Saturday, December 31, 2016

2016 : Melepaskan

Dokumentasi pribadi


: 2016

Pada akhirnya, semua yang pernah kamu perjuangkan atau apa-apa yang terjadi pada dirimu, bermuara pada satu kesimpulan... Kamu hanya seorang hamba, dari Ia yang Maha Kuasa....

Ia yang menggenggam hatimu
Ia yang menunjuki jalan ketika arah laju hidup tak kamu tahu
Ia yang memberi ketika kamu mengiba
Ia yang mengasihi dengan membuka jalan-jalan dari arah yang tak pernah kamu duga
.
Menurutlah, maka hidupmu akan indah.....

Resensi Novel : Tentang Kamu

“Terima kasih untuk kesempatan mengenalmu, itu adalah salah satu anugerah terbesar hidupku. Cinta memang tidak perlu ditemukan, cintalah yang akan menemukan kita,” (Tentang Kamu, hal. 408)
Sumber : www.bukurepublika.id
Saya sempat ‘tertipu’ demi membaca penggalan dialog di atas yang dituliskan di cover belakang novel terbaru Tere Liye  di tahun 2016 ini. Bukan, novel ini bukanlah novel romansa, meski penggalan kehidupan romansa sang tokoh menjadi fragmen novel yang manis dikisahkan. Tentang Kamu adalah novel yang menggabungkan antara romansa, petualangan, penerimaan hidup dan perjuangan untuk memeluk rasa sakit.

Zaman Zulkarnaen merupakan seorang pengacara muda di Thompson & Co, sebuah firma hukum di London yang memiliki reputasi tinggi tentang keberanian dan integritas. Firma hukum yang bergerak di bidang elder law (perlindungan hukum bagi orang-orang tua beserta hartanya) ini memperoleh permohonan penanganan warisan seorang klien yang baru meninggal beberapa hari sebelumnya, seorang perempuan bernama Sri Ningsih yang tinggal di Paris. Warisan dengan jumlah yang teramat fantastis, satu miliar pundsterling! Sayangnya, permohonan penyelesaian warisan tersebut tak diikuti dengan surat wasiat. Yang lebih menarik, selama enam belas tahun kehidupan terakhirnya, Sri Ningsih menghabiskan waktu di sebuah panti jompo yang tenang. Namanya tak pernah tercatat sebagai orang kaya Indonesia. Itulah awal petualangan Zaman, ia berupaya menelusuri jejak kehidupan Sri Ningsih untuk menemukan ahli waris sekaligus surat wasiatnya.

Jika dalam beberapa hari Zaman tak berhasil menyelesaikan misinya, harta Sri Ningsih akan dialihkan kepada Ratu Inggris sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Berhasilkah Zaman menyelesaikannya?

Belajar dari kesahajaan
Penelusuran Zaman dimulai di panti jompo tempat Sri Ningsih meninggal dunia. Dari sana ia memperoleh buku diary yang menjadi petunjuk selanjutnya. Lima juz dalam buku tersebut berisikan penggalan tiap fase kehidupan Sri Ningsih. Juz pertama membawa Zaman ke Pulau Bungin, pulau di Sumbawa yang disebut sebagai pulau terpadat di dunia. Pulau di mana Sri Ningsih dilahirkan dan menghabiskan hidupnya hingga remaja. Pulau di mana Sri Ningsih pertama kali terluka dan merasakan kehilangan.

Jika mau, dengan harta yang berlimpah, Sri Ningsih bisa saja menghabiskan hidupnya dengan kemewahan. Namun, ia memilih hidup yang bersahaja di sebuah panti jompo di dekat Menara Eiffel. Mengapa?

Dalam novel setebal 524 halaman ini, Tere Liye secara apik menyisipkan pesan bahwa hidup sejatinya adalah bukan tentang seberapa banyak harta yang dimiliki seseorang karena harta tak akan ditinggal mati. Manusia bukanlah atribut dunia yang menempel padanya. Bagaimana Sri Ningsih memperoleh hartanya? Mengapa ia tinggalkan begitu saja dan tak ia nikmati?

