Tuesday, June 13, 2017

Long Cardigan Muslimah Untuk Penampilan yang Syari Tapi ‘Nggak Biasa’

Pengen syari tapi tetap stylish? Menurut saya bisa banget. Buat saya yang (berusaha) mengenakan jilbab yang minimal menutup dada, pilihan style tentu nggak mungkin seperti kalung atau pernak-pernik yang mengutak-atik jilbab sedada itu. Mutlak. Belum lagi, sekitar 90% baju yang saya gunakan sehari-hari adalah gamis. Nah, pilihan variasi busana Muslimah yang hampir setiap hari saya gunakan adalah long cardigan muslimah. Kalau udah padu padan gamis dengan long cardigan, aman deh, nggak usah mikirin gaya ‘aneh-aneh’. Hehe
Yes, entah gamis polos atau bermotif, long cardigan selalu bisa bikin penampilan ‘nggak biasa’. Kalau gamisnya polos, long cardigan merupakan kombinasi biar penampilan nggak ngebosenin. Tinggal padu padan dengan long cardigan yang polos juga atau bermotif. Nah, kalau lagi pengen pakai gamis dengan motif yang semarak, long cardigan polos adalah salah satu tips berbusana biar penampilan nggak kelihatan ‘keramaian’.
Nah, berikut tips mengenakan long cardigan menurut saya :
1.         Pilih warna-warna basic 
Warna long cardigan yang minimal kudu ada di lemari menurut saya tiga warna dasar : hitam, coklat dan abu-abu. Kalau saya sih plus pink hihi. Tiga warna dasar itu bisa masuk ke apapun warna gamis kita.

2.         Pilih bahan yang nggak terlalu tebal dan nggak panas
Karena fungsinya sebagai outerwear atau luaran saja, bahan long cardigan nggak perlu yang tebal. Bahan luaran favorit saya crepe : nggak tebal, kelihatan bagus dipakainya, dan nggak gampang kusut.

3.        Pilih bahan ceruti atau brokat buat penampilan yang terkesan ‘mewah’
Mau kondangan tapi bingung pakai baju apa? Gampang. Tinggal mix match gamis polos dengan long cardigan berbahan ceruti atau brokat untuk memberikan kesan ‘mewah’.

4.        Long cardigan sekaligus penghangat badan, kenapa enggak?
Yes, long cardigan nggak hanya berfungsi sebagai pelengkap berbusana saja, tetapi juga sekaligus penghangat badan. Pilih bahan rajut atau kashmir yang bisa menemani di kala dingin.

5.        Punya gamis dengan bahan ngejiplak badan? Long cardigan bisa membantu menyamarkan loh
Kalau kamu punya gamis berbahan jersey atau kaos yang udah lama nggak kamu pakai karena ngejiplak badan, adanya long cardigan bisa ngebantu banget buat menyamarkan. Tapi, kalau gamisnya ngejiplak badan, long cardigan-nya usahain jangan yang berbahan nerawang seperti ceruti ya.

6.        Jangan sampai tabrak motif ya
Kalau kamu punya long cardigan bermotif, kenakan jilbab yang polos. Nah kalau luarannya polos, bolehlah jilbabnya polos atau bermotif.

7.        Pengen lebih praktis? Pilih long cardigan berlengan pendek atau tanpa lengan
Kalau saya pribadi lebih suka mengenakan long cardigan dengan lengan pendek atau tanpa lengan. Menurut saya, lebih praktis dan lebih cakep dilihat kalau lengan panjang dari gamis yang kelihatan hihi.

8.        Long cardigan dengan rok panjang? Cakep juga
Walau, menurut saya, kombinasi yang paling pas untuk long cardigan adalah gamis, memadukannya dengan rok oke juga kok. Nah, pilih rok yang berbentuk A-line ya kalau hendak mengenakan long cardigan untuk mendapatkan kesan yang lebih slim

9.        Long cardigan jangan lebih panjang dari gamis atau roknya
Idealnya, panjang cardigan lebih dari lutut tapi kurang dari mata kaki.

Nah, gimana menurutmu? Kamu suka pakai long cardigan muslimah nggak? Kalau suka, model dan bahan long cardigan apa yang paling sering kamu pakai?  


4 comments: