Thursday, January 28, 2016

13 Tips Menambah Follower Twitter Secara Alami

Tips Menambah Follower Twitter Secara Alami. Bagi selebritis atau tokoh terkenal, menambah follower/pengikut tentu bukanlah hal yang susah. Orang akan dengan senang hati mengikuti mereka, bahkan merasa rugi jika ketinggalan berita terbaru. Nah, kalau bagi orang ‘biasa’, bagaimana cara menambah follower secara alami? Tentu, bukan dengan menggunakan aplikasi ya. Berikut tips yang bisa dibagikan :

1.         Pasang Profile Picture wajah diri
Profile picture menunjukkan identitas. Dalam komunikasi visual, penggunaan foto diri menunjukkan keterbukaan dan kejujuran. Kita tentu lebih suka berkenalan atau mengikuti orang yang kita tahu wajahnya bukan?

2.         Self-branding pada bio
Bio pada Twitter dapat kita gunakan sebagai salah satu sarana untuk branding. Jangan menulis bio seperti “just an ordirnary person” atau “a simple woman” tetapi buatlah bio yang kira-kira bisa membuat orang tertarik mengikuti profil kita. Misalnya : Blogger, Financial Planner, Traveler. Dengan demikian, orang yang melihat profil akan dapat memperkirakan apa isi dari linimasa kita. Seseorang cenderung akan mengikuti akun yang membahas hal yang membuatnya tertarik.

3.         Rajin nge-tweet dan buatlah tweet yang menarik
Ya, bagaimana orang tertarik akan mengikuti jika nge-tweet saja jarang-jarang? Perbaharui tweet secara berkala, jika perlu buatlah jadwal nge-tweet. Tentu, bahaslah hal-hal yang kira-kira bisa membuat orang tertarik, gunakan sudut pandang pembaca, seperti apa tweet yang kira-kira menarik? Tweet bisa dimulai dengan melempar pertanyaan yang menggelitik seperti, “Buku apa sih yang paling tak terlupakan menurut kamu?” atau “Share dong, gimana cara nabung yang efektif menurutmu?” sesudah itu kita bisa membahas hal yang terkait dengan tweet pembuka/pemancing tadi.

Wednesday, January 27, 2016

Because (Perhaps) People Don’t Need to Know Our Story



Suatu hari, saya sedang berjalan dengan dua teman perempuan, salah satunya baru menikah beberapa bulan sebelumnya. Kemudian kami berpapasan dengan seorang teman laki-laki yang sudah lama tak berjumpa. Dia pun berbasa-basi, “Hai, apa kabar? Kamu udah enam bulan nikah kan ya? Kok belum hamil-hamil?” tanyanya dengan renyah. Teman yang ditanya hanya tersenyum, tetapi saya bisa mengartikan tatapan nanarnya. Ia baru saja keguguran janin kembarnya dan saat itu ia sedang menjalani masa pemulihan.

Suatu hari, seorang rekan kantor bertanya kepada saya, “Kamu kenapa belum nikah-nikah? Umurmu udah 26 kan? Waktu umur 26 aku udah punya anak dua,” Saya cuma tersenyum dan meminta didoakan saja.
I was just thinking
People don’t need to know our story
They just need to know the ending…
Apa orang yang bertanya tentang teman yang belum hamil itu tahu keguguran yang dialami? Apa dia perlu tahu? Dan apa sebenarnya, dia mau tahu?

Apa orang yang bertanya mengapa belum menikah, apa ia perlu tahu? Mungkin yang ditanya pernah gagal ta’aruf, pernah terkena harapan palsu, jatuh bangun menata hati? Apa ia perlu tahu? Dan apa dia mau tahu? Apa dia mau bantu?

No, I believe no… Mungkin si penanya cuma bertanya, sekadar ingin tahu, atau malah ingin mengomentari.. ingin menggurui…

Seperti kemarin, saat saya menunggu pengumuman lomba, saya bercerita ke salah satu rekan kantor, “Doain ya mas, pengumuman lomba nih, hadiahnya Macbook,”. Setelah pengumuman dan ternyata saya tak berhasil, si Mas dengan santainya berkomentar, “Oh, nggak menang Mon? Cuma segitu aja kemampuanmu?”