Memeluk rasa sakit dan kehilangan
Selama tujuh puluh tahun kehidupan Sri Ningsih, ia mengalami banyak kehilangan dan rasa sakit. Ia dijahati oleh orang-orang yang selalu diperlakukannya dengan amat baik. Namun, tak pernah sekalipun dalam hidupnya, ia membenci mereka yang menjahatinya. Ia memilih untuk tidak pernah membenci dan tidak pernah berprasangka buruk. Ia memilih berdamai.

Thursday, December 22, 2016

Mama : Cinta yang Tak Pernah Semenjana

Dapatkah kita membayangkan seperti apa hidup tanpa kecerewetan Mama?
Adalah jarang bagi saya berada di rumah mengingat selepas SMA sudah hidup di perantaua
n. Kesempatan itu saya gunakan untuk mengamati kehidupan di rumah secara lebih mendetail.  Mulai dari sebelum subuh, Mama membangunkan Hilmy (si adik bungsu berusia empat belas tahun) untuk sholat tahajud yang katanya jauh lebih sering gagal. Kemudian tatkala azan subuh berkumandang, Mama membangunkan dengan lebih gigih. Kadang Hilmy 'berhasil' bangun dalam waktu lima menit kemudian meski dengan malas-malasan ia beranjak ke kamar mandi, menggosok gigi, berwudlu, dan kemudian menuju masjid. Kadang, ia bangun baru ketika Mama pulang dari sholat subuh di masjid dan mengulangi usahanya membangunkan.

Sabtu pagi tempo hari, Mama mengajak Hilmy ke pengajian bulanan seorang ustadz. Sempat takjub ketika Hilmy mau ikut sebelum Mama mengatakan,"Yah, kudu diiming-imingin dulu. Kemarin udah beli dua kaos," Haha. Entah dengan iming-iming atau 'ancaman', Mama selalu berupaya agar ibadah menjadi sebuah kebiasaan. Misal, uang saku Hilmy keesokan harinya akan dipotong sepertiga kalau ia tak mengaji di hari itu.

Untuk anak remaja, terkadang iming-iming atau 'ancaman' sudah tak mempan lagi. Lepas isya ketika saya di rumah beberapa waktu lalu, Mama menyuruh Hilmy untuk mengaji di masjid bersama seorang ustadz. Ada saja alasan Hilmy. Mulai dari "Ah sama aja di masjid apa di rumah, sama-sama ngaji," kemudian dijawab,"Beda dong Dek, di masjid ada yang ngoreksi kalau bacaannya salah," lalu Hilmy ngeles lagi, "Baju ngajiku cuma satu, malu pakai itu terus," kemudian dijawab Mama,"Ya udah, nanti dibeliin lagi,". Lanjut,"Nggak mau ah ngaji di masjid, temennya anak kecil semua," "Ya udah,nanti manggil ustadz ke rumah aja ya," Masih nggak mau kalah,"Ah Mama aja ngajinya  juga nggak pakai guru," yang baru tertukas dengan kalimat Mama,"Mama ngaji tiap hari sama ustadzah loh, tiap habis pulang kantor,"

Ya, akhirnya teladan orang tua yang dibutuhkan.

Dapatkah kita membayangkan kehidupan dewasa tanpa peran Mama menanamkan nilai agama di waktu kecil?

Monika kecil menaiki tiang besar sebuah masjid, ‘bergelantungan’ di sana. Usianya empat tahun, ia asyik berlari-lari, ke sana ke sini. Dari sekitar dua jam waktu mengaji, mungkin hanya setengahnya ia bisa duduk manis mengeja alif ba ta. Ya, dari usia empat tahun Mama sudah memasukkan saya ke TPQ, umur tujuh tahun sudah ikut khataman Al Qur’an. Mama yang waktu itu belum bisa mengaji memastikan anak-anaknya harus bisa mengaji sedini mungkin. Lepas pendidikan di TPQ, Mama memanggil guru ngaji ke rumah, seminggu lima kali, hingga SMA. Agaknya Mama khawatir jika tak didampingi guru, anak-anaknya belum bisa konsisten mengaji setiap hari.

