Thursday, September 27, 2018

Pengalaman Umroh Plus Mesir Murah Bersama Komunitas UTM


Siapa yang tak ingin bersimpuh di depan Ka’bah? Siapa yang tak ingin mengunjungi Madinah? Saya yakin semua Muslim pasti menginginkannya. Namun, bisa dikatakan bahwa perjalanan ke kedua kota suci tersebut memerlukan cukup banyak biaya. Bagaimana jika ada yang mengatakan tentang umroh tiket murah? Mungkin sebagian orang akan menyangsikannya karena maraknya berita tentang penipuan berkedok umroh murah. Termasuk saya yang qadarullah menjadi salah satu korban janji manis First Travel.

Hingga kemudian saya mengenal Komunitas Umroh Tiket Murah (UTM) dari seorang teman, Dea, yang berencana untuk umroh dengan komunitas tersebut. Ia mengajak saya ikut serta. Dua bulan sebelum jadwal keberangkatan pada pertengahan Januari 2018 lalu, saya memutuskan untuk bergabung dengan UTM. Saya mengambil paket Umroh plus Mesir untuk tiga orang : saya, Papa, dan Muthia (adik).

masjid nabawi, madinah
Foto Masjid Nabawi ketika kubah tertutup (dok. pribadi)


masjid nabawi, madinah
Foto Masjid Nabawi dari depan (dok. pribadi)
Apa dan Bagaimana Komunitas UTM?

Komunitas UTM adalah komunitas yang didirikan oleh Ikhsan Wahyudi yang bertujuan untuk memfasilitasi umat Muslim yang ingin umroh dengan biaya murah. Mengapa dinamakan Umroh Tiket Murah? Tiket merupakan komponen utama dalam sebuah perjalanan sehingga ketika kita bisa mendapatkan tiket murah, total biaya perjalanan menjadi lebih murah.

Komunitas UTM bukan agen umroh, tetapi lebih kepada menjadi fasilitator jama’ah yang ingin melaksanakan ibadah umroh dengan biaya murah. 

Ada dua tipe umroh yang difasilitasi oleh UTM yakni umroh regular dan umroh expand atau umroh plus (umroh sekaligus jalan-jalan ke negara lain seperti Mesir, Turki, dsb).

Mengapa saya percaya untuk bergabung dengan komunitas UTM?

Awalnya, saya bergabung dengan grup facebook Umroh Tiket Murah. Ya, kamu bisa membuka situs www.umrohtiketmurah.com dan grup facebooknya. Di sana saya membaca postingan-postingan para admin mengenai tata cara bergabung dengan UTM beserta postingan testimoni orang-orang yang sudah mengikuti paket umroh UTM. Para member yang sudah mengikuti umroh bersama UTM menyatakan rasa puasnya karena harganya yang murah dan juga pelayanannya yang bagus. Saya membaca banyak postingan jama’ah, mempelajari dengan seksama, melihat foto-foto rombongan sebelumnya.

Ya, pertama. Testimoni tentang UTM bagus. Ingatlah salah satu prinsip pemasaran, pelanggan yang puas akan bercerita kemana-mana. Istilahnya, getok tular. Word of mouth.

Yang kedua. Di UTM ini, para calon jama’ah membeli sendiri tiket mereka. Ya, saya membeli sendiri tiket perjalanan kami, mengecek harga via Skyscanner dan membayarnya. Sebagai informasi, komponen terbesar dalam keberangkatan sebuah perjalanan adalah akomodasi yang mencakup tiket perjalanan. Kalau kita sudah memegang tiket, 50% sudah pasti berangkat bukan? Nah, para jama’ah UTM sudah memegang tiket mereka sendiri sebelum berangkat karena pemesanan tiket dilakukan secara mandiri.

Bagaimana mekanisme mengikuti umroh bersama UTM?

Pertama, admin mem-post jadwal umroh UTM di situs UTM dan grup Facebook Umroh Tiket Murah. Nah, secara berkala admin akan memperbaharui tentang ketersedian slot di jadwal tersebut. Misal, untuk kloter umroh Mesir tanggal sekian sampai sekian masih berapa slot yang tersedia. Kedua, calon jama’ah melakukan konfirmasi ke admin (via whatsapp) tentang ketersediaan itu. Ketiga, calon jama’ah dipersilakan untuk melakukan pemesanan tiket pesawat secara mandiri. Caranya bagaimana? Admin akan memberitahukan maskapai penerbangan apa yang akan digunakan, tanggal keberangkatan, kota pemberangkatan dan kota kedatangan, hingga nomor maskapai. Jadi, semua jama’ah umroh kloter tersebut menggunakan pesawat yang sama meski pemesanan dilakukan secara mandiri.

