Thursday, March 10, 2016

Mengintip Standar Tinggi Perusahaan Tambang

Sebagai sebuah industri, dapat dibilang tambang merupakan sebuah ‘industri seksi’. Mengesampingkan kepentingan politis, industri tambang sendiri merupakan sebuah industri bernilai strategis tinggi. Risiko tinggi pun menyertai industri bermodal besar ini. Tak heran jika perusahaan tambang mematok standar tinggi dalam berbagai aspek. Lalu, seperti apa standar tinggi yang diterapkan di PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT)?

Keselamatan Adalah yang Paling Utama

haul truck
Bagi PT NNT, keselamatan pekerja adalah prioritas utama. “Bekerja Aman Adalah Budaya Kita” merupakan moto yang tercetak besar pada bagian haul truck. Tak sembarang orang bisa mengemudikan haul truck, truk raksasa pengangkut bijih batuan dari mulut tambang. Seleksi cukup ketat diberlakukan, terdapat simulator haul truck untuk menguji para calon operator. Calon operator akan duduk di belakang kemudi simulator dan seakan-akan mengendarai haul truck dalam berbagai kondisi, mulai dari ban bocor hingga kebakaran. Hanya calon operator yang mampu bertahan mengendalikan haul truck minimal selama 1,5 jam yang akan lolos seleksi. Di lapangan, haul truck dikemudikan dengan kecepatan maksimal 50 kilometer per jam, jika tidak alarm sebagai tanda peringatan akan berbunyi. Berisiko tinggi tentunya jika truk bermuatan ratusan ton dikemudikan secara serampangan.

Selain itu, PT NNT melengkapi para pegawainya dengan seperangkat alat pengaman seperti helm pengaman, sepatu pengaman, masker pelindung dan pelindung telinga ketika berada di area yang menghasilkan bunyi berdensibel di atas rata-rata. Sepatu, misalnya, merupakan sepatu kulit berangka baja kuat  yang jika terdapat beban berat hingga ratusan ton tetap melindungi kaki. Sebagai contoh, salah seorang peserta Newmont Bootcamp terkena musibah disengat lebah tatkala ia sedang melepas sepatu pengaman.  


Standar Tinggi Pengolahan Tambang

Pengolahan tambang PT NNT dimaksudkan untuk menghasilkan konsentrat yang mengandung tembaga dengan kadar minimal 25-30%. Proses pengolahan bijih batuan menjadi konsentrat dilakukan melalui proses flotasi yang panjang. Satu proses dilakukan di dalam sepuluh sel flotasi untuk menghasilkan konsentrat terbaik. Area concentrator di mana pengolahan tambang dilakukan dipantau ketat di Control Room oleh para analis melalui monitor. Aktivitas yang terkait dengan pengolahan berasal dari satu komando Control Room. Selain itu, setiap enam bulan sekali dilakukan total plant shutdown (penghentian operasi pabrik pengolahan secara total) untuk mengecek tingkat optimalitas pabrik dan kemudian memperbaikinya.

Concentrator Are
Standar Tinggi Pengolahan Limbah Tambang

Sebagai sebuah perusahaan tambang, dapat dikatakan bahwa limbah tambang menjadi salah satu isu utama yang menjadi perhatian. PT NNT memilih Deep Sea Tailing Placement sebagai muara limbah tambang dikarenakan DSTP merupakan pilihan terbaik yang ada. Menempatkan limbah tambang yang mengendap di palung laut pada kedalaman 3.000-4.000 meter di bawah permukaan laut adalah lhebih baik daripada membuat penampungan puluhan hektar di daerah produktif yang juga rawan gempa. Secara terjadwal, PT NNT melakukan pemantauan air laut melalui pengambilan sampel air dan sedimen hingga pemantauan ekologis. Semua dilakukan agar tidak ada yang meleset dari prediksi dalam Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). 

Selain itu, PT NNT memilih menerapkan standar kehati-hatian. Misalnya, meskipun pipa tailing belum mencapai ketebalan minimal yang dipersyaratkan, PT NNT sudah menggantinya dengan pipa yang baru. Terdapat juga pipa tailing cadangan yang siap menggantikan pipa utama jika terjadi kebocoran. 
terdapat pipa tailing cadangan


Tertib Berkendara di Jalan Raya

Dari satu area ke area lain di Batu Hijau, kami menggunakakan bus pengantar. Pada setiap kursi terdapat sabuk pengaman yang wajib dikenakan, jika tidak siap-siap saja diperingatkan oleh petugas keamanan. Selain itu, setiap selesai mengantarkan tamu, pengendara bus mencatat waktu kedatangan dan tertib. Kendaraan tak ada yang berani melanggar rambu lalu lintas yang terpasang, sekalipun tak ada petugas. Kamera pengawas siap mengabadikan pelanggaran dalam berkendara di jalan raya, jika lebih dari tiga kali surat izin mengemudi khusus di wilayah Batu Hijau yang diberikan kepada pengendara dapat dicabut paksa. Semua tampak teratur di PT NNT.


Pengendalian Akses yang Ketat

Dapat dikatakan, PT NNT memberlakukan pengendalian akses yang ketat. Untuk memasuki area tambang Batu Hijau, pengunjung harus memiliki kartu akses. Setiap keluar masuk Batu Hijau, kartu akses akan dipindai. Setiap ruangan memiliki kartu akses berbeda, hanya orang-orang yang memiliki otorisasi yang dapat masuk. Pegawai di area tertentu tak memiliki akses di area lain. Bahkan, jika mendengar cerita salah satu pegawai di Departemen Lingkungan, sudah 12 tahun dia bekerja di PT NNT tetapi ia belum pernah melihat open pit.
Hanya orang tertentu yang bisa masuk Control Room

Bagaimana? Tertarik bekerja di dunia tambang? Standar tinggi tentu untuk mengimbangi risiko tinggi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi, bukan?

 

5 comments:

  1. tertarik, gajinya kan gede tuh mbak

    ReplyDelete
  2. Kalo kerja di pertambangan itu yang menarik gaji dan fasilitas yang didapat biasanya super sekali haha

    Tapi ujiannya itu pas waktu kuliah, Teknik Pertambangan itu biasanya butuh perjuangan ekstra untuk lulus dan wisuda :D

    ReplyDelete
  3. Newmont ngeri ya :D kereeeen :D

    Yap, kebanyaakan perusahaan tambang tetep mengutamakan keselamatan kerja. pasti. Soalnya kalau ada fatality, kerugian bakal banyak bangeeet yang diderita.

    Aku pernah kerja di tambang beberapa bulan sih :D jadi Alhamdulillah, ada sedikit pengetahuan tentang tambang :))

    ReplyDelete
  4. Baru tau kalao bekerja di Tambang kaya gini...

    ReplyDelete
  5. wih, bener - bener ga main-main ya mb

    ReplyDelete