Friday, December 2, 2016

Yang Bergemuruh di dalam Dada


: dua satu dua

Adakah yang bergemuruh di dalam dada
Tatkala pekik takbir menembus telinga
Dari jutaan manusia berakidah sama, menggelora
Dari seluruh penjuru nusantara, satu suara
Damai, damai yang kau rasa

Adakah yang bergemuruh di dalam dada
Para ulama, mereka yang mulia, menyerumu turut serta
Mendoakanmu, mendoakan negeri yang teramat kau cinta
Doa adalah senjata, orang-orang yang percaya

Wednesday, November 30, 2016

Menikah untuk Bahagia?



"Kamu lama nggak nikah-nikah kok kayaknya happy-happy aja?”

Jleb. Nggak ada angin nggak ada hujan, kemarin seorang rekan kantor tiba-tiba menanyakan hal itu ke saya yang secara nggak sengaja lewat di depannya. 

“Hah, terus aku harus gimana?”

“Ya, keliatan merana gitu kek, nangis sebulan, kamu kayaknya enjoy aja,”

Duh Gusti, paringono sabar (dalam hati), “Ya, terus aku harus nunggu menikah dulu buat bahagia? Aku bahagia dengan apa yang ada sekarang dan menikah adalah alat untuk melipatgandakan kebahagiaanku. Bukan menikah untuk bahagia, tetapi menikah untuk (lebih) bahagia,”

“Oh gitu ya. Berarti nggak nikah nggak papa juga, kan udah bahagia?”

Saya ngeloyor. 

**                                                     
“Please deh, kamu harus berubah,” Saya menatap tajam seorang teman perempuan. Ada saja kelakuan messy nya yang mengacaukan suasana. Ketika itu, sebilah pisau baru saja terjatuh di kepala saya, untung cuma gagang kayunya. Posisi saya waktu itu bersandar di ranjangnya, rupanya ia secara serampangan meletakkan pisau di ranjangnya.

I need somebody to save me,” suaranya lirih, “Aku bisa berubah kok kalau ada yang memintaku berubah,”

Saya geleng-geleng. “You should save yourself first,”

***

Wednesday, October 12, 2016

Berlibur Seru bersama Keluarga di Villa Istana Bunga Lembang

Komunikasi merupakan masalah keluarga secara umum. Rata-rata, keluarga di perkotaan jarang bertemu muka, kecuali saat menjelang tidur. Anak-anak bersekolah hingga sore, bahkan tak jarang mampir dulu ke tempat nongkrong bersama teman-temannya. Ayah pulang malam lepas berlembur sementara ibu pun memiliki banyak aktivitas di luar. Berlibur bersama keluarga merupakan salah satu jalan untuk memperbaiki kualitas kebersamaan di antara anggota keluarga.

Villa Istana Bunga, sebuah penginapan di Lembang dapat menjadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga yang menyenangkan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di kawasan Sukabumi, Lembang, dan Bandung banyak bertebaran villa-villa mewah dan megah sebagai tempat berlibur. Villa-villa itu dapat disewa dengan harga yang cukup terjangkau untuk seluruh anggota keluarga.

Kita dapat menikmati udara segar pedesaan yang masih murni dan pemandangan alam yang masih asri seraya bercengkerama bersama keluarga, sesuatu yang bisa jadi sangat mahal di tengah kesibukan sehari-hari. Terdapat beraneka macam fasilitas yang tersedia di Villa Istana Bunga, seperti tempat bermain anak dan kolam renang. Ada pula taman bunga yang indah yang bisa digunakan sebagai latar foto yang instagrammable.

Selain menikmati liburan di Villa Istana Bunga, kita juga bisa berjalan-jalan ke obyek wisata yang ada di sekitarnya. Apa saja tempat wisata di dekat Villa Istana Bunga? 

