Monday, November 23, 2015

What Things To Consider Most in Buying Smartphone?

Ceritanya, adik kesayangan ingin mengganti ponselnya sekarang dengan yang baru. Alasannya sih karena HP sudah lemot dan kurang memuaskan. Mulai lah saya membantu mencarikan ponsel pintar berbasis Android dengan performa mumpuni. Sebenarnya apa saja sih pertimbangan-pertimbangan utama dalam memilih ponsel idaman? Ini daftar pertimbangan utama versi saya :

Pertama, performa tentu saja. Siapa yang tahan dengan ponsel yang lemot di tengah canggihnya zaman sekarang? Pasti akan sangat mengganggu kenyamanan dan aktivitas. Kedua, kamera. Ya, kamera yang bagus amat menyenangkan bukan? Mengabadikan momen berharga secara indah hingga eksis di media sosial. Ketiga, penampilannya harus stylish  dan kece biar enak dipandang mata. Keempat, dukungan jaringan dan konektivitas yang  handal. Aih, konektivitas merupakan kebutuhan penting saat ini kan? Entah untuk sekadar transfer file, berselancar di dunia maya hingga mencari informasi terbaru. Dan kelima, yang paling penting adalah harganya terjangkau dan tak banyak menguras kantong.

Jadi?

Asus Zenfone Laser 2 tampak depan
Saya menemukan kelima kriteria itu di Asus Zenfone 2 Laser, lini produk smartphone andalan Asus yang baru diluncurkan tanggal 19 November 2015 lalu. Gress banget kan? Performanya dapat dibilang mumpuni dengan penggunaan sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop plus prosesor Qualcomm Snapdragon. Selain itu, juga didukung dengan ASUS ZenUI 2.0 dengan lebih dari 1000 peningkatan fitur. Tak hanya kinerjanya memadai,  tetapi juga efisiensi energinya amat bagus. Asus Zenfone 2 Laser menawarkan keseimbangan prima antara kinerja multimedia dengan efisiensi penggunaan baterai. Tentu, agar pengguna tak sering-sering mencolokkan charger atau powerbank.

Lalu, kedua, kameranya membuat mupeng. Kamera utamanya 13 MP dengan laser autofokus dengan waktu fokus kurang dari 0,03 detik. Fitur autofokus baru mampu mengurangi gambar buram dan memperbaiki stabilisasi gambar. Ada juga mode Super HDR yang memfasilitasi penggunanya untuk dapat melihat dengan jelas di tengah terik matahari. Belum lagi penggunaan diafragma besar dengan elemen Largan Lens, dualtone flash, adanya PixelMaster Camera sehingga foto dan video bisa lebih terang hingga 400%. Belum lagi kamera depannya 5MP plus adanya selfie panorama hingga 140 derajat. Wow. Bisa makin eksis di Instagram nih :)

Asus Zenfone Laser 2 tampak belakang
Yang tak kalah seru tentu tampilan Asus Zenfone 2 Laser. Selain desainnya elegan (btw, Asus Zenfone 2 memenangkan penghargaan "top design in innovation, ergonomics, and functionality"), beratnya ringan  hanya 145gr, dan juga dilindungi dengan Super Scratch Gorilla Glass 4. Gorilla Glass 4 ini  merupakan lapisan antigores terbaru dari Corning yang menawarkan daya tahan 2 kali lebih baik saat terjatuh dan mereduksi kemungkinan layar pecah hingga 85% serta 2,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan Gorilla Glass 3. Selain itu, ASUS menggunakan teknologi ASUS TruVivid Full Screen Lamination Technology dan ASUS ZenMotion support Touch and motion gesture.

Pertimbangan utama keempat terkait dengan jaringan dan konektivitas. Asus Zenfone 2 Laser dipersenjatai dengan 4G LTE Cat4 yang memiliki kecepatan unduh hingga 150Mbps. Belum lagi ada WLAN, Wifi Direct, kemampuan Wifi Hotspot yang sangat cepat, dan MicroUSB dan dual antenna yang berfungsi untuk transmisi sinyal yang lebih baik. Apalagi untuk yang tak bisa lepas dari internet (seperti saya), jaringan dan konektivitas merupakan kriteria amat penting dalam memilih ponsel.

Infografis Asus Zenfone 2 Laser
Dan, tentunya, selain keempat pertimbangan di atas. Pertimbangan terpenting tentu saja... harga! Ya, mau ponsel sebagus apa jika harga tak terjangkau, tentu lewat dari pertimbangan. Untungnya, Asus Zenfone Laser 2 dibanderol dengan harga yang terjangkau dibandingkan dengan tingkat kualitas dan fitur yang ditawarkan. Untuk Zenfone 2 Laser  5.0 ZE500KL dibanderol dengan harga Rp2,099 juta, untuk Zenfone 2 Laser 5.5 ZE550KL seharga Rp2,399 juta, dan untuk Zenfone 2 Laser ZE601KL dipasarkan dengan harga Rp3,499 juta. Perbedaan ketiganya terletak di ukuran layar yang digunakan, berat ponsel dan kapasitas penyimpanan.

Tentu, memilih ponsel pintar harus cermat bukan? Dengan harga yang terjangkau, bisa memiliki ponsel dengan performa mumpuni. Dengan harga yang sama, bisa memiliki ponsel dengan lebih banyak fitur unggulan dibandingkan dengan ponsel lainnya. Dan ya, Asus Zenfone 2 Laser amat layak dipertimbangkan. 

Well, so, what are your things to consider most in buying smartphone?

5 comments:

  1. Asuz mulai merayap naik, tangga demi tangga dinaiki. Aku nyakin nanti Asuz bisa menjadi rajanya ponsel di Indonesia. Kameranya itu lo yang tidak nguatin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas.. kameranya keren.. belum harganya terjangkau hehe

      Delete
  2. aku juga tertarik asus sebagai ponsel cadangan yang rencananya gak dibuat inetan gitu... *lah

    ciyeee yang ini berapa mons? :p

    ReplyDelete
  3. Infographicnya keceee mbak. Good luck ya

    ReplyDelete