Thursday, January 28, 2016

13 Tips Menambah Follower Twitter Secara Alami

Tips Menambah Follower Twitter Secara Alami. Bagi selebritis atau tokoh terkenal, menambah follower/pengikut tentu bukanlah hal yang susah. Orang akan dengan senang hati mengikuti mereka, bahkan merasa rugi jika ketinggalan berita terbaru. Nah, kalau bagi orang ‘biasa’, bagaimana cara menambah follower secara alami? Tentu, bukan dengan menggunakan aplikasi ya. Berikut tips yang bisa dibagikan :

1.         Pasang Profile Picture wajah diri
Profile picture menunjukkan identitas. Dalam komunikasi visual, penggunaan foto diri menunjukkan keterbukaan dan kejujuran. Kita tentu lebih suka berkenalan atau mengikuti orang yang kita tahu wajahnya bukan?

2.         Self-branding pada bio
Bio pada Twitter dapat kita gunakan sebagai salah satu sarana untuk branding. Jangan menulis bio seperti “just an ordirnary person” atau “a simple woman” tetapi buatlah bio yang kira-kira bisa membuat orang tertarik mengikuti profil kita. Misalnya : Blogger, Financial Planner, Traveler. Dengan demikian, orang yang melihat profil akan dapat memperkirakan apa isi dari linimasa kita. Seseorang cenderung akan mengikuti akun yang membahas hal yang membuatnya tertarik.

3.         Rajin nge-tweet dan buatlah tweet yang menarik
Ya, bagaimana orang tertarik akan mengikuti jika nge-tweet saja jarang-jarang? Perbaharui tweet secara berkala, jika perlu buatlah jadwal nge-tweet. Tentu, bahaslah hal-hal yang kira-kira bisa membuat orang tertarik, gunakan sudut pandang pembaca, seperti apa tweet yang kira-kira menarik? Tweet bisa dimulai dengan melempar pertanyaan yang menggelitik seperti, “Buku apa sih yang paling tak terlupakan menurut kamu?” atau “Share dong, gimana cara nabung yang efektif menurutmu?” sesudah itu kita bisa membahas hal yang terkait dengan tweet pembuka/pemancing tadi.

4.         Jangan sungkan membuat kultwit
Yap, mengapa tidak membuat kultwit? Kultwit (kuliah Twitter) adalah istilah untuk serial Twitter. Hal itu dikarenakan satu tweet maksimal berisi 140 karakter saja sehingga jika membahas hal yang cukup panjang dibuat berseri. Bahas hal yang kita kuasai atau sukai. Jika menguasai dunia pendidikan, misalnya, mengapa tidak berbagi ilmu dan pengetahuan melalui kultwit? Selain mengalirkan ilmu dan menebar manfaat, kultwit bisa menarik minat orang-orang untuk mengikuti.

5.         Buatlah tweet yang ‘retweetable
Ya, semakin banyak tweet kita di-retweet, akan makin banyak orang yang melihat akun kita dan memperbesar kemungkinan orang membuka akun kita. Tak perlu kata-kata sendiri, bisa dengan menulis kutipan atau mengunggah gambar yang kira-kira menarik orang untuk melakukan retweet.

6.         Membuat chirpstory
Chirpstory adalah tautan dari serial tweet. Jadi, sejumlah tweet disatukan dalam sebuah tautan supaya lebih mudah dibaca/dicari. Caranya mudah, tinggal buka www.chirpstory.com , login dengan akun Twitter kita, klik create. Bisa membuat chirpstory dari tweet kita sendiri atau tweet orang lain juga bisa. Biar lebih mantap, tautan chirpstory bisa kita pendekkan melalu bit.ly/tinyurl dan beri nama yang menarik. Sebarkan tautan yang sudah dipendekkan tersebut.
Membuat chirpstory itu mudah. Tinggal drag tweet yang ingin di-chirp di ujung kiri ke tengah

7.         Berinteraksi dengan orang terkenal atau akun yang memiliki banyak follower
Ya, sering-sering berinteraksi dengan akun yang telah memiliki banyak follower, siapa tahu bisa di-follow oleh pengikutnya. Misalnya, saya beberapa kali mention dengan ustadz @FelixSiauw (yang memiliki lebih dari 1 juta follower di Twitter) ketika selesai membuat ringkasan buku-bukunya di blog. Kemudian, beliau mem-follow back akun Twitter saya. Setelah di-follow beliau, jumlah pengikut saya bertambah sekitar seratusan atau dua ratusan orang. Contoh lagi, saya beberapa kali membuat chirpstory dari tweet @KemenkeuRI dan kemudian di-retweet, jumlah pengikut bertambah lumayan. Jadi, sering-seringlah berinteraksi dengan akun yang memiliki banyak pengikut.
di-follow akun terkenal menambah banyak followers

8.         Rajin menjaga interaksi dengan follower
Ya, jika ada yang mention akun Twitter kita jangan malas untuk membalas. Tentu, kita lebih suka mengikuti akun Twitter yang memiliki interaksi bagus daripada yang monolog bukan?