Wisata ke Perkebunan Teh
Di dekat Villa Istana Bunga terdapat perkebunan teh dengan pemandangan yang indah. Hijau daun teh akan segera memanjakan mata kita, belum lagi udara yang sejuk. Selain dapat menyaksikan proses pemetikan teh, Anda juga bisa melihat proses penggilingannya. Tentunya, obyek wisata ini akan memberikan pengetahuan baru yang seru dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak.
Anak-anak tentu suka minum teh, salah satu minuman yang sangat terkenal di Indonesia dan sudah banyak disajikan dalam bentuk botol atau kotak yang dapat diminum langsung. Jika melihat pembuatannya secara langsung, anak-anak pasti akan tertarik. Orangtua bisa menjelaskan tentang kebuh teh itu kepada anak-anak sehingga komunikasi pun terjalin semakin erat.
Sumber foto : travellingyuk.com

Tuesday, October 11, 2016

Ayat Ayat Hujan

Photo by Ricky Kharawala
Hujan adalah rahmat. Ayat-ayat apa saja dalam Al Qur'an yang menyebutkan tentang hujan?

Al Baqarah
1.         [2:19] atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir.
2.         [2:22] Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.
3.         [2:264] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.
4.         [2:265] Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.

An Nisa
1.         [4:102] Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan seraka'at), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir.

Al An’am
1.         [6:6] Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyak generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.
2.         [6:99] Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Al A’raf
1.         [7:57] Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

Al Anfal
1.         [8:11] (Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).

Yunus
1.         [10:24] Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir.

Hud
1.         [11:44] Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim ."
2.         [11:52] Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa."

Yusuf
1.         [12:49] Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan dimasa itu mereka memeras anggur."

Wednesday, September 7, 2016

Publikasi Survei Muslimah dan Hijab : Apa dan Bagaimana Pengalaman Serta Pandangan Para Muslimah Berhijab?

hijab, jilbab, muslimah

Apa alasan rata-rata Muslimah mantap berhijab?
Apa keraguan yang dihadapi rata-rata Muslimah sebelum ia memutuskan berhijab?
Bagaimana pandangan rata-rata Muslimah terhadap mereka yang belum berhijab?
Bagaimana pandangan rata-rata Muslimah terhadap Muslimah lainnya di Indonesia?


Beberapa pertanyaan menggelitik saya sehingga memutuskan untuk menyusun sebuah survei kecil-kecilan berjudul “Survei Muslimah dan Hijab” sekaligus menulis postingan dalam rangka memperingati satu dasawarsa berhijab. Saya membuka survei selama lima hari dan memperoleh 118 responden. Saya menuliskan prasyarat “sudah mengenakan hijab” kepada responden sehingga pertanyaan pertama yang diajukan adalah “Sudah berapa lama mengenakan hijab?”. Sebanyak 51,7% responden mengatakan sudah lebih dari sepuluh tahun berhijab, 22,9% responden mengatakan sudah berhijab selama 7-10 tahun, sementara jawaban lainnya bervariasi. Artinya, sebagian besar responden bisa dikatakan Muslimah yang sudah cukup lama mengenakan hijab.

Berhijab Kebanyakan Berasal dari Dorongan dalam Hati

69,5% dari responden mengatakan bahwa motivasi berjilbab timbul karena adanya dorongan dalam hati. Sebanyak 9,3% dari responden mengatakan berhijab karena disuruh orang tua, sementara hanya empat orang (3,4%) yang mengatakan berhijab karena kewajiban sekolah. Jawaban menarik berasal dari responden yang memilih lainnya (17,8%). Mulai dari melaksanakan kewajiban syariat, nazar karena memperoleh suatu hal, hingga lantaran budaya di daerahnya yang ‘mengatur’ bahwa saat masuk SMA adalah saat menggunakan jilbab. Responden lain menuliskan,
“Takut jadi penyebab ayah masuk neraka karena putrinya nggak menutup aurat. I love my dad too much!”
Ga yakin kalo karena dorongan hati, tapi tanpa paksaan kok,”
“Ingin menutupi potongan rambut yang salah,”
Keraguan yang Dihadapi untuk Berhijab? Tidak Ada Keraguan tentang Kewajiban Berhijab