Teknisnya, saya mengecek harga via Skyscanner. Berangkat dari Kuala Lumpur ke Madinah pada tanggal 12 Januari 2018 menggunakan Saudi Airlines. Lalu, penerbangan dari Jeddah ke Kairo tanggal 19 Januari 2018 menggunakan Flynas. Terakhir, penerbangan dari Kairo ke Jakarta tanggal 23 Januari 2018 menggunakan Saudi Airlines. Jadi, dalam sekali pesan ada tiga penerbangan ya. Pilih multiple city di Skyscanner.

Nah, habis cek harga dan kalau sudah cocok, silakan tiket langsung dieksekusi ya. Kalau bingung/takut salah bisa minta tolong admin untuk memesankan. Kemarin saya meminta bantuan dipesankan. Habis itu, lapor ke admin (apabila pesan sendiri) bahwa sudah pesan tiket agar dimasukkan ke grup Whatsapp rombongan umroh kita.

Beli tiket = mengamankan kursi.

Jadi, ketika sudah mantap berumroh, sudah punya paspor dan cocok dengan jadwal umroh yang dipublikasikan oleh UTM, lebih baik segera mengecek harga tiket pesawat. Jika cocok, bisa langsung membeli tiket pesawat (sebelumnya bisa konfirmasi ke salah satu admin UTM menanyakan apakah slot jamaah sudah penuh atau belum) agar bisa secepatnya bergabung dengan kloter UTM tersebut, mengingat peminat umroh UTM banyak.

Setelah itu, calon jama'ah membayarkan biaya land arrangement satu bulan sebelum keberangkatan. Jadi, pembelian tiket pesawat dan pembayaran land arrangement dilakukan dalam waktu terpisah. 

umroh murah, umroh tiket murah

Penjelasan komponen biaya per jama’ah sebagai berikut:
1.      Biaya tiket pesawat
Jadi, admin UTM akan mencarikan keberangkatan yang dianggap paling pas dan terjangkau. Nah, terkadang titik keberangkatan jama’ah ke tanah suci tidak dari Jakarta tetapi bisa juga dari ibukota negara tetangga seperti Kuala Lumpur atau Singapura. Kebetulan, kemarin titik kumpul kami adalah di Kuala Lumpur. Artinya, para jama’ah bebas mau pakai pesawat apa datang jam berapa asal nanti kami berkumpul di Kuala Lumpur pada waktu dan tempat yang ditentukan untuk bersama-sama naik pesawat Saudi Airlines dari Kuala Lumpur ke Jeddah.
Kemarin saya membayar biaya tiket pesawat sebagai berikut :
a.        Tiket KLM dari Jakarta ke KL
Tiket menuju Kuala Lumpur bebas ya, terserah penumpang mau pilih apa. Kemarin saya memilih menggunakan jasa maskapai KLM. Biaya yang kami bayar untuk tiket KLM Jakarta-Kuala Lumpur sebesar Rp522.673,00 (saya pesan di Traveloka).

b.        Tiket Saudi Airlines dari Kuala Lumpur ke Madinah dan dari Kairo ke Jakarta
Kami menggunakan maskapai Saudi Airlines dari Kuala Lumpur menuju Madinah dan dari Kairo menuju Jakarta. Tiket per orang sebesar Rp5.981.600,00. Kurs waktu itu sebesar Rp13.500,00.

c.       Tiket Flynas dari Jeddah ke Kairo
Dari Madinah ke Mekah serta dari Mekah ke Jeddah kami menggunakan bus. Kami menuju Kairo menggunakan penerbangan Flynas dari bandara di Jeddah. Tiket yang dibayarkan waktu itu untuk penerbangan Jeddah-Kairo sejumlah Rp2.124.349,00 per orang.

2.      Land Arrangement
Land Arrangement adalah biaya-biaya yang meliputi biaya penginapan, biaya transportasi dalam kota (selain biaya tiket pesawat), visa, pajak terkait dan asuransi (opsional). Biaya ini juga terkait dengan pilihan kamar kita. Kalau memilih sekamar berdua, tentu lebih mahal dibandingkan dengan yang memilih sekamar bertiga atau berempat.

Misalnya, kemarin saya memilih sekamar bertiga dengan ayah dan adik, biaya land arrangement kami di Saudi Arabia per orang adalah sebesar $440. Jika sekamar berdua, biayanya lebih mahal yakni menjadi $490 dan jika sekamar berempat, biayanya menjadi lebih murah yakni 385$. Biaya di atas termasuk visa.

Nah, untuk penginapan selama di Mesir, semuanya sekamar berdua. Land arrangement di Mesir sebesar $235, belum termasuk visa sebesar $25.

