Friday, February 3, 2017

7 Hal yang Bisa Kamu Pelajari dari Buku Laris Manis Wisata Halal

Bagaimana cara paling cepat sampai ke suatu tempat? Tentu, salah satunya adalah bertanya kepada orang yang sudah pernah mendatanginya. Nah, bagaimana caranya menjadi seorang pengusaha? Salah satunya adaah belajar dari para pengusaha. Adalah Cheriatna, salah seorang pengusaha agen perjalanan, pemilik Cheria Travel. Nggak main-main, lelaki kelahiran 5 Agustus 1974 ini mengambil fokus bisnis wisata halal. Produk dan jasa yang ditawarkan oleh Cheria Travel sendiri meliputi paket haji plus, paket umroh, dan paket tour wisata Muslim ke berbagai negara seperti Turki, Jepang, Korea Selatan, dsb. Sebuah diferensiasi menarik yang menjadi nilai tambah Cheria Travel. Bagaimana tidak? Potensi pasar umroh mencapai satu juta orang Indonesia per tahunnya. Bahkan Yuswohady, seorang penulis 40 buku marketing dan periset konsumen Muslim Indonesia, dalam penelitiannya menemukan bahwa terdapat karakter unik pada umat Muslim Indonesia yakni semakin mereka terjamin kesejahteraanya maka kesadaran spiritual semakin meningkat. Tak mengherankan jika bisnis travel haji dan umroh tumbuh dengan pesat.

Kabar baiknya, Cheriatna tak pelit untuk berbagi ilmu dan pengetahuannya. Ia menyusun e-book berjudul “Laris Manis Bisnis Wisata Halal” yang secara buka-bukaan tentang bisnis yang ia geluti. Apa saja yang bisa dipelajari dari buku elektronik 84 halaman ini?

1.      Kesuksesan milik siapa saja yang mau bekerja keras
Pendidikan formal sang penulis hanyalah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun, ia mampu membangun sebuah perusahaan yang pada awalnya hanya memiliki empat karyawan menjadi 30 karyawan.

2.      Apa dan bagaimana bisnis wisata halal
Pembahasan tentang bisnis wisata halal dimulai dari potensi bisnis wisata halal, jumlah wisatawan, gambaran geliat bisnis wisata halal di dalam dan luar negeri, dan sebagainya. Paparannya runut, mudah dicerna dan dilengkapi berbagai tabel dan grafis pendukung. Selain itu, juga dipaparkan mengenai pandangan wisatawan non Muslim terhadap wisata halal. Jangan salah, ternyata tur wisata halal juga banyak diminati oleh wisatawan non Muslim. Mengapa? Temukan jawabannya di e-book ya.

3.      Faktor kesuksesan berbisnis wisata halal
Untuk para pembaca yang tertarik dengan bisnis wisata halal, ayah sembilan orang anak ini menceritakan tentang faktor-faktor apa saja agar sukses berbisnis wisata halal. Mulai dari pertimbangan untuk berbisnis wisata sesuai dengan pengalamannya, negara-negara yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan muslim,  faktor penting apa yang menjadi perhatian para wisatawan Muslim ketika berwisata, hingga informasi tentang situs luar negeri yang menjadi referensi wisata halal. Tentu, hal-hal penting tersebut sangat perlu diperhatikan, bukan?

4.      Tips mulai berbisnis wisata halal
Dari mana mulai berbisnis wisata halal? Berikut tips dari penulis yang bisa diterapkan :
a.     Kuatkan azzam
Penulis menekankan bahwa tekad yang kuat adalah modal utama yang dapat menjadi sumbu penyemangat ketika menemui berbagai tantangan di tengah perjalanan bisnis.
b.    Pengalaman vs Product Knowledge
Ada pandangan menarik dari penulis di halaman 26, “Untuk menjalankan bisnis wisata halal ini punya dua jalan. Yang pertama, apakah kamu merasa lebih confident menjual ‘product’
setelah kamu memiliki pengalaman sendiri di destinasi wisata tersebut.”
“Atau jalan yang kedua, apakah hanya dengan menguasai rute paket tour yang akan dijual (Product Knowledge), kamu sudah merasa cukup dan berani untuk menjual produk,”
c.    Perhitungkan biaya operasional
d.  Pendapatan yang ingin diperoleh berbanding lurus dengan seberapa besar usaha yang kita kerahkan.

5.      Berbisnis sesuai zaman : digitalkan bisnis!
Salah satu kunci kesuksesan Cheria Wisata adalah penguasaannya atas berbagai saluran pemasaran untuk mendongkrak penjualan. Misalnya, penggunaan Facebook Ads, aplikasi di Google Play Store, blog, hingga Google Adwords.

6.      Temukan keunikan bisnis sebagai keunggulan kompetitif
Untuk memperkokoh brand yang dibangun, sebuah brand haruslah memiliki keunikan yang menjadi keunggulannya atas pesaing. Cheria Wisata, misalnya, agen wisata ini berupaya melawan arus kebiasaan tur yang pergi dengan grup besar, Cheria menawarkan paket-paket privat dalam rombongan kecil dengan harga tak berbeda dengan grup besar. Bahkan, berangkat berdua saja juga bisa (honeymoon). Cheria Wisata juga menawarkan paket wisata dengan jadwal yang lebih fleksibel dan itinerary yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan tamu.
“Temukanlah jawaban kenapa orang memilih jasa kita untuk bepergian,”
         (Laris Manis Bisnis Wisata Halal, hal. 37)

7.       Maksimalkan komponen pendukung bisnis
Terdapat beberapa komponen pendukung dalam bisnis wisata halal, misalnya jejaring komunitas yang kuat, hingga penyelenggaraan lomba blog wisata halal. Penulis secara gamblang menjelaskan tentang komunitas yang diikutinya hingga cara untuk bergabung dengan komunitas tersebut.

Nah, menarik bukan buku Laris Manis Wisata Halal Ini? E-book tersebut bisa diunduh di blog sang penulis secara gratis. Buat yang ingin mengintip paket wisata apa saja yang ditawarkan oleh Cheria Travel bisa buka situsnya di www.cheria-travel.com.

Jadi, apakah Anda tertarik berbisnis wisata halal?



7 comments:

  1. modalnya belom ada sih beb :D

    ReplyDelete
  2. Wah, baru tahu ada wisata halal. :D Aku mauuuu

    ReplyDelete
  3. Buku tentang travelling tuh entah kenapa selalu menarik buat aku. Hehehe jadi pengen beli ini buku.

    ReplyDelete
  4. Salut sama perjuangan Pak Cheriatna. Walaupun beliau lulusan SMA, tapi bisa membaca peluang bisnis wisata halal dengan baik. Keren, Apalagi bisa dapetin tipsnya lewat e-book yg bisa diunduh free,
    alhamdulillah hee

    ReplyDelete
  5. Tur wisata muslim ke Korea Selatan gimana sih maksudnya? Emangnya Korsel negara Muslim?

    ReplyDelete
  6. Baru diunduh ebooknya kemarin sore, rencana baru mau mulai dibaca hari ini. Memang untuk saat ini Paket Wisata Halal sedang menjadi tren di Indonesia maupun dunia. Dan satu langkah tepat Cheria Travel menyediakan paket wisata khusus istimewa ini.

    ReplyDelete