Dari 118 responden, hanya dua responden (1,7%) yang memilih ‘keyakinan akan perintah berhijab’ sebagai alasan keraguan yang dihadapi untuk mengenakan hijab. Artinya hampir seluruh responden mengamini bahwa berhijab adalah sebuah kewajiban, bukan pilihan.  Sebanyak 33 responden memilih jawaban “takut tidak konsisten ke depannya” sebagai sebuah keraguan yang harus dihadapi untuk mengenakan hijab, sementara  27,1% responden mengakui bahwa “masih ingin mengenakan/berpenampilan secara ‘bebas’” sebagai keraguan yang harus dihadapi. Hanya 10 responden (8,5%) yang mengatakan bahwa kurangnya dukungan keluarga merupakan keraguan sebelum berhijab dan 11 responden (9,3%) mengatakan bahwa “takut tidak mendapatkan pekerjaan/mengalami kesulitan karena mengenakan hijab” merupakan alasan yang membuat mereka sempat ragu untuk berhijab.

Wednesday, June 29, 2016

Tips Memilih Hijab Pashmina untuk Hari Raya Lebaran



Lebaran atau idul Fitri merupakan hari raya besar umat muslim yang tentunya sangat dinantikan kedatangannya. Pada hari raya tersebut biasanya setiap umat muslim, khususnya perempuan, sebelumnya akan mempersiapkan busana islami untuk dikenakan pada berbagai kegiatan keagamaan pada hari tersebut. Para muslimah cenderung akan mempersiapkan hijab yang sesuai dengan ketentuan syari akan tetapi tidak meninggalkan trend hijab yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat. Salah satu jenis kerudung yang saat ini banyak sekali dicari adalah jenis kerudung pashmina yang merupakan kerudung berkualitas bagus untuk dikenakan pada berbagai kegiatan baik formal maupun santai. Berikut ini beberapa tips sederhana dalam memilih kerudung pashmina untuk dikenakan pada hari raya Idul Fitri:

1 . Memperhatikan Kualitas Bahan
Bahan merupakan hal yang perlu Anda jadikan sebagai faktor utama dalam memilih produk kerudung pashmina yang tengah anda butuhkan. Bahan pashmina terbaik yang digunakan di negeri asalnya yaitu Persia adalah material sutra yang dikombinasikan dengan kasmir. Kedua bahan tersebut berhasil menjadikannya produk busana muslim berkualitas premium yang selain nyaman untuk dikenakan juga mampu memberikan kesan yang sangat elegan ketika dikenakan. Jika kedua bahan tersebut dirasa berat dalam segi biaya, maka ada beberapa lagi bahan dengan harga standar namun kualitasnya tetap bagus yakni katun, paris, sifon dan beberapa bahan lainnya.

2 . Pemilihan Motif yang Tepat
Motif merupakan komponen yang penting juga untuk Anda perhatikan, selain itu pemilihan motif yang tepat untuk dipadukan dengan busana yang akan dikenakan wajib untuk anda ketahui karena hal ini mampu memberikan dampak yang sangat baik dalam berbusana Islami yang jauh lebih modis. Ada banyak jenis motif yang saat ini ditawarkan oleh setiap perancang busana baik jenis motif yang besar maupun jenis motif yang kecil, semua dapat anda pilih sendiri.

Bagi setiap perempuan yang tengah membutuhkan berbagai jenis kerudung berkualitas kini dapat melakukan pemesanan dengan mengunjungi hijup.com. Situs tersebut merupakan toko online yang mengikuti perkembangan trend hijab masa kini sehingga produk yang ditawarkan pun merupakan produk yang memiliki kualitas terbaik serta rancangan dari desainer terkenal di negara kita.