3.       Biaya koper dan administrasi
Jama’ah UTM mendapatkan satu buah koper besar, satu buah tas selempang, kain ihram untuk jama’ah pria, kain batik dan buku doa. Biaya perlengkapan dan administrasi sebesar Rp1 juta.

4.       Biaya suntik meningitis
Suntik meningitis merupakan salah satu persyaratan untuk mendapatkan visa umroh dan haji. Suntik ini dilakukan mandiri oleh jama’ah (di luar UTM). Suntik meningitis bisa dilakukan di rumah sakit atau Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Kalau saya tempo hari suntik meningitis di KKP Halim, dekat bandara Halim Perdanakusuma. Biaya Rp305 ribu. Setelah suntik, mendapatkan kartu kuning yang menerangkan bahwa nama ybs sudah mendapatkan suntik meningitis tersebut. Kartu kuning itu berlaku selama dua tahun dan merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan visa umroh.

Apakah biaya umroh sama antar jama’ah?
Jawabannya bisa sama dan bisa berbeda. Jadi, ada dua komponen biaya yang bisa bervariasi antar jama’ah :
1.       Biaya tiket
Nah, karena jama’ah bisa membeli tiket di waktu yang berbeda, harga tiket para jama’ah bisa berbeda. Misalnya, saya membeli tiket dua bulan sebelum berangkat, kena harga Rp8,1 juta untuk penerbangan PP per orang. Adapun teman saya membeli tiket empat bulan sebelum berangkat, kena harga Rp9,3 juta PP per orang.
Makin lama membeli tiket dari tanggal berangkat belum tentu lebih murah. Kalau saya menganggap itu rezeki masing-masing hehe.

2.       Biaya hotel
Jadi, biaya hotel juga bervariasi tergantung pilihan kita. Jama’ah yang memilih satu kamar berdua akan membayar biaya hotel yang lebih mahal dibanding jama’ah yang satu kamar bertiga. Begitu juga jama’ah yang satu kamar bertiga membayar biaya hotel yang lebih mahal dibandingkan jama’ah yang satu kamar berempat.

Apa saja yang diurus oleh UTM dan apa saja yang diurus oleh calon jama’ah?
Yang diurus oleh jama’ah : paspor dan kartu kuning. Selain itu diurus oleh UTM. Visa umroh nanti dibuatkan secara kolektif.

Bagaimana fasilitas yang disediakan oleh UTM?
Di Madinah kami menginap di hotel Guest Oasis. Jaraknya dekat, hanya sekitar 400 meter dari Gate 15 Masjid Nabawi. Hotelnya tidak mewah (kalau informasi di Hotels.com bintang 2,5) tetapi nyaman.
Penampakan hotel Guest Oasis Madinah dan bus yang kami pakai di Madinah (dok. Muthia Yulando)

Di Mekah kami menginap di hotel Rawabi Zam-Zam (bintang 3). Jarak sekitar 300 meter dari Masjidil Haram . Hotel tidak mewah tapi nyaman.

Kateringnya makanan Indonesia dan enak masakannya. Bus yang digunakan untuk city tour bagus dan bersih. Sekitar 140 orang jama’ah dibagi menjadi tiga bus.

Terdapat muthawif (pembimbing) dalam melaksanakan umroh yakni ustadz Indonesia yang sudah lama menetap di Saudi Arabia. Khusus untuk memasuki Raudhoh, pembimbingnya ustadzah untuk jama’ah perempuan.

Untuk di Mesir, kami menginap di hotel mewah bintang 5, Movenpick Cairo. Hotel mewah dengan interior yang sangat cantik. Model cottage dengan makanannya yang mewah dan enak.
Foto hotel Movenpick Kairo (dok. pribadi)

Foto bus kami di Mesir (dok. Muthia Yulando)

Bisa dibilang, sangat puas dengan fasilitas yang disediakan oleh UTM.

Bagaimana alur keberangkatan dan bagaimana itinerary?

Jadi, titik keberangkatan di Kuala Lumpur International Airport di tanggal tertentu waktu tertentu. Jangan khawatir tidak bertemu rombongan ya karena nanti janjian menggunakan batik UTM pada saat keberangkatan seperti ini

umroh tiket murah, umroh murah
Foto rombongan kami (bukan dokumentasi pribadi)

Ini penampakan koper kami :
Dokumentasi Aulia Rahman






Dari Kuala Lumpur kami naik Saudi Airlines menuju Madinah. Dari Madinah menuju Mekah ditempuh sekitar empat-lima jam menggunakan bus. Dari Mekah, kami menuju Jeddah menggunakan bus sekitar dua jam perjalanan. Dari Jeddah kami ke Kairo menggunakan Flynas. Dari Kairo kami ke Jakarta menggunakan Saudi Airlines.

