Wednesday, August 30, 2017

Inilah 8 Barang Pribadi yang Paling Harus Kamu Bawa Saat Mendaki Gunung

Mari mendaki bersamaku. Lokasi : Gunung Papandayan
Mendaki gunung adalah salah satu cara menghabiskan waktu liburan yang paling seru. Banyak pengalaman menarik yang akan sulit untuk dilupakan seumur hidup. Rasanya sangat disayangkan sekali kalau kamu belum pernah mencoba mendaki gunung meskipun cuma satu kali. Kalau saya sendiri sudah (atau baru?) dua kali mendaki gunung. Yuk, mencoba mendaki gunung mumpung masih musim kemarau.

Untuk mendaki gunung, ada perlengkapan khusus yang wajib dibawa. Ada perlengkapan yang diperuntukan untuk banyak orang, ada juga barang-barang yang diperuntukan untuk diri sendiri. Bagi kamu yang belum pernah mendaki gunung, mungkin belum tahu perlengkapan pribadi apa saja yang harus kamu bawa saat mendaki gunung. Apa saja daftar barang yang wajib kamu bawa di gunung? Yuk, check them out!

Carrier
bunga Edelweis di Gunung Papandayan (dok. pribadi)
Carrier atau keril adalah tas khusus yang punya daya tahan dan daya tampung yang besar. Dalam tas ini, kamu bisa menyimpan tenda, pakaian, obat-obatan, keperluan konsumsi, item gunung lainnya, dan masih banyak lagi. Ukuran dan jenis keril juga berbeda-beda, tergantung kebutuhan dan kemampuan pendaki saat membawanya. Merek keril yang paling terkenal antara lain Deuter The North Face, Jack Wolfskin, Eiger, Karimor, Consina, Avtech, dan Lowe Alphine. Harga keril yang bagus biasanya dibanderol mulai dari harga 350 ribu - jutaan rupiah.

Matras
Jangan remehkan benda tipis yang satu ini. Fungsi matras saat berada di gunung sangat signifikan untuk untuk membuatamu tetap nyaman dan lebih hangat saat tidur di dalam tenda. Matras juga bisa membuat alas tidurmu menjadi lebih empuk.

Sleeping Bag
Udara dingin di gunung masih sangat terasa meskipun di dalam tenda sudah terpasang matras. Untuk itu, kamu wajib membawa sleeping bag untuk mengahangatkan tubuh. Sleeping bag adalah barang yang paling efektif untuk menangkal dingin di gunung, bahkan bisa membuat kamu cukup hangat meskipun sedang berada di luar tenda saat malam hari.

Head Lamp
Head lamp adalah lampu yang biasanya digunakan saat melakukan summit attack afau proses pendakian ke puncak gunung saat dini hari. Dengan menggunakan head lamp, kamu tetap bisa menerangi jalan tanpa harus menggunakan tangan sama sekali. Jadi, tangan kamu bisa difungsikan untuk memegang barang lain seperti tongkat agar pendakianmu terasa lebih ringan.

Sepatu
Jangan pernah anggap enteng jalur pendakian dengan menggunakan sepatu yang tidak sesuai, hanya untuk terlihat keren. Sepatu biasa tidak didesain untuk menghadapi track yang ada di alam liar. Banyak risiko yang harus dihadapi kalau mendaki gunung dengan sepatu yang tidak sesuai, mulai dari terpeleset sampai kerusakan parah pada sepatu. Pemilihan sepatu pun sebaiknya disesuaikan dengan rintangan yang ada di jalur pendakiaan. Jika pendakian yang kamu lakukan harus melalui jalur berpasir seperti Mahameru, gunakanlah sepatu gunung yang lebih tinggi agar pasir tersebut tidak masuk ke dalam sepatu dan membuata kakimu menjadi luka. Kalau kamu tidak memiliki sepatu gunung, kamu bisa menyewanya di tempat penyewaaan alat-alat outdoor yang ada di kotamu. Kamu juga bisa mengenakan sandal gunung kalau tidak ingin menyewa sepatu. Namun fungsi sandal gunung sebenarnya tidak sebaik sepatu gunung.

Perlengkapan P3K dan Obat Pribadi
Di gunung, berbagai penyakit dan risiko kecelakaan akan selalu membayangi para pendaki. Sedangkan di sana. tidak ada rumah sakit atau puskesmas yang bisa kamu datangi saat mengalami kecelakaan atau penyakit pendakian. Saat terjadi hal yang tidak diinginkan, perlengkapan medis inilah satu-satunya item yang bisa menolongmu, setidaknya sampai tim SAR datang. Jadi, perlengkapan ini sangat wajib dibawa untuk menyelamatkan nyawamu.

Outfit yang Sesuai
Tidak semua outfit laik dipakai saat mendaki gunung. Beberapa di antaranya adalah outfit berbahan jeans karena tidak mampu menahan dingin dan membuat pergerakan menjadi tidak fleksibel, jaket berbulu karena jika basah akan sulit mengering dan terlalu besar untuk dimasukan ke dalam keril, sampai jaket kulit karena terlalu berat.

Jadi pilihlah outfit bukan cuma terlihat keren, tapi juga bisa memudahkanmu bergerak, dapat memberikan kehangatan, tapi tidak mengganggu pendakian seperti celana kargo, celana softshell, sampai jaket yang windproof dan waterproof

Lalu jangan lupa, lengkapi outfit ini dengan sarung tangan yang tebal, penutup kepala, serta penutup telingan agar tubuhmu bisa lebih tahan dari cuaca dingin.

Raincoat atau Jas Hujan
Meskipun kamu melakukan pendakian saat musim kemarau, bawalah raincoat atau jas hujan karena cuaca di gunung sangat sulit di tebak. Selain itu, barang yang satu ini bisa sangat berguna jika outfit yang kamu gunakan ternyata belum cukup untuk menahan dingin.

Sisanya, kamu tinggal membawa perlengkapan lainnya seperti perlengkapan konsumsi, perlengkapan alternatif semisal geither (penutup kaki), trekking pole, sampai alat penunjuk arah, serta sedikit perlengkapan pribadai lainnya.

Papandayan (dok. pribadi)
Setelah menulis daftar perlengkapan yang wajib kamu bawa ke gunung, sekarang tinggal menulis rencana perjalanan. Lalu, kunjungi agen yang jual tiket murah dan pilih maskapai penerbangan murah seperti Sriwijaya Air agar perjalananmu menjadi lebih hemat.  Jangan lupa juga, cari pesan tiket Sriwijaya Air di Reservasi.com agar kamu mendapatkan tiket dengan penawaran harga terbaik.


Jadi, sudah siap mendaki gunung? Rasakan sensasi mendaki dan bersiaplah menikmati keindahan alam yang menakjubkan!

No comments:

Post a Comment