Monday, January 8, 2018

7 Tips untuk Semakin Nyaman dengan Diri Sendiri


Sudahkah kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri? Apakah kamu merasa tak percaya diri atau merasa sesuatu harus diperbaiki tapi tak tahu mulai darimana? Bagaimana jika kita memulai tahun 2018 ini dengan “menjadi semakin nyaman dengan diri sendiri”? Ya, jika kamu semakin merasa nyaman dengan dirimu, kamu akan semakin mencintai dirimu. Jika kamu semakin mencintai dirimu, auramu akan semakin terpancar dan niscaya orang lain akan semakin menyukaimu. Setuju?
Hidup adalah rangkaian dari berbagai pilihan yang bisa jadi tampak sederhana, tetapi membentuk diri kita bukan?
Nah, ada tujuh tips sederhana agar kita semakin nyaman dengan diri sendiri :
1.   Keep your inner peace
Inner peace adalah kedamaian yang ada pada dirimu. Kamu bisa merasa nyaman, tentram, meski mungkin kondisi sekitarmu sedang kurang bersahabat. Inner peace adalah sesuatu yang bisa kamu upayakan.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kedamaian diri :
a.      Memperbanyak ibadah dan berdoa
Ya, tidak ada kedamaian yang lebih baik selain timbul dari kedekatan dengan Sang Maha Pencipta. Perbanyaklah ibadah dan berdoa.
b.     Self-acceptance
Terima dirimu dengan segala kelebihan dan kekuranganmu. Berdamailah dengan masa lalu dan lepaskan hal-hal yang mengganjal dari pikiranmu. Let it go!
c.     Worry less
Hindari overthinking,  ada hal-hal yang di luar kuasamu. Keep calm.

2.   Workout
Ya, olahraga, gerakkan badanmu. Berolahraga akan memicu timbulnya hormon rasa rileks dan kebahagiaan. Berusahalah berolahraga setiap hari meski hanya gerakan sederhana seperti plank, push-up, atau sit-up. Berkeringatlah. Rasakan perbedaan kenyamanan diri sebelum dan sesudah berolahraga.

3.   Jaga kebersihan dan kerapian
Kamar yang bersih dan rapi akan membuatmu semakin nyaman dan bersemangat dalam menjalani aktivitas. Ruang kerja yang tertata akan membuatmu semakin betah. Setuju?

4.   Percaya diri dalam berpakaian
Pakaian yang kita kenakan merupakan identitas kita. Pakaian yang pas akan membuat kita semakin percaya diri dan hal tersebut tentu berpengaruh dalam pergaulan sehari-hari. Bertanyalah kepada dirimu sendiri, gaya berpakaian bagaimana yang paling pas untukmu.

Berikut sedikit tips dalam memilih pakaian :
a.     Pilih bahan yang nyaman dan tak gampang bikin gerah.
Kaos dan katun adalah bahan paling nyaman untuk keseharian karena mudah menyerap keringat.
b.     Sesuaikan dengan kesempatan
Misalnya, jika kamu pergi ke pesta, tak ada salahnya berpakaian lebih glamor dari biasanya. Kalau kamu tidur, gunakan piyama yang nyaman. Jika sudah bersuami, pakaian tidur juga bisa menjadi sarana menyenangkan hati suami, misalnya dengan menggunakan baju tidur wanita transparan.
c.     Kombinasi warrna, tetapi jangan berlebihan
Pilih kombinasi warna yang senada. Jangan tabrak motif dalam satu penampilan karena bisa membuat tak nyaman bagi yang melihat.

5.   Luangkan waktu untuk me-time
Well, kita selalu perlu waktu untuk diri sendiri bukan? Nggak harus jauh-jauh, me-time bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membaca buku, pergi ke salon, dsb. Me-time perlu dilakukan untuk menjaga kewarasan.

6.   Kendalikan penggunaan gadget
Ponsel pintar adalah alat yang harus bisa kita kendalikan penggunaannya. Berapa lama waktu yang kita gunakan untuk membuka media sosial? Apakah kita sibuk membuka media sosial bahkan ketika ada orang di depan kita?

7.   Kendalikan pengeluaran
Agar semakin nyaman menjalani hidup, kita kudu pandai-pandai mengatur pemasukan dan pengeluaran. Terkait diskon misalnya, sesungguhnya ketika kita membeli barang yang tidak kita butuhkan, kita tidak berhemat sejumlah diskon, tetapi ‘boros’ sejumlah uang yang kita keluarkan.
Salah satu resep penting mengendalikan pengeluaran adalah keluarkan jumlah uang yang ingin ditabung di depan, bukan di belakang ketika ada sisa uang.

Jadi, bagaimana, sudah siap untuk membuat hidupmu lebih nyaman?


No comments:

Post a Comment