Tuesday, May 16, 2017

Perhatikan Hal Ini Saat Mencuci Hijab Baru Anda


Hijab merupakan hal yang wajib dikenakan bagi muslimah jika sedang bepergian keluar rumah. Karena pentingnya hijab bagi muslimah, maka perawatan hijab pun harus diperhatikan pula, bukan? Hijab yang dirawat dengan baik akan bertahan lama saat pemakaiannya. Lantas, bagaimana perawatan hijab yang benar? Nah, sebaiknya perhatikan hal ini yuk saat mencuci hijab kesayanganmu :

1.              Jangan Gunakan Mesin Cuci
Aneh memang, tapi ini sangat berpengaruh. Mesin cuci dapat merusak serat-serat kain hijab yang mana jika dibiarkan terus-menerus akan membuat hijab Anda menjadi lebih mudah rusak. Sebenarnya, ini bukan hanya berpengaruh pada hijab saja. Masalah ini juga berpengaruh terhadap seluruh pakaian. Terlebih lagi, tidak selamanya mesin cuci dapat menghilangkan noda lebih baik daripada pencucian secara manual menggunakan tangan.

2.              Jangan Sikat Keseluruhan
Jangan menyikat seluruh permukaan hijab baru Anda. Sikatlah pada bagian yang terdapat noda saja. Sisanya, kucek saja menggunakan tangan. Pasalnya, bila menyikat keseluruhan hijab, bahan atau kain hijab dapat rusak dan hijabpun terlihat tak menarik lagi. Tentu Anda tidak mau, bukan?

3.              Jangan Campur dengan Pakaian Lain
Supaya warna hijab tidak luntur, usahakan untuk tidak mencampur pakaian lain saat merendamnya. Kemungkinan luntur semakin besar ketika Anda mencampur pakaian terang dengan pakaian gelap sebab perbandingan warna keduanya jauh berbeda. Belum lagi warna hijab bisa tercampur dengan warna hijab lain. Warna luntur dapat merusak nilai estetik hijab menjadi tidak menarik.

4.              Jangan Gunakan Pemutih
Umumnya, bahan yang dipakai hijab tidak sama dengan bahan untuk pakaian. Bahan yang dipakai hijab lebih lentur dan tipis. Jika dituangkan pemutih, maka kemungkinan besar yang terjadi  pudarnya warna hijab. Selain itu, pemutih juga dapat membuat serat kain menjadi lebih mudah rusak.

5.              Hindari Menjemur Langsung dibawah Terik Matahari
Jangan langsung menjemur hijab dibawah terik matahari langsung, walaupun cepat kering, warna hijab kesayangan pun akan cepat memudar dan warnanya tak cerah lagi. Meski demikian  jangan gunakan pengering mesin cuci karena bisa membuat bahan hijab cepat rusak. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan hindari saar mencuci hijab kesayangan. Seberapa lama awetnya hijab itu tergantung pada diri yang merawatnya. Jika Anda tidak dapat merawat hijab dengan baik, hijab yang Anda punya pun mungkin hanya dapat bertahan dalam hitungan minggu saja. Sayang sekali, kan?

3 comments:

  1. ekspresinya nape tuh cyin? :D

    ReplyDelete
  2. Wah aku salah semua dong berarti

    ReplyDelete
  3. Sudah semua benarrr, horeee hehe... no 5 itu di sini saya ga mungkin jemur apapun langsung di bawah terik matahari, bisa hancurrr warnanya, matahari di sini serem dah

    ReplyDelete