Monilando's

Life. Books. Traveling. Socmed

Saturday, May 25, 2019

Weekend Escape dari Jakarta? Karimunjawa Pilihan Menggoda

“Pengen liburan tapi cuti terbatas.” 
“Pengen ke pantai-pantai yang indah yang nggak jauh-jauh dari Jakarta?” 
“Pengen liburan yang nggak banyak menguras isi kantong.” 
“Pengen ke pantai yang tenang dan sedikit keramaian?”

Kalau jawabanmu ‘yes’ untuk ketiga pertanyaan di atas, kamu bisa banget mempertimbangkan Karimunjawa sebagai destinasi liburan selanjutnya. Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang terdiri dari 27 pulau, secara geografis termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dijamin akan membuatmu rileks dari hiruk pikuknya ibukota.

Beberapa waktu lalu, saya berkesempatan untuk weekend escape bersama teman-teman satu geng. Kami berdelapan mau mengadakan perpisahan untuk lima orang teman yang hendak meneruskan pendidikan S2 selama dua tahun. Liburan ke Karimunjawa menjadi pengalaman yang mengesankan bagi kami. 


Menuju Karimunjawa


Banyak cara menuju ke Karimunjawa mengingat Kabupaten Jepara yang tak jauh-jauh amat dari Jakarta. Kamu bisa naik mobil pribadi, bus, atau travel langsung ke ke Jepara sebelum menyeberang ke Karimunjawa dari Pelabuhan Kartini Jepara. Perjalanan ini kira-kira bisa ditempuh dalam waktu delapan jam atau lebih cepat lagi karena sekarang jalan tol Jawa yang sudah terintegrasi.

Kamu juga bisa naik kereta lalu turun di Stasiun Tawang atau Stasiun Poncol Semarang untuk kemudian naik bus atau travel ke Jepara sebelum nanti menyeberang dari Pelabuhan Kartini. Perjalanan dengan kereta dari Jakarta ke Semarang ditempuh sekitar enam jam dengan kereta eksekutif dan tujuh jam untuk kereta ekonomi.

Dari Pelabuhan Kartini Jepara, wisatawan menggunakan kapal cepat atau kapal ferry untuk menyeberang. Perjalanan dengan kapal cepat membutuhkan wake sekitar 1 jam 15 menit, adapun jika menggunakan kapal feri kira-kira membutuhkan waktu 4,5 jam.

Kalau mau lebih nyaman lagi atau mungkin kamu kurang nyaman dengan perjalanan laut, kamu bahkan bisa naik pesawat ke Karimunjawa langsung loh dari Semarang atau Surabaya. Penerbangan ke Karimunjawa dari Semarang dijadwalkan tiga kali seminggu. 

Jadi, banyak alternatif transportasi yang bisa digunakan. Tinggal pilih sesuai budget dan kenyamanan masing-masing, ya.

Apa Saja yang Ada di Karimunjawa?


Yang utama, tentu saja, pantai. Awalnya saya tak terlalu berekspektasi tinggi dengan pantai di Karimunjawa (paling nggak bagus-bagus amat, pikir saya) tapi ternyata saya salah dong. Keindahan pantai di Karimunjawa jauh melebihi ekspektasi saya. Hamparan nyiur melambai, gundukan pasir putih yang halus, pantai yang bersih dan jernih, karang-karang cantik yang sangat instagrammable, bonus ayunan yang serasa membawa lagi ke kenangan masa kecil. Belum lagi, pemandangan matahari terbit atau terbenamnya yang cakep banget. 





Masih kurang? Kamu juga bisa snorkeling, tracking ke hutan mangrove, atau mengunjungi penangkaran ikan hiu. Cukup lengkap, bukan?

Tempo hari, kami mengunjungi beberapa pantai di Karimunjawa. Pantai Ujung Gelam merupakan spot terbaik untuk melihat sunset. Melihat indahnya matahari tenggelam sambil bercengkerama dengan orang-orang tersayang dan menikmati kelapa muda. Nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

Berikutnya, ada Pantai Batu Putih yang tak kalah memesona. Seperti namanya, pantai ini ditandai dengan batu-batu karang besar. Foto ala-ala bisa banget di sini. 