Jadi apa pilihan busana Anda untuk hari raya?

Monday, June 27, 2016

Zubedi Busana Muslim Wanita Favorit

Zubedi
Zubedi – Berhijab merupakan kewajiban bagi setiap wanita Muslimah. Busana muslim merupakan salah satu busana yang digunakan oleh mereka yang beragama Islam. Busana ini bukan saja digunakan untuk bergaya, melainkan juga sebagai kewajiban sebagai seorang muslim untuk berlaku sopan dan sesuai syariat dalam berbusana, terutama untuk mereka para wanita.

Saat ini hijab bisa kita temukan di berbagai toko, entah itu toko online maupun toko offline yang ada disekitar kita. Dewasa ini lebih banyak orang yang memilih untuk berbelanja dengan menggunakan media online disebabkan berbagai kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan.

Hijab sebagai busana dan identitas seorang wanita muslimah. Tak bisa dipungkiri bahwa jika seorang wanita yang menggunakan hijab  akan terlihat sangat memesoina. Kini jika Anda berbelanja hijab secara online maka Anda bisa langsung melakukan pembelian secara mudah di Hijup.com yang menyediakan berbagai macam model hijab. Selain itu, terdapat berbagai brand ternama yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Nah salah satu produk yang dimiliki oleh hijup.com ini yaitu dengan brand Zubedi yang kita ketahui pada saat ini sudah sangat banyak berada di Hijup.com. Dengan produk berkualitas sangat bagus, busana muslim wanita dari zubaedi ini memang terkesan sangat elegan jika kita memandangnya, bagi wanita yang menggunakannya tentu akan terlihat lebih cantik dan mempersona. Ngomong-ngomong, merk Zubedi ini salah satu merk yang memberikan inspirasi gaya berhijab bagi adik.

Warna tajam yang diberikan menambah dan menjadikan pemakainya sebagai sesosok wanita yang tegas serta memiliki karakter yang kuat. Tentu hal itu akan membuat seorang wanita semakin percaya diri jika menggunakan hijab produk dari Zubedi tersebut. Kemudian jika kita lihat dari segi harga, tentunya juga sangatlah bersahabat untuk kita karena produknya yang berkualias dan juga budget untuk busana ini juga tidak terlalu besar sehingga adanya keselarasan antara harga dan produk yang ada tersebut. Worth the price lah ya.

Nah, sudahkah mencoba produk Zubedi? bagaimana pendapat Anda tentang merk Zubedi? Jika belum, tak ada salahnya mencoba produk Zubedi yang bisa kita temukan di Hijup.

Wednesday, June 22, 2016

Cara Mudah Mencari Modern Hijab Style Terkini Melalui Internet



Kategori jenis kerudung atau hijab yang saat ini ditawarkan melalui pasar online sudah amat beragam. Jenis kategori modern hijab style terkini merupakan model yang paling banyak dicari karena selain sesuai dengan tren yang tengah digandrungi oleh para hijaber, kualitas serta jenis kerudung tersebut banyak yang telah sesuai dengan ketentuan syari yang diwajibkan bagi perempuan Muslimah dalam berhijab. Jadi, bisa dikatakan stylish dengan tidak meninggalkan unsur syari. Terdapat banyak kategori jenis kerudung yang saat ini tengah menjadi tren fashion modern di negara kita, salah satu diantaranya adalah jenis pashmina. Dan bagi Anda yang tengah membutuhkan produk yang satu ini, mudah sekali menemukannya melalui internet :

Sumber : Quadrantcenter
1 . Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan sebuah online shop yang saat ini telah sering dilakukan. Seperti yang telah kita ketahui bersama, sistem jual beli online di internet secara perlahan digandrungi oleh para pengguna internet karena memiliki banyak sekali keunggulan dalam berbelanja di antaranya seperti cara pembelian yang jauh lebih mudah, tidak perlu repot pergi ke suatu pusat perbelanjaan dan berbagai kelebihan lainnya yang tentunya memberikan berbagai kemudahan bagi setiap orang.

