Thursday, February 25, 2016

Menguak Sisi Menarik Kehidupan Tambang di Newmont



Kehidupan di area tambang laiknya sebuah ‘misteri’ yang hendak disibak, apalagi pada perusahaan sebesar Newmont. Seperti apa dan bagaimana kehidupan di lingkungan tambang? Apa saja hal-hal menarik yang ada? Berikut tulisan pertama saya dari serangkaian catatan tentang Newmont Bootcamp batch V yang diselenggarakan pada tanggal 14-22 Februari 2016. Newmont Bootcamp merupakan sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara (selanjutnya akan saya sebut dengan Newmont saja), yang mana para pesertanya berkesempatan untuk mengamati dan menjadi bagian dari area tambang Batu Hijau, sebelah barat daya dari Pulau Sumbawa.

Disiplinnya Kehidupan di Batu Hijau

Apa yang membuat lebih dari lima ratus orang mengirimkan karya tulis mereka ke Newmont dan MetroTV News demi meraih kesempatan merasakan kehidupan di dalam area tambang selama sembilan hari? Mungkin, salah satunya adalah kehidupan tambang yang memberikan kesan ‘eksklusif’, tak semua orang bisa masuk ke dalamnya. Jangan harap bisa masuk ke wilayah Batu Hijau jika tak memiliki kartu akses dan jangan harap bisa memiliki kartu akses jika tak memiliki sponsor, orang dalam Newmont yang memiliki posisi dan kemudian bertanggung jawab atas tamu yang dibawa. Untuk memasuki area tambang Batu Hijau, pengunjung harus menunjukkan kartu akses dan kemudian menge-tap-nya pada pintu masuk setelah melalui screening oleh pihak sekuriti. Begitu juga ketika keluar, kartu akses akan diperiksa. Selain itu, untuk memasuki ruang makan, kartu akses juga diperlukan.

Kartu akses
Hal yang menarik yang saya amati di wilayah Batu Hijau adalah kedisiplinan dan keteraturan yang ditunjukkan. “Seperti di luar negeri,” begitu komentar salah satu peserta bootcamp mengomentari keteraturan bangunan dan juga suasana sekitar. Selain itu, lalu lintas kendaraan begitu tertib. Lampu merah tak ada yang berani melanggar meskipun tidak ada yang melihat, hal itu dikarenakan terdapat kamera pengawas yang merekam pelanggaran. Tiga kali melanggar, surat izin mengemudi khusus yang diterbitkan oleh Newmont bisa dicabut.



Setiap bagian dari area Batu Hijau memiliki akses tersendiri dan hanya orang tertentu yang memiliki akses tertentu merupakan salah satu indikator sistem pengendalian internal yang bagus diimplementasikan di Newmont. Misalnya, jika sebuah pintu berakses di area concentrator terbuka dalam waktu sekian detik, alarm akan otomatis menyala dan pihak sekuriti akan datang. Proses operasional dilakukan dari satu komando Control Room, operator mesin hanya akan menjalankan mesin sesuai dengan instruksi dari para analis. Mesin yang ada telah terotomasi dengan canggih, setiap proses terdapat pemantauan monitor. Misalnya, pada proses penghancuran dan pengolahan bahan tambang menjadi konsentrat atau pada saat dilakukan uji sampling yang oleh Environmental Marine Department, sampel air dapat terdeteksi secara otomastis pada layar monitor.


Standar Tinggi yang Ditetapkan
Safety shoes
Dari apa yang saya amati, Newmont menerapkan standar yang tinggi di berbagai aspek, mulai dari operasional perusahaan hingga makanan. Semisal, para pegawai lelaki yang bertugas di ruang makan menggunakan masker rambut dan sarung tangan untuk menjaga higienitas hingga alat-alat makan yang dicuci dengan menggunakan air panas. Di sisi operasional, ditunjukkan dari penggunaan safety gear secara lengkap dari helm hingga sepatu maupun dalam hal pengoperasionalan alat. Misalnya, dalam satu kali proses untuk menghasilkan konsentrat, terdapat 10 sel flotasi untuk memastikan konsentrat berkualitas tinggi yang dihasilkan (lebih jauh tentang flotasi akan saya jelaskan pada tulisan berikutnya).

Kesejahteraan Pekerja yang Tinggi
Berinteraksi dengan sebagian pegawai Newmont membuat saya mengambil kesimpulan bahwa Newmont amat memperhatikan kesejahteraan mereka. Semua yang saya tanya berapa lama telah bekerja, mengatakan bahwa mereka sudah lebih dari lima belas tahun bekerja. “Saya baru enam belas tahun di Newmont mbak, rasanya baru sebentar saja,” begitu salah satu jawaban yang saya dengar. Semua yang saya tanya mengatakan ‘baru’ menunjukkan betapa mereka betah bekerja di sana.

Secara materi, pegawai Newmont bisa memperoleh bonus tahunan delapan kali gaji, belum lagi THR yang mencapai 1,5 kali gaji. Selain itu, tunjangan kesehatan diberikan hingga anak keempat dan tunjangan pendidikan diberikan hingga anak ketiga. “Pokoknya, kita tinggal kerja saja,” tukas seorang pegawai. Semua yang berbau ‘fasilitas’ tinggal terima beres. Area townsite tempat para peserta bootcamp tinggal tertata dengan teratur, semua kamar dilengkapi dengan pendingin udara dan kamar mandi dalam, fasilitas laundry, hingga ruang makan yang amat luas dengan kualitas makanan setara hotel bintang 4 dan disajikan secara prasmanan. Pegawai dipersilakan tinggal di mess atau di luar, jika tidak tinggal di mess akan diberikan tunjangan tertentu.

