Thursday, March 16, 2017

Jangan Lihat Orang dari Luarnya (Saja) : A Tribute to Cumi Lebay


Kabar kepergian Cumi Lebay, salah seorang travel blogger papan atas Indonesia, pada tanggal 3 Maret 2017 lalu terasa mengejutkan. Mas Cumi merupakan salah satu blogger yang paling berkesan bagi saya selama mengikuti Newmont Bootcamp Batch V pada 14-23 Februari 2016 lalu. Kepulangannya ke haribaan Sang Pencipta mengingatkan tentang kenangan-kenangan dari almarhum. Ingatan saya melayang ke status Path yang saya tulis tepat setelah selesainya Newmot Bootcamp.
"Sembilan hari ini kami menjelajah NTB bersama salah seorang travel blogger terkenal. Di balik pembawaannya yang 'nyablak' dan ketidakrisihannya hanya memakai (maaf) celana dalam berwarna gonjreng saat di pantai atau air terjun, terdapat fakta menarik tentangnya. 
Di tengah padatnya jadwal #NewmontBootcamp, di antara godaan lezatnya santapan bercita rata pedas menggoda dan di bawah teriknya panas matahari Sumbawa yang membuat keringat bercucuran deras, ia berpuasa. Ya, puasa Senin dan Kamis.
Tergelitik, saya pun bertanya, "Serius puasa?", ia menjawab, "Iya, puasa Senin Kamis udah kebutuhan buat gw, gak bisa gw tinggalin. Dulu gw malah puasa Daud,"
Wow, dalam hati saya berdecak kagum. Ia adalah seseorang yang sering traveling dan masih konsisten berpuasa sunnah. Bahkan, ia mengaku telah berpuasa Daud (sehari puasa, sehari tidak) tanpa putus selama tiga tahun hingga lebaran tahun lalu ketika saya tanya lebih jauh. 
Ia juga yang pertama bersegera melaksanakan sholat di antara para peserta lain. "Ya, walaupun penampilan gw gini, sholat dan puasa adalah kebutuhan utama yang kudu didahuluin," 
Di perjalanan ini, saya belajar darinya. Jangan pernah melihat orang dari penampilan (saja)."
Ya, mas Cumi seseorang yang menjaga sholat dan puasa sunnahnya. Selain itu, ia salah satu blogger terkenal yang tetap rendah hati. Ia hafal nama dan mudah akrab dengan orang di sekitarnya. Tak heran banyak orang yang merasa kehilangan dengan kepergiannya. Sugeng tindak mas Cumi, semoga kelak Allah meridaimu masuk surga-Nya dari pintu Ar-Rayyan (pintu bagi orang yang gemar berpuasa).

Al Fatihah.
Buka Puasa Bareng Alumni Newmont Bootcamp 2016 (mas Cumi di tengah, pakai baju bergaris)

1 comment:

  1. wah :(
    so sad, meskipun aku nggak kenal sama ybs sih

    ReplyDelete