Wednesday, October 12, 2016

Berlibur Seru bersama Keluarga di Villa Istana Bunga Lembang

Komunikasi merupakan masalah keluarga secara umum. Rata-rata, keluarga di perkotaan jarang bertemu muka, kecuali saat menjelang tidur. Anak-anak bersekolah hingga sore, bahkan tak jarang mampir dulu ke tempat nongkrong bersama teman-temannya. Ayah pulang malam lepas berlembur sementara ibu pun memiliki banyak aktivitas di luar. Berlibur bersama keluarga merupakan salah satu jalan untuk memperbaiki kualitas kebersamaan di antara anggota keluarga.

Villa Istana Bunga, sebuah penginapan di Lembang dapat menjadi pilihan tempat berlibur bersama keluarga yang menyenangkan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa di kawasan Sukabumi, Lembang, dan Bandung banyak bertebaran villa-villa mewah dan megah sebagai tempat berlibur. Villa-villa itu dapat disewa dengan harga yang cukup terjangkau untuk seluruh anggota keluarga.

Kita dapat menikmati udara segar pedesaan yang masih murni dan pemandangan alam yang masih asri seraya bercengkerama bersama keluarga, sesuatu yang bisa jadi sangat mahal di tengah kesibukan sehari-hari. Terdapat beraneka macam fasilitas yang tersedia di Villa Istana Bunga, seperti tempat bermain anak dan kolam renang. Ada pula taman bunga yang indah yang bisa digunakan sebagai latar foto yang instagrammable.

Selain menikmati liburan di Villa Istana Bunga, kita juga bisa berjalan-jalan ke obyek wisata yang ada di sekitarnya. Apa saja tempat wisata di dekat Villa Istana Bunga? 

Wisata ke Perkebunan Teh
Di dekat Villa Istana Bunga terdapat perkebunan teh dengan pemandangan yang indah. Hijau daun teh akan segera memanjakan mata kita, belum lagi udara yang sejuk. Selain dapat menyaksikan proses pemetikan teh, Anda juga bisa melihat proses penggilingannya. Tentunya, obyek wisata ini akan memberikan pengetahuan baru yang seru dan menyenangkan, terutama bagi anak-anak.
Anak-anak tentu suka minum teh, salah satu minuman yang sangat terkenal di Indonesia dan sudah banyak disajikan dalam bentuk botol atau kotak yang dapat diminum langsung. Jika melihat pembuatannya secara langsung, anak-anak pasti akan tertarik. Orangtua bisa menjelaskan tentang kebuh teh itu kepada anak-anak sehingga komunikasi pun terjalin semakin erat.
Sumber foto : travellingyuk.com

Tuesday, October 11, 2016

Ayat Ayat Hujan

Photo by Ricky Kharawala
Hujan adalah rahmat. Ayat-ayat apa saja dalam Al Qur'an yang menyebutkan tentang hujan?

Al Baqarah
1.         [2:19] atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati. Dan Allah meliputi orang-orang yang kafir.
2.         [2:22] Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu; karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah, padahal kamu mengetahui.
3.         [2:264] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.
4.         [2:265] Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat.

An Nisa
1.         [4:102] Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan seraka'at), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir.

Al An’am
1.         [6:6] Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyak generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.
2.         [6:99] Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman.

Al A’raf
1.         [7:57] Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran.

Al Anfal
1.         [8:11] (Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengannya telapak kaki(mu).

Yunus
1.         [10:24] Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dan langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya karena air itu tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak. Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya, dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasainya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh kemarin. Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir.

Hud
1.         [11:44] Dan difirmankan: "Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah," dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi, dan dikatakan: "Binasalah orang-orang yang zalim ."
2.         [11:52] Dan (dia berkata): "Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa."

Yusuf
1.         [12:49] Kemudian setelah itu akan datang tahun yang padanya manusia diberi hujan (dengan cukup) dan dimasa itu mereka memeras anggur."