Tuesday, August 8, 2017

7 Tips Menjaga Kesehatan untuk Pegawai Kantoran


Well, pegawai kantoran yang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan komputer (bahkan bisa sampai lebih dari 9 jam sehari) rentan terkena berbagai penyakit, semisal lantaran kurang bergerak. Nah, apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan?

1. Nggak sempet lari? Nggak ada salahnya naik turun tangga
Kalau ruang kantor di lantai atas, alih-alih menggunakan lift, nggak ada salahnya menggunakan tangga. Kadang-kadang, saya naik tangga sampai lantai 6 sebelum melanjutkan menggunakan lift untuk mencapai ruangam kerja di lantai 11.

2. Minum air putih dengan cukup
Minimal delapan gelas sehari untuk menjaga kesehatan ginjal. Jumlah ini seyogianya lebih apabila kita meminum air yang bercita rasa.

3. Mengalihkan pandangan dari monitor setiap berapa menit
Terlalu banyak menatap monitor bisa menyebabkan sakit mata, sakit kepala, dan sebagainya. Jangan lupa untuk menatap sudut lain setiap 20 menit.


4. Jangan makan berlebihan
Di kantor seringkali banyak makanan sehingga banyak godaan. Konsumsilah snack rapat dan makanan cemilan sesedikit mungkin.

5. Atur pola makan
Pola makan yang salah merupakan salah satu sumber utama penyakit. Mengatur pola makan dapat dilakukan seperti tidak mencampur tiga jenis daging dalam satu piring, menghindari gorengan dan makanan bersantan dan sebagainya.

6. Hindari stres
Nggak bisa dipungkiri bahwa kehidupan kantor itu rawan stres, apalagi jika sedang dikejar deadline. Namun, sebisa mungkin harus dihindari. Misalnya, rehat sejenak jika sudah mulai lelah.

7. Do light exercise
Lakukan olahraga kecil untuk membuat jantung berdetak lebih cepat dan tubuh berkeringat, olahraga yang mudah dilakukan seperti plank atau sit up misalnya.

Kalau kamu gimana? Adakah tips lain yang bisa dibagikan?





4 comments:

  1. Sangat bermanfaat. Biar kubagi tips ini sama karyawanku. :)

    ReplyDelete
  2. Kalau di kantor, emang godaan makanan banyak banget. :'D

    ReplyDelete
  3. Bawa bekal sendiri biar makanannya lebih sehat :)

    ReplyDelete