2 . Selain dengan mengakses internet, Anda pun dapat mencari referensi kategori jilbab berkualitas terbaik dengan menggunakan sebuah mesin pencari yang digunakan untuk menemukan berbagai informasi bermanfaat yang tengah dibutuhkan melalui penggunaan kata kunci. Kemudian, sebuah mesin pencari akan memberikan rekomendasi jenis kerudung yang saat ini tengah populer di kalangan pecinta busana muslim di negara kita. Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Cara mudah lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemesanan melalui hijup.com yang merupakan salah satu toko online terbaik penyedia aneka busana muslim dengan kualitas terbaik. Di situs tersebut pun terdapat berbagai jenis modern hijab style yang saat ini tengah populer dikenakan oleh para hijaber di negara kita. Selain itu, koleksi yang terdapat pada online shop yang satu ini merupakan koleksi terbaik rancangan dari desainer terkenal di negara kita.

Jadi, bagaimana gaya berhijab favoritmu? Dan, cara berbelanja bagaimana yang paling membuat nyaman?  

Sunday, June 19, 2016

Jenis-Jenis Ciput dalam Bentuk dan Fungsi yang Berbeda

Ciput ninja. Sumber foto : Hijup
Bagi pengguna hijab atau kerudung tentu tidak asing lagi dengan penggunaan ciput. Ciput atau dalaman hijab ini menjadi salah satu kebutuhan wajib bagi para muslimah. Penggunaan ciput ini juga berfungsi dalam membantu tampilan kerudung tetap rapi dengan rambut yang terjaga supaya tidak terlihat. Apabila kebetulan sedang menggunakan kerudung dengan bahan yang tak terlalu tebal, ciput dapat menjadi penolong yang sangat baik. Nah, muslimah pasti pakai ciput kan ya?

Ciput dapat juga berfungsi sebagai bahan dalam membuat kreasi kerudung yang lebih stylish dengan kreasi-kreasi terbaru. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini jenis ciput yang dapat dikreasikan berbeda sesuai dengan bentuk dan fungsinya :

1.    Fungsi dari jenis ciput bandana. Menggunakan ciput bandana berfungsi hanya dalam menutup dahi serat membantu rambut pada bagian poni supaya tidak keluar. Bahkan bagi sebagian muslimah menggunakan ciput ini hanya sebagai aksesoris saja. Sehingga untuk menggunakan ciput ini wajib menggunakan hijab yang tebal supaya tidak terlihat ke dalam.

2.    Fungsi dari jenis ciput ninja. Ciput yang satu ini merupakan jenis ciput yang paling banyak digunakan. Hal ini karena manfaat dari ciput ini yang dapat menutup secara maksimal dari rambut sampai dengan leher. Sehingga sangat aman digunakan oleh para muslimah. Nah, ciput jenis ini favorit banget deh.

3.    Fungsi dari jenis ciput topi (pet). Dalam bentuknya ciput ini ada yang seperti ciput bandana atau pun ninja, bedanya ada pada pelindung seperti topi. Dengan adanya bagian seperti topi menjadikan kerudung yang dipakai tidak menyentuh dahi secara langsung. Selain itu menggunakan ciput ini juga dapat menyamarkan bentuk wajah dari penggunanya.

4.    Fungsi dari ciput turban. Untuk ciput bandana sendiri merupakan jenis ciput yang hampir mirip dengan turban karena dalam penutupannya tidak menutup sampai leher. fungsi dari ciput ini sendiri hanya dapat membungkus untuk rambut saja.

Jadi ciput mana yang kamu suka?

Penggunaan ciput yang benar sebenarnya dapat dilakukan dari awal pemilihan ciput yang berkualitas, untuk hal ini bisa lho para Muslimah memilih berbagai jenis ciput hanya di hijup.com yang menyediakan berbagai ciput untuk kebutuhan hijab.