Ada Mushola di Mulut Tambang
Siapa nyana, di lingkungan tambang yang identik dengan hidup yang ‘keras’ dan ‘duniawi’ ini saya temui nafas Islam yang cukup kental. Pria-pria tambang berjenggot banyak saya jumpai. Terdapat lima masjid besar di area tambang Batu Hijau, belum lagi Mushola. Di setiap masjid yang saya singgahi, ada saja dengung tilawah Al Qur’an merdu diperdengarkan. Bahkan, di dasar ‘open pit’ atau mulut tambang saja ada mushola portabel! 

Saya Pikir Saya Akan Bertemu Banyak Bule
Sebagai sebuah perusahaan yang berasal dari Amerika Serikat, saya pikir saya akan menemui banyak bule atau ekspatriat di Newmont. Namun ternyata, saya ‘kecele’, hanya satu dua warga asing yang saya temui. Ternyata, jumlah pegawai asing di Newmont hanya sekitar 30 orang atau 1% saja dari sekitar 3.300 pegawai Newmont. Jumlah karyawan Newmont yang berasal dari Pulau Sumbawa sekitar 60%, sisanya dari NTB dan nasional.

Wanita Perkasa di Balik Truk Raksasa
Truk yang digunakan untuk mengangkut batuan hasil tambang menuju proses pengolahan selanjutnya bernama 'haul truck'. Tingginya mencapai 6 meter, bahkan tinggi bannya saja mengalahkan tinggi orang dewasa. Adapun lebar mencapai 7,5 meter dan panjang 13 meter. Tak berlebihan jika menyebutnya sebagai truk raksasa. Namun, ada 12 kaum hawa di antara 110 operator haul truck. Operator wanita disebut-sebut lebih teliti dan hati-hati.


Berikutnya...
Apakah  Newmont memiliki kepedulian terhadap lingkungan? Bagaimana Newmont membuang limbah tambang? Bagaimana sebuah perusahaan tambang raksasa menjalankan bisnisnya? Bagaimana kehidupan sekitar area tambang? Berbagai pertanyaan beredar di kepala. Namun, pertanyaan-pertanyaan tersebut terlalu panjang jika menjadi sebuah tulisan saja, saya akan membahasnya pada tulisan-tulisan selanjutnya.

Sampai jumpa. Insya Allah


28 comments:

  1. Kesejahteraan oekerja yg tinggi itu oenting banget, biar semangta kerja tetep terjaga dan semangat 5 -2 nya terus menyala hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Hanya peserta NewmontBootcamp yang mengerti arti 5-2..

      Delete
  2. Asyik yah tinggal di negara Newmont.. Serba disiplin n teratur. Tanya dong budhe,tahu caranya jadi warga negara Newmont?

    ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Budhe dikirimin foto2 dulu ke email, nanti dikasi tau caranya :p

      Delete
    2. ehehe.. unntung diingatkan, sempet lupa budhe, wkwkw..

      Delete
  3. Kangen makan di kntin newmont abis baca postingan ini. Hai saya muthia batch 3 salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba Muthia..Iya makanannya enak2 ya hehe

      Delete
  4. Wah mantap mbak ceritanya. Jadi mupeng...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. nanti daftar Newmont Bootcamp batch 6 aja :)

      Delete
  5. Wah mantap mbak ceritanya. Jadi mupeng...

    ReplyDelete
  6. Risiko gak mau ditulis sekalian?

    ReplyDelete
  7. Aku sampai bingung mau komentar apa, mbak?. Nggak mudah hidup dengan rasa disiplin yang tinggi, rasanya aku sendiri masih jauh dari kata disiplin. Salut mbak, sama kehidupan disana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul.. belajar lebih disiplin selama di sana :)

      Delete
  8. *menganga* *manggut2* bener2 baru tau aku mak di balik kehidupan tambang, seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pengalaman baru masuk ke area tambang hehe

      Delete
  9. Pekerja yang tinggal di sana bisa bawa keluarga ga mbak? Atau kalau mau sama keluarga tinggal di luar area? Waah... Surprise pekerja asingnya dikit. Sy pikir malah banyak pekerja asing :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ada mess bagi yg berkeluarga klo sy ga salah denger hehe

      Iya sy jg awalnya ngira banyak pekerja asingnya

      Delete
  10. aku nggak kaget kalo tempat macam gini ceweknya dikit
    tapi kaget garagara operator cewek yang oke banget itu :D

    ReplyDelete
  11. EHmmm.mengenai kamera pengawas/cctv mungkin bisa diterapkan juga di lampu merah di jalan umum,dan pemberian sanksi juga pada pelanggar agar makin banyak orang yang berhati2, gak asal ngebut pas lampu kuning menjelang merah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ya.. Bagus jg klo gt.. Bs transparan dan menghindari nego2 hehe

      Delete
  12. Iya disiplin mereka perlu ditiru dan diterapkan dalam berbangsa nih Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Bu.. belajar lebih disiplin dari sana hehe

      Delete
  13. Karyawan cwenya banyak g mba? Hahaha mengincar

    ReplyDelete
  14. Kl fasilitas tergantung profitnya perusahaan sih, pernah ke prush tambang yg profitnya g seberapa, udh mau tutup pula, fasilitas jd seadanya dan savetynya seadanya.

    Sek2. Tadinya kirain dlm rngka dinas, ini berarti gak kerja km? Cuti?

    ReplyDelete
  15. Senang ya bisa lihat kehidupan tambang NNT secara langsung ;)
    Rapi dan disiplin...

    ReplyDelete