Tuesday, July 25, 2017

Serunya Wisata Kapal Pesiar Sehari di Nusa Lembongan

Serunya Wisata Kapal Pesiar Sehari di Nusa Lembongan. Sepertinya tak ada orang yang tak setuju jika dikatakan bahwa Bali merupakan salah satu surga dunia. Empat kali liburan ke Bali, rasa-rasanya tak pernah bosan dengan pulau dewata ini. Nah, salah satu pengalaman seru liburan di Bali adalah mencicipi paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise. Ngomong-ngomong, Nusa Lembongan merupakan salah satu pulau kecil (nusa berarti pulau) di sebelah tenggara Pulau Bali. Pulau kecil yang tenang, pemandangan indah, dan pantai-pantai yang memuaskan dahaga akan vitamin sea.

Yak, tempo hari saya berkesempatan mengeksplorasi kecantikan Nusa Lembongan. Saya mengambil paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise yang ditawarkan oleh Bounty Cruises, salah satu kapal pesiar terbesar di Bali. Apa itu? Jadi, Nusa Lembongan Day Cruise adalah aktivitas wisata kapal pesiar dalam satu hari. Pukul 09.00 WITA, kapal pesiar bersiap mengantar wisatawan dari pelabuhan Benoa di Pulau Bali menuju Nusa Lembongan. Pukul 16.00 WITA, kapal pesiar tersebut dijadwalkan sudah sampai lagi di Pelabuhan Benoa. Itulah mengapa disebut Day Cruise.
Sumber  (karena ga dapat foto full body kemarin)

Setelah satu jam berlayar, kapal pesiar tiba di pontoon dermaga (semacam dermaga terapung) di wilayah Nusa Lembongan. Nah, jadi pontoon ini semacam tempat transit para wisatawan sebelum beraktivitas.
Pontoon
Tampak dalam kapal pesiar




Menikmati kapal pesiar dari geladak
Seru-Seruan Apa Saja di Nusa Lembongan Day Cruise?

Selama pukul 09.00-16.00, para wisatawan bisa menikmati fasilitas dan aktivitas yang disediakan oleh Bounty Cruises yang sudah termasuk dalam paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise. Jadi, dari pontoon para wisatawan bisa melakukan beraneka aktivitas yang terkait dengan air (water activities). Yuk, mulai dari apa yang ada di dalam pontoon. Di pontoon terdapat seluncuran air yang melingkar sepanjang 44 meter. Byur, siap-siap nyebur seru ke laut ya.
Seluncuran air
Jump!

Aktivitas yang pertama saya lakukan adalah glass bottom boat alias melihat pemandangan bawah laut dari kapal. Pengunjung akan diajak menaiki kapal yang memiliki bagian bawah kaca tembus pandang. Halo, ikan-ikan!
Glass bottom boat
Melihat karang dari glass bottom boat
Awalnya, saya ngotot nggak mau berbasah-basahan, tetapi melihat keseruan orang-orang bermain air siapa yang tak tergoda. Akhirnya, saya mengantre untuk naik banana boat. Aaaa, kapal berbentuk pisang itu berputar meliuk dengan kecepatan yang semakin kencang. Untung, banana boat yang saya tumpangi nggak dibalik  karena ada anak kecil di depan saya yang meminta sebelum naik.

Selain banana boat, para wisatawan juga bisa menaiki kano dan snorkeling di sekitar Nusa Lembongan. Durasinya sekitar 20 menit.

