ReplyDelete
  9. Saya suka membaca buku, tapi belum pernah target-targetan harus berapa buku per bulan/tahun. Hanya saja saya sering menerapkan tips pertama, "Bring book with me".

    ReplyDelete