Friday, January 22, 2016

Sinergi Pemangku Kepentingan Usaha Pertambangan dalam Upaya Pengelolaan Lingkungan yang Baik dan Berkelanjutan

Pengelolaan lingkungan pertambangan adalah tanggung jawab bersama dari tiga pemangku kepentingan yakni perusahaan pertambangan, pemerintah, dan masyarakat. Perusahaan berkontribusi menerapkan Sistem Manajemen Lingkungan (SML) yang patuh terhadap peraturan dengan mengacu pada standar lingkungan yang tinggi. Faktor penting lain dalam perusahaan meliputi kepemimpinan, partisipasi manajemen serta kompetensi teknis dan penanaman nilai moral karyawan.

Pemerintah dapat memberlakukan reward and punishment system kepada perusahaan tambang. Pemberian penghargaan diharapkan akan memacu peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan dan pemberlakuan sanksi dapat memaksa perusahaan untuk menaati peraturan. Masyarakat berperan mengawasi pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh perusahaan tambang.

Sinergi antara ketiga pemangku kepentingan tersebut akan mendorong terciptanya pengelolaan lingkungan yang baik dan berkelanjutan sebagai salah satu lini 3 P (profit, people, planet) sehingga akan menguntungkan semua pihak. Perusahaan dapat meningkatkan nilainya, masyarakat bisa menikmati lingkungan yang terjaga untuk waktu sekarang dan mendatang serta tugas pemerintah menjadi lebih ringan jika lingkungan dikelola dengan baik. Selain itu, sinergi tersebut akan menghasilkan mutualisme : peningkatan nilai perusahaan akan meningkatkan pemberdayaan masyarakat, perusahaan memperoleh dukungan dari masyarakat dan pemerintah, serta pemerintah tak perlu mengeluarkan biaya akibat kerusakan lingkungan.

***

Referensi :

Wednesday, January 20, 2016

Cara Mudah Membuat E-Book Menggunakan Canva

Cara Mudah Membuat E-Book. Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai Canva, salah satu situs  desain grafis daring. Ya, saya sudah mengenal Canva lebih  dari setahun yang lalu ketika mengikuti sebuah seminar dan si pemateri, salah seorang pengusaha cukup terkenal, mengatakan bahwa Canva merupakan andalannya dalam membuat desain. Orang yang tak bisa membuat desain bisa menghasilkan desain. Bagaimana caranya?


Sekilas tentang Canva
Canva merupakan sebuah situs yang menawarkan akses gratis dan berbayar ke berbagai macam alat dan pilihan desain. Jangan khawatir, untuk akses gratis saja pilihannya sudah teramat banyak. Singkatnya, jika kita ingin membuat desain biasanya menggunakan software seperti CorelDraw, Adobe Ilustrator, Inkscape, dsb. Nah, Canva telah menyediakan ‘kemampuan grafis’ untuk orang yang ‘tak bisa atau tak mahir mendesain’ dengan menyediakan berbagai template mulai dari 1) tata letak (layout), 2) elemen seperti ikon, foto, garis, ilustrasi, dsb, 3) teks dengan berbagai font, dan 4) latar belakang. Pendek kata, ‘bahan’ sudah disajikan dan pengguna tinggal mengkreasikannya. 

Serunya, pada laman beranda telah disediakan berbagai pilihan dimensi desain yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Desain apa yang hendak dibuatnya? Apakah postingan media sosial, dokumen, bahan pemasaran, header media sosial dan email, events, ads, atau blogging and e-books? Pemilihan ‘keperluan’ itu merupakan hal pertama yang dilakukan sebelum membuat desain.

Cara Membuat E-Book Menggunakan Canva
Berbicara tentang e-book, pada dasarnya kita berbicara tentang sebuah buku, dalam hal ini tentang desainnya. Bagaimana agar buku tersebut membuat nyaman orang yang membacanya, tata letak seperti apa sehingga tampak rapi dan indah dipandang, peletakan huruf maupun elemen sehingga komposisinya pas, dan sebagainya. Karena saya bukan ahli tentang bagaimana layout yang bagus, saya menyarankan sebelum membuat layout untuk e-book, kita gooling dulu tentang ‘layout design tips’, ‘great layout design’, ‘layout design for books’, dan kata kunci lain sejenis untuk mendapatkan tips dan contoh tentang desain tata letak buku yang baik dan indah. Fokus dalam postingan kali ini adalah ‘membuat e-book dengan menggunakan Canva’ untuk orang yang tak bisa desain sekalipun.

