Tujuh Alasan Traveling ke Kota Solo

Traveling ke Solo - Angin sepoi-sepoi seolah membelai lembut, suasana sore itu terasa begitu menyenangkan. Jauh dari hiruk pikuk ibukota, kami berteduh di bawah sebuah pohon rindang. Di Keraton Solo kami asyik berbincang sembali sesekali mengamati orang-orang yang berlalu lalang.

Tenang, begitulah saya mendeskripsikan Kota Solo, salah satu kota di Jawa Tengah yang menjadi destinasi favorit liburan, entah bersama teman-teman atau keluarga. Jika bersama keluarga, kami lebih suka menikmati wisata kuliner bersama di Kota Solo yang kami singgahi sebelum tiba di Sragen, kota kelahiran Mama. Jika bersama teman-teman, kami lebih suka mengeksplorasi Kota Solo dan sekitarnya.

Dengan akses transportasi yang saat ini semakin mudah, Kota Solo dapat dicapai dengan berbagai moda. Dari Jakarta, ada sekitar sepuluh penerbangan langsung setiap harinya yang bisa ditempuh dalam waktu satu jam lima belas menit saja. Jika memilih menggunakan mobil, dengan konektivitas jalan tol yang semakin baik, perjalanan Jakarta-Solo bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar tujuh jam, jarak tempuh sekitar 500 km dalam waktu yang tak terlalu lama. Kalau dari kota kelahiran saya di Semarang, dengan adanya tol yang terhubung, kini cukup 1,5 jam untuk mencapai Kota Solo atau kota yang memiliki nama lain Surakarta.

Nah, kalau saya pergi bersama teman-teman, kami lebih memilih menggunakan moda transportasi kereta api. Apalagi kalau menggunakan kereta pagi, wah pemandangan indah sawah nan hijau banyak dijumpai di kanan kiri. Pesan tiket kereta ke Solo mudah dilakukan, tak perlu mengunjungi stasiun, cukup melalui situs atau aplikasi.


Ngomong-ngomong, apa saja alasan-alasan untuk mengunjungi Solo?


Pertama, beragam pilihan wisata nan indah

Bisa dibilang Kota Solo menawarkan beraneka pilihan wisata. Buat kamu pecinta budaya bisa mengunjungi Keraton Kasunanan Solo, Kampung Batik Laweyan, atau Istana Mangkunegaran. Pecinta wisata alam bisa mengunjungi sekitar Kota Solo seperti Grojogan Sewu air terjun indah di Kabupaten Karanganyar atau Waduh Gajah Mungkur di Wonogiri, keduanya sama-sama bisa ditempuh sekitar satu jam dari Solo.

Kedua, aneka wisata kuliner yang memanjakan lidah

Bisa dibilang, wisata kuliner di Solo sangatlah direkomendasikan. Yang tak boleh dilewatkan antara lain Selat Mbak Lies, Timlo Solo, Soto Gading, dan Sambel Tumpang Pecel Bu Kis. Untuk kudapan, Serabi Notosuman enaknya juara. Wisata kuliner di Solo murah meriah, harga makanan bisa kurang dari setengah harga makanan di Jakarta. Saya pernah membeli nasi pecel hanya dengan tiga ribu rupiah saja.


Ketiga, destinasi belanja murah meriah

Solo memiliki berbagai destinasi belanja seperti Pasar Klewer (favorit Mama), Pasar Gede, dan Beteng Trade Center. Buat pecinta batik, harga batik di Solo relatif murah. Bahkan, tante saya sampai jauh-jauh dari Bekasi ke Solo untuk membeli seragam batik keluarga ketika menikahkan putranya karena harga batik di Solo yang murah meriah.

Keempat, masyarakat yang ramah

Pernah mendengar seseorang berkata “Ngomongnya atau jalannya seperti putri Solo ya,” artinya orang yang dimaksud tersebut memiliki sikap yang halus. Cobalah traveling ke Solo dan rasakan keramahan masyarakatnya.

Kelima, budaya Jawa yang mendarah

Di Solo seringkali diadakan berbagai tradisi perayaan yang kental akan budaya Jawa. Misalnya, Solo Batik Carnival, fashion show bertemakan batik yang digelar setahun sekali. Ada juga Festival Sekaten yakni rangkaian kegiatan yang dilakukan sebagai peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh Keraton Solo dan Yogyakarta.

Keenam, transportasi mudah

Seperti yang saya tulis sebelumnya, banyak pilihan moda transportasi menuju Solo. Selain itu, tak usah takut susah transportasi di kota ini. Mulai bus dalam kota, ojek online atau ojek pangkalan, angkot, delman, hingga becak. Mudah.


Ketujuh, kota yang akan membuatmu betah

Kalau Jakarta adalah kota yang penuh dengan hiruk pikuk, Solo adalah kota dengan ritme kehidupan yang akan membuatmu betah. Itulah yang saya rasakan setiap mengunjungi Solo.

Sudah pernah ke Solo? Bagaimana pendapatmu? Bagi yang belum, tertarik mengunjungi Solo?

***

Rekomendasi tempat wisata di Jawa Tengah lainnya adalah Karimunjawa. Pecinta pantai tak boleh melewatkannya. 

No comments