Nah, ada lagi Pantai Tanjung Gelam. Pantai ini mengingatkan saya akan wallpaper di komputer. Perpaduan air laut, pantai, langit, dan pohon kelapa membentuk sebuah landscape yang ciamik. 



Wisata laut tak lengkap tanpa snorkeling, bukan? Nah, di Karimunjawa kamu bisa snorkeling sepuasnya, menikmati pemandangan bawah laut yang akan membuatmu memuji kebesaran Tuhan.


Malam harinya, kamu bisa berjalan-jalan ke alun-alun Karimunjawa. Di sana kamu bisa menikmati seafood lezat, jagung bakar, atau sekadar menyeruput susu jahe. Mau beli oleh-oleh? Aman. Mulai dari ikan asin atau olahan hasil laut lainnya, t-shirt, atau gantungan kunci ada. 

Liburan Hemat atau Liburan Fancy di Karimunjawa?


Nah, enaknya di Karimunjawa ini, kamu bisa memilih mau liburan hemat ala backpacker atau mau liburan nyaman alias fancy yang tentunya lebih mengeluarkan biaya. Unsur utama dari liburan tentu saja transportasi dan penginapan. Di Karimunjawa banyak terdapat pilihan penginapan, misalnya kamu bisa pilih mau kamar ber-AC atau cukup kipas angin saja.

Tips-Tips Liburan di Karimunjawa


Nah, buat kamu yang mau liburan ke Karimunjawa, ada beberapa tips biar kepuasan liburan menjadi maksimal. Apa saja?

Pertama, lihat prakiraan cuaca dahulu. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Karimunjawa adalah saat musim kemarau (April-September). Langit yang cerah tentu akan sangat mendukung liburan, apalagi wisata pantai. Teman saya pernah bercerita bahwa kepulangannya dari Karimunjawa tertunda sehari karena cuaca yang buruk sehingga kapal tidak berani berlayar. Cuaca yang buruk juga akan berpengaruh dengan tingkat kekencangan ombak. 

Kedua, ombak cukup kencang ketika menyeberang, jadi siapkan dirimu. Kalau bisa, pilihlah kursi di dek kapal paling bawah agar lebih nyaman. Bawa obat anti mabok, permen, dan kantong kresek untuk berjaga-jaga.  

Ketiga,  kenakan outfit yang paling kece. Bawa juga perlengkapan ke pantai agar penampilanmu maksimal. Misalnya, kemarin saya membawa topi pantai, teman saya membawa selendang tenun. Bahkan saya dan teman-teman kemarin janjian mengenakan baju kembaran. 

Seru-seruan bersama teman-teman 


Keempat, karena transportasi dan penginapan merupakan dua unsur terpenting dalam liburan, pilih paket wisata biar praktis dan nggak ribet. Misalnya, paket Karimunjawa Traveloka yang menyediakan paket transportasi sekaligus penginapan. Kamu bisa pilih sesuai selera dan budget. 

Kelima, jangan lupa bawa sunscreen ya untuk meminimalkan kulit gosong sehabis liburan. Ohya, ada tips melindungi kulit ketika liburan ke pantai. Gunakan sunscreen sebelum beraktivitas panas-panasan dan kemudian selesai beraktivitas, langsung gunakan aloe vera untuk mendinginkan. 

Nah, gimana? Tertarik ke Karimunjawa? Cus ajak orang-orang tersayang dan tentukan tanggal keberangkatan. 

***

Weekend escape lainnya dari Jakarta? Kamu bisa ke Kabupaten Lebak, Banten untuk melihat kecantikan Pantai Sawarna.

1 comment:

  1. ah ini masih jadi wishlistku cyin
    entah kapan bisa kesampaian haha

    ReplyDelete