Nah, asyiknya paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise ini adalah bebas sepuasnya mau mengambil berapa kali water activities. Mau naik banana boat sampai sepuluh kali, snorkeling sampai bosan juga bisa. Pengunjung bebas melakukan apa saja hingga pukul 16.00. Tinggal ngantre lagi kalau sudah selesai.
banana boat
Suasana dalam pontoon
Nggak mau ngapa-ngapain? Well, killing time in a cruise is a better idea. Naik saja ke lantai dua pontoon, duduk di salah satu kursi santai yang berjajar. Whoa, menghirup udara yang bersih dan segar, memanjakan mata dengan keindahan pemandangan laut wilayah Nusa Lembongan, dan melupakan sejenak kepenatan rutinitas itu menyenangkan sekali.
Leyeh-leyeh sambil menikmati pemandangan laut 
Selain menikmati water activities, wisatawan juga diajak melakukan village tour. Dari pontoon, wisatawan diajak menggunakan kapal kecil menuju Nusa Lembongan. Setelah menjejakkan kaki di pulau, para wisatawan dijemput dengan mobil terbuka yang akan mengantar para wisatawan untuk melakukan village tour. Saya pikir kami bakal diajak melihat aktivitas kerajinan atau budidaya alam atau apalah, eh ternyata diajak melihat pemandangan laut dari sebuah sudut cekungan di Nusa Lembongan. Dibiarkan berfoto-foto  sekitar 10 menit oleh pemandu wisata sebelum diantar kembali ke pontoon. Oke, di sini saya merasa agak zonk.
Kapal yang mengantar kami dari pontoon ke pulau
Mobil yang menjemput buat village tour
Pemandangan Nusa Lembongan dari desa

Apa Saja yang Termasuk Paket Nusa Lembongan Day Cruise?

Paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise sudah termasuk water activities sepuasnya (seluncuran air, banana boat, kano, glass bottom dan snorkeling), village tour, sarapan, makan siang prasmanan, trio singer dan live DJ. Kemarin terdapat pertunjukan kabaret yang dilakukan di dalam kapal pesiar pada saat perjalanan pulang dari Nusa Lembongan ke Pelabuhan Benoa.

Paket nggak termasuk jetski dan diving (nambah biaya lagi), handuk dan loker. Bisa menyewa loker di pontoon buat menyimpan barang-barang berharga (biaya sewa Rp20rb sehari).

Berapa Biayanya?

Biaya paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise sebesar Rp925.000 per orang atau $119 untuk wisatawan asing. Menurut saya, harga tersebut sepadan dengan fasilitas yang diberikan.

Nah, buat teman-teman yang tertarik mencoba Nusa Lembongan Day Cruise, saya ada sedikit tips :
  1. Buat teman-teman yang ada kecenderungan mabok saat naik kapal, jangan lupa minum obat anti mabok sebelum berangkat ya karena ketika ombak kencang agak bikin mual.
  2. Sepanjang perjalanan kapal pesiar, berpindah-pindahlah. Coba duduk di bagian kapal sekaligus bagian dek kapal untuk merasakan sensasi lebih.
  3. Jangan lupa untuk membawa handuk dan pakaian ganti yang nyaman
  4. Ketika melakukan tour village, jangan zonk kayak saya tadi. Tanyakan ke pemandu apa saja aktivitas yang ada pada saat village tour. Kalau yang saya baca di situs yang menawarkan Bounty Nusa Lembongan Day Cruise, tour village termasuk melihat aktivitas petani rumput laut, mengunjungi salah satu pura dan tempat wisata rumah bawah tanah. Tetapi, entahlah ya. Silakan dipastikan
Buat yang penasaran dengan Bounty Cruise, termasuk paket wisata Nusa Lembongan Day Cruise, bisa intip-intip situsnya. Happy holiday!

6 comments:

  1. Wah, mupeng. Aku suka laut. :D

    ReplyDelete
  2. Seru banget tuh, Mbak. Aku suka wisata air, terutama laut. Padahal suka ngeri kalau naik perahu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi kadang ngeri tp yg ngeri itu seru *eh

      Delete
  3. wah keren ya, mungkin harganya mahal ya dengan fasilitas mewah begitu

    ReplyDelete
  4. Saya pernah ke Nusa Lembongan, tapi buat liburan aja ga pakai cruise :) . Ternyata ada paketan cruisenya yah..

    ReplyDelete