Pertama, daftar (sign up) terlebih dahulu untuk menggunakan Canva. Kedua, ketika masuk ke laman beranda Canva, pilih platform desain yang dikehendaki dalam hal ini e-book. Pada bagian ‘create a design’ klik ‘more’ dan cari bagian ‘blogging dan e-books’. Ada beberapa pilihan dalam di bagian tersebut, klik ‘ebook’. Dengan Canva, kita tak perlu menyesuaikan ukuran, sudah ada standarnya secara otomatis.
Klik 'more'



Thursday, January 14, 2016

Kado Spesial untuk Orang Tersayang : Custom Tshirt dari Utees.me

Kado apa yang tak biasa dan terasa istimewa bagi orang tersayang? Tentu, salah satunya, adalah barang yang ‘tak ada di pasaran’, semisal sesuatu yang dibuat khusus untuk sang penerima. Namun, jika belum mampu membuat karya sendiri atau tak memiliki banyak waktu longgar, memesan kaos dengan desain yang disesuaikan dengan si penerima hadiah merupakan salah satu ide yang patut dicoba.
Yes, why don’t  you design your own special custom T-shirt for your loved one?
Dulu, pada umumnya, jika berkeinginan mencetak T-shirt dengan desain sendiri terdapat minimum pemesanan. Belum, memikirkan desainnya yang bisa jadi pilihannya tak terlampau banyak. 

Bagaimana jika bisa mendesain dan kemudian memesan kaos hasil desain dengan praktis dan mudah?

Nah, kebetulan Hilmy, si adik bungsu, akan berulangtahun ke-14 pada 16 Januari ini. Kaos desain sendiri merupakan salah satu kado untuknya. Yes, saya menemukan situs Utees.me yang merupakan online T-shirt creator. Ya, kita bisa membuat desain kaos secara personal,  full-custom, plus bisa memesan satu buah kaos saja. Saya pun membuka situsnya dengan antusias, tentu dengan sign up terlebih dahulu untuk lebih memudahkan dalam penggunaan.

Sesudah mendaftar, tak berlama-lama saya langsung mencoba mendesain. Kesan pertama saya membuka situs Utees.me adalah tampilannya yang clean dan eye-catching, saya langsung bisa menemukan ‘design your own t-shirt’ di  bagian paling kanan seperti ini :

Oke, mari dimulai. Pertama-tama adalah memilih model T-shirt yang sesuai. Terdapat tiga model : regular, female dan kids. Saya pun memilih ukuran reguler dan warna merah.
Nah, berikutnya adalah soal desain. Apakah saya jago desain? Nggak! Tapi saya tak khawatir karena situs Utees.me menyediakan beraneka ragam contoh/template untuk disesuaikan. Lanjut. 

Monday, January 11, 2016

Tak Akan Lari Jodoh Dikejar



Image source : Pexels. Edited

Jodoh merupakan suatu hal yang terkait dengan pemahaman terhadap takdir, terutama takdir azali yakni takdir yang ditetapkan lima puluh ribu tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. 

Manusia ditakdirkan memiliki pasangan

Dalam berbagai ayat Al Qur’an disebutkan perihal ‘pasangan’. Seperti dalam Q.S. An-Naba’:8, “Dan kami jadikan kamu berpasang-pasangan,” dan Q.S. Adz-Dzariyat:49, ”Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah,”.

Sejatinya, Allah telah menciptakan pasangan untuk kita, Allah telah menetapkan jodoh kita. Hal tersebut seyogianya menimbulkan ketentraman bagi hati bahwa rizki yang ditetapkan untuk kita tak akan diambil oleh orang lain.

Jika kita mengimani ini, kita harus berupaya sungguh-sungguh, seperti halnya rizki, ada yang dipercepat dan ada pula yang diperlambat. 


Sebelum berbicara jodoh, hendaknya berbicara keimanan kita terlebih dahulu

Kemaksiatan yang dibisikkan setan pertama kali adalah was-was. Ketika dihembuskan was-was, maka syariat akan dipinggirkan. Ketika was-was, manusia bisa mengambil jalan pintas, secara zahir dia mendapatkan sesuatu tetapi sejatinya hal tersebut mengundang murka Allah. Contohnya adalah pacaran. Jodoh kita telah ditetapkan, apakah akan diambil dengan jalan pacaran atau jalan yang diridai Allah adalah pilihan kita. Satu jalan bahwa jodoh diberikan sambil dimurkai, satunya diberikan dengan cinta.

Jodoh merupakan takdir mukhayyar yang mana manusia memiliki intervensi ‘memilih’ di dalamnya. Kita ditakdirkan memiliki sesuatu, tetapi pilihan kita akan dihisab dan dipertanggungjawabkan. Berbeda dengan takdir musayyar yakni takdir yang membuat manusia tidak memiliki kebebasan untuk menerima atau menolak seperti dilahirkan di negara mana, takdir ini tidak dimintai pertanggungjawaban.