Doa Mohon Diberi Kesehatan dan Terhindar dari Penyakit




“Tidak ada yang dapat mencegah takdir kecuali do’a dan tidak ada yang bisa menambah umur kecuali amal kebajikan,” (HR Tirmidzi, 2065)

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebagai sebuah pandemi global bisa jadi menimbulkan ketakutan dan was-was. Tentu wajar mengingat kesehatan merupakan sebuah kenikmatan yang tak tergantikan. Health is the real wealth. Berbagai ikhtiar fisik seperti tetap tinggal di rumah, menjaga jarak (social distancing), mencuci tangan dengan sabun selama minimal 20 detik, dan sebagainya harus diupayakan. Namun, sudah semestinya seorang Muslim menyempurnakan ikhtiar dengan doa yang merupakan senjata terkuat umat Islam. 

Di atas segala ketakutan, Allah yang menentukan.... 

Berikut berbagai doa perlindungan diri dan memohon kesehatan yang dapat dipanjatkan :


Doa memohon perlindungan dari Allah


Doa ini bisa dibaca pagi dan sore sebanyak 3x (terdapat di dalam dzikir pagi dan petang)

Bismillahilladzii laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa laa fissamaa’i wa huwas samii’ul ‘aliim (HR At-Tirmidzi, hasan shahih)

Artinya : Dengan menyebut nama Allah yang dengan nama-Nya tidak ada sesuatu pun yang akan membahayakan, baik di bumi maupun langit. Dialah Yang Maha Mendengar dan Yang Maha Mengetahui.


Doa memohon kesehatan 



Allahumma ‘aafinii fii badanii, allahumma ‘aafinii fii sam’ii, allahumma ‘afinii fii bashorii, laa illaha illaa anta (HR. Al Bukhari, hasan)

Artinya : “Ya Allah, selamatkanlah tubuhku (dari penyakit dan dari apa yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkanlah pendengaranku (dari penyakit dan dari apa yang tidak aku inginkan). Ya Allah, selamatkanlah penglihatanku, tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau.”


Doa berlindung dari kesengsaraan, kesusahan, dan hilangnya nikmat


Allaahumma inni a'udzubika min zawali ni'matika, wa thahawwuli aa'fiyatika, wa fujaa'ati niqmatika, wa jami'i sakhatika (HR Muslim, shahih)

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu dan hilangnya kesehatan (kesejahteraan) dari-Mu dan dari datangnya hukuman-Mu yang datang secara tiba-tiba dan dari seluruh kemarahan-Mu." 


Doa memohon perlindungan dari keburukan berbagai penyakit


Allahumma inni ‘audzubika minal barosh, wal junuun, wal judzaam, wa min sayyi il asqoom (HR. Abu Daud, shahih)

Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra, dan keburukan segala macam penyakit.”

Semoga Allah SWT memberikan karunia iman, kesehatan, umur panjang, dan kebermanfaatan untuk sesama bagi kita semua. Aamiin


No comments