Wednesday, April 20, 2016

Ikut Komunitas Blogger, Bagaimana Caranya?

Sebagai seorang blogger, saya akui saya tak terlalu 'meleburkan' diri dalam komunitas blog. Bagaimana ya? Bukannya kenapa-kenapa, kadang saya hanya bingung saja. Semisal, saya masuk grup Facebook sebuah komunitas blog, saya belum ada kenalan dan kadang bingung mau kenalan gimana. Takut nggak asik atau gimana. Hehe.

Atau, ketika melihat komunitas blog yang terkadang menurut saya isinya blogger itu-itu saja sementara yang lain hanya seperti penggembira (seperti saya). Saya sudah jiper duluan.

Belum lagi kegiatan komunitas blog yang kerapkali diadakan di hari kerja yang notabene saya nggak bisa ikutan. Di situ kadang saya merasa 'tersisih'.

Namun, secara pribadi, sebenernya saya lebih suka berada di 'kerumunan kecil' dibanding 'kerumunan besar'. Lebih suka ngobrol intens dan dalam dengan sedikit orang dibandingkan obrolan selintas lalu dengan banyak orang. Hehe.

Kadang, saya kagum dengan blogger yang eksis di mana-mana, ikut banyak komunitas, ikut banyak kegiatan. Punya banyak teman blogger yang dikenal di dunia nyata. Contohnya mba Reh Atemalem yang aktif berkegiatan dan membuat reportasenya di blog. Ulasannya menarik untuk disimak.

Bukan berarti saya nggak suka bersosialisasi lho ya. Saya suka banget, sebagai seorang sanguinis ekstrovert. Cuma ya kadang-kadang, bingung bagaimana agar bisa melebur, sering nggak bisa ikutan acaranya di hari kerja (apakah memang didesain untuk ibu rumah tangga atau full time blogger?).

Anybody wants to share opinion? Do you like to join blogger community?

26 comments:

  1. Saya gabung di beberapa komunitas blogger tapi juga tidak ikut event offline karena tinggal di kota kecil :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf br bls mba.. iya mba.. aktif tp ya mba?

      Delete
  2. Tulisan ini seperti mewakili saya (blogger penggembira). Btw saya ikut komunitas blogger agar tulisan saya berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Iya mba.. ikut terpacu karena melihat orang lain semangat ;)

      *maaf br bls

      Delete
  3. hmmm iya kali ya... event2 biasanya pas jam kerja dan bukan hari libur
    mungkin crewnya juga ogah disuruh kerja kalo hari libur

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk.. buat family day kali ya nin wiken.. cm jd ga bersahabat buat yg kerja :(

      Delete
  4. Halo mbak.
    Aku ikutan komunitas blogger supaya membuka network aja.
    Ga usah dipikirin, blogger2 femesnya, ataupun event2nya, santai aja. Kadang kalo ikut komunitas banyak ilmu di dalamnya. Sering ada workshop2 online nya. Tapi ya balik lagi sih ke kenyamanan. Kalo saya mah emang doyan keriuhan. Huahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha.. Iya mba harusnya dibawa santei ya mba :)

      *maaf br sempet bales

      Delete
    2. Huahaha iya mbak, ga usah diambil ati event2nya. Kalo deket Dan topiknya menarik ya hayo. Kalo jauh, pass dulu deh. Hihihi

      Delete
  5. Saya udah ngga join komunitas, pun jarang blogwalking :| *blogger macam apa... Pengen sih ikut-ikut event :| tapi gatau jadwalnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahihi.. aduh sama PR bgt aku buat BW..

      *maaf br bls

      Delete
  6. Aku suka banget join KEB dan BP. Abis join di KEB dan BP jadi makin rajin ngeblog, makin banyak temen. Walaupun aku juga masih blogger butiran debu, daaan ga bisa ikutan banyak acaranya karena kemana-mana masih harus diintilin anak dua. Hihihii. Tapi so far, join KEB dan BP memberi banyak pengaruh positif siiihhh. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipsip mba.. Ak kudu lebih aktif nih kayaknya ^^

      *maaf br balas

      Delete
  7. Aku gabung sih mbak, tapi sama dengan mbak monik... bingung dan jiper karna yg aktif itu2 aja, dan udah deket banget. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya itulah mba.. Harusnya sok akrab kali ya *eh

      *maaf br bls

      Delete
  8. Aku sih belum ikutan komunitas2 blogger. Alasanku, aku blm ngeh aja mau ngapain dg ikutn komunitas tsb. Tapi, ada postifnya jg sih ikutn komnits smcm itu, seperti bs menambah jar. pertemanan antarpara blogger. Hnya saja, skrg ini aku blm fokus untuk trjun d komunitas2 sperti itu. Sejauh ini aku bs kenal blogger ini dan itu dg blogwalking dari satu blog ke blog yg lain. Itu saja sudah cukup untukku saat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya BW lebih personal ya mba.. Wah PR bgt buat memperbanyak BW

      *maaf br bls

      Delete
  9. Saya juga sebagai penggembira saja nih mbak di komunitas :)

    ReplyDelete
  10. Nah ini kasusnya persis kayak saya. Saya juga bingung gimana caranya biar bisa melebur dan saling kenalan. Jadinya ikut komunitas ya jadi pengramai aja & share link postingan terbaru hehe

    ReplyDelete
  11. Jadi penggembira, seperti saya. saya juga udah tergabung dalam grup - grup terutama di Fb cuma ya itu, jarang ikut nimbrung. Cuma jadi pengamat saja. :(

    ReplyDelete
  12. Saya juga belum pengen ikutan grup, sementara ini saya banyakin dulu blogwalking sambil nunggu pengen ikut grup blog.
    hehe
    Salam Kenal mbak Moni :)

    ReplyDelete
  13. bisa ikut ke KEB (Kumpul Emak Blogger) atau KK (kancut Keblenger) mbak :D

    banyak kok komunitas blogger Indonesia :)

    ReplyDelete
  14. Tidak usah ikut perkembangan komunitasnya mbak, cukup mengembangkan blognya. biar mantaap hehehe

    ReplyDelete
  15. saya gabung di beberapa komunitas Mba tapi saya bukan termasuk anggota aktif juga, malah selalu nggak pede kalo mau share postingan :)

    ReplyDelete
  16. kebanyakan komunitas blogger welcome banget bila ada calon member baru. bila ngga percaya coba saja ikutan Komunitas Blogger Jogja, eh saya malah promosi di sini hihi

    ReplyDelete