Friday, January 13, 2017

Butuh Comfort Food? Tom Yum Goong Akan Menenangkanmu

Tom Yum Goong
Kalau kamu lagi butuh masakan yang enak sekaligus bisa bikin nyaman, Tom Yum Goong merupakan salah satu hidangan yang layak dicoba. Menurut kamus Oxford, comfort food adalah makanan yang memberikan penghiburan atau perasaan nyaman. Biasanya, perasaan nyaman tersebut timbul apabila seseorang menyantap ‘masakan rumahan’. Nah, Tom Yum Goong adalah salah satu pilihan teratas saya kalau lagi nggak enak badan atau pikiran.

Bagi yang belum tahu, secara sederhana Tom Yum Goong merupakan sup udang pedas dari Thailand. Secara etimologis, ‘Tom’ berarti proses perebusan dalam bahasa Thailand, ‘Yam’ menunjukkan adanya rasa pedas dan asam, ‘Goong’ berarti udang. Nah, udah kebayang kan gimana rasanya?

Lalu apa yang bikin Tom Yum Goong spesial?

Versi lengkap Thai Food
Yang pertama, tentu saja, rasanya yang lezat. Perpaduan antara udang, jamur, kuah ikan serta beraneka rempah dan bumbu yang menghasilkan rasa pedas dan asam ini benar-benar menggugah selera makan. Aroma rempahnya menusuk hidung dengan lembut. Nggak hanya lezat, masakan ini juga menyehatkan lantaran kandungan herbal di dalamnya beraneka rupa. Contohnya, sereh yang bisa menurunkan suhu panas di dalam tubuh dan membebaskan gas berlebih di dalam lambung, jeruk nipis yang bisa mencegah batuk dan flu, jeruk purut yang bisa membantu menyembuhkan sakit perut, lengkuas yang bisa membantu meredakan radang dan rempah lainnya.

Tom Yum Goong lebih lengkap lagi jika disajikan dengan sepiring nasi hangat. Dijamin kenyang, memanjakan lidah, menghangatkan badan, bikin tenang dengan aroma rempah-rempah, dan menyehatkan. Yuhu, perpaduan yang sempurna bukan?

Nggak heran kalau CNN memasukkan Tom Yum Goong sebagai salah satu masakan yang ada di dalam daftar ‘best foods in the world’. Di Indonesia sendiri, rumah makan yang menyediakan Tom Yum Goong sudah ada di mana-mana. Mulai dari restoran di berbagai mal ternama di Jakarta (semangkuk Tom Yum Goong mulai dari Rp70 ribu, sebelum pajak), hingga di tempat makan pinggir jalan (harga seporsi mulai dari Rp30 ribu). Nah, buat ngedapetin rekomendasi tempat makan yang oke punya, kamu bisa follow instagram @yukmakancom. Kalau mau tahu tentang informasi menarik tentang Thailand, kamu bisa follow @wisatathailand yang merupakan akun resmi dari otoritas wisata Thailand.

Jadi, sudahkah kamu mencicipi Tom Yum Goong?

6 comments:

  1. Entah ya... Aku kok kurang suka udang dimasak sebagai sup... Huehue, sukanya digoreng tepung #lah malah oot

    ReplyDelete
  2. suka banget tomyum
    tapi comfortfoodku masih tetep mie instan sama kopi :3

    ReplyDelete
  3. Ini beda apa ya dengan Tom Yum biasa? Tom Yum apalagi yang pedas, emang enak banget.

    ReplyDelete
  4. the bestttttt! aku kalau lagi stress juga carinya thai food mbak , termasuk tom yam tapi aku sukanya pake noodle. yummmmm

    ReplyDelete