9.         Beri link Twitter pada blog
Twitter bisa mendatangkan pengunjung ke blog, begitu juga sebaliknya. Beri informasi tentang akun Twitter kita di blog, bisa dengan memasang widget linimasa akun Twitter atau tombol ‘follow Twitter’ sehingga memudahkan orang dalam ‘menemukan’ kita di dunia maya.

10.     Sisipkan nama akun Twitter pada kartu nama kita/signature email
Ya, jika membuat kartu nama, tak ada salahnya menyisipkan informasi akun Twitter. Begitu pula pada signature e-mail. Misal Monika Yulando Putri/@monilando.

11.     Gunakan nama akun yang sama
Nama akun yang sama merupakan salah satu bentuk branding. Semisal, blog www.monilando.com kemudian akun Twitter @monilando/akun Instagram @monilando. Orang yang pernah berinteraksi atau mengenal kita akan dengan mudah menyadari/notice.

12.     Buat quiz menarik di Twitter dan persyaratkan untuk follow
Ya, tak ada salahnya menyemarakkan Twitter dengan membuat quiz. Berikan hadiah menarik untuk orang yang follow, persyaratkan juga untuk retweet dan mention.

13.     Buat giveaway dan persyaratkan untuk follow akun Twitter
Jika membuat giveaway di blog, sah-sah saja untuk mensyaratkan peserta GA mengikuti akun Twitter kita.   

Adakah yang mau berbagi tips lain menambah follower Twitter? Feel free to share ya. Btw, saya tak suka meminta follow back, karena saya sendiri berprinsip follow-unfollow suka-suka saja. Tetapi, saya selalu follow back akun yang saya kenal atau akun yang saya anggap menarik walau tak kenal orangnya (melihat linimasanya dulu). Sila follow @monilando ya. Akan saya folback jika kenal (minimal pernah dengar namanya) atau tweet-nya menarik. 

Salam

30 comments:

  1. langsung takterapkan tipsnya, makasi monik

    ReplyDelete
  2. Apalagi following lebih dikit dari followers itu, surga!

    ReplyDelete
  3. waaah..pas banget ini postnya yaa..langsung praktek terimakasih mba, di bookmark biar ngga ilang salam kenal yaa..

    ReplyDelete
  4. Menarik tipsnya. Sepertinya bisa di terapkan :)

    ReplyDelete
  5. interkasi itu penting...dan aktivitas tweet adalah kuncinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba.. interaksi itu bentuk engagement..

      Delete
  6. sip sip. saya twitter mah masih banyak share doang. tp coba deh bikin chirp-story. tfs ya mbak.

    ReplyDelete
  7. Mantap... tipsnya sangat bermanfaat kiat tuk nambah follower.. Mumpungs ekarang lagi rame follo2an mau terapkan juga ah..

    ReplyDelete
  8. Lumayan lengkap tipsnya, abis ini follow deh yg nulis, ini twitter saya pulau_ila *modus :D

    ReplyDelete
  9. wah keren. masukan berharg banget untukku, secara aku ini paling jarangggg ngetwit. enggak terbiasa sih, padahal followers nambah terus

    ReplyDelete
  10. Biasanya lebih sering buat GA di blog yang mensyaratkan buat follow twitter sih, hehehe...

    Malah belum nyoba chirpstory, hehehe, nanti tak cobain.

    Makasih tipsnta, langsung nyicil di praktekin. Heuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain mba.. terutama bikin chirpstory dr tweet akun terkenal, trus mention akunnya... biasanya di-retweet :D

      Delete
  11. wah wah wah, sipsip, patut dicoba, tengkiu ya mbak

    ReplyDelete
  12. Makasih tips nya. Butuh follower nih. Hehehe.

    ReplyDelete
  13. Mantap. Makasih tipsnya. Abis ini mesti ganti statusku deh!

    ReplyDelete
  14. saran bagus,, lagi perlu banyak follower niiih.. terima kasih :)

    ReplyDelete
  15. sepakat mbak, beberpaa hal sudah saya lakukan. yang lain masih belum, hehe

    ReplyDelete
  16. Aih, monik keren, aq belum begitu bisa menikmati twitter, tapi butuh buat job #eh
    Tar dicoba tipsnya, tengkyu

    ReplyDelete
  17. Twitter saya mati suri lagi nih. Hehehe. Makasih Mbak diingetin lagi tentang Twitter. :D

    ReplyDelete
  18. aku lebih cocok ngeblog kayaknya cyin hehe
    aku failed doyan twitter :D

    ReplyDelete
  19. aku kayaknya udah moveon dari twitter hahhaha

    ReplyDelete
  20. chirpstory baru tahu pantas saja jika aku memperhatikan link blog teman ditwitter kok unik. Maklum kurang begitu perdulu sama twitter walau suka ngoceh disana. Tampil apa adanya.

    ReplyDelete