Untuk itinerary lengkap sebagai berikut :
Hari 1 : Berangkat dari Kuala Lumpur International Airport pukul 15.00 waktu setempat
Hari 2: Tiba di Madinah. Melakukan kegiatan ziarah dalam Masjid Nabawi (ziarah Baqi, ziarah Makam Rasul SAW, Abu Bakar RA, Umar RA, Raudhah) dan ke Museum Al Quran serta Museum Asmaul Husna
Hari 3 : Medina City Tour dengan bus dan ekstra ziarah (Masjid Quba, Jabal Uhud, Masjid Qiblatain & Masjid Khandak).
Hari 4 : Bersiap menuju Mekah. Ambil miqot di Masjid Bir Ali. Tiba di Mekah pada malam harinya. Langsung melaksanakan umroh pada malam itu.
Hari 5 : Berkegiatan di Masjidil Haram
Hari 6 : Mecca City Tour dengan bus (Jabal Tsur, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina (Jamarat), Jabal Nur) Mengambil miqot di Hudaibiyah untuk umrah kedua.
Hari 7 : Berkegiatan di Masjidil Haram
Hari 8 : Check out hotel di Mekah dan melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Jeddah. Menuju Kairo menggunakan maskapai Flynas. Tiba di Kairo pada malam harinya.
Hari 9 : Full day tour in Cairo. Mengunjungi Pyramid & Sphinx of Giza – Papyrus (toko kertas dan melihat pembuatan papyrus) - Citadel (benteng yang sangat indah) - Moh. Aly Mosque – Egyptian Museum
Hari 10 : Kairo-Alexandria (kota kedua terbesar di Mesir)-Kairo. Mengunjungi Mosque of Nabi Daniel & Lukman Al Hakim, Qait Bay Fort, the Abu Alabbas Mosque –Entrance to Pompey’s Pillar and The Garden of Montaza Palaces
Hari 11 : Full day tour in Cairo. Mengunjungi Amr bin Ash Mosque – El Hussein Mosque – Al Azhar Mosque – Khan El Khalili Bazaar.
Hari 12 : Bersiap pulang menuju Jakarta.

Apa keunggulan UTM dibandingkan dengan agen wisata? Apa bedanya?

Menurut saya, value for money ikut umroh bareng UTM tinggi. Artinya, fasilitas/kemudahan yang diberikan nilainya lebih tinggi dengan biaya yang dikeluarkan. Biayanya bisa dibilang murah dibanding fasilitas yang diperoleh jama’ah.

Bisakah jamaah dari luar Jakarta ikut? Apakah ada manasik?

Bisa sekali. Tinggal bertemu di titik kumpul. Rombongan saya berasal dari berbagai daerah. Ada yang dari Jabodetabek, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan, dsb. Untuk manasik umroh bisa dilakukan bersama-sama rombongan yang satu kota.

Tips memesan via Skyscanner

Sebenarnya gampang banget tapi mungkin masih belum familiar aja. Pilih multi city artinya banyak kota di penerbangan yang dituju. Seperti kami kemarin memilih :
  1.  Kuala Lumpur ke Madinah, lalu tambahkan
  2.  Jeddah ke Kairo, lalu tambahkan
  3. Kairo ke Jakarta

Bingung pesannya? Bingung pembayarannya? 

Tenang, para admin UTM akan membantu untuk memesankan. Jadi, bisa kontak ke salah seorang admin UTM (ada informasinya di grup Facebook) dan kemudian transfer ke rekening admin tersebut untuk diuruskan.

Pesawat yang digunakan oleh masing-masing jama’ah harus sama persis?
Iya, jadi kalau admin UTM berkata pesawatnya menggunakan maskapai tertentu dengan penerbangan tertentu ya jamaah ikut. Jadi, walaupun pesannya sendiri-sendiri dan tidak bersamaan, nantinya akan berangkat dan pulang dengan maskapai yang sama di waktu yang sama (satu pesawat).

Apakah puas dengan pelayanan UTM? Apakah sepadan antara yang dibayar dengan yang didapatkan?

Iya, Alhamdulillah puas. Menurut saya, apa yang didapatkan lebih besar dari yang dibayarkan (value for money)

Apakah UTM sama dengan umroh backpacker?

Berbeda, UTM bukan (berbeda dengan) umroh backpacker. 

Silakan ditanyakan ya jika ada yang belum jelas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi teman-teman yang ingin umroh dengan biaya terjangkau. 

Mekah, umroh
Yang selalu dirindukan (dok. pribadi)
Madinah, Nabawi, umroh
Masjid Nabawi sebelum Subuh (dokumentasi pribadi)







1 comment:

  1. Ternyata kita beda di biaya LA & Visa-nya, Mba Momon.. hihihi. Aku, Mba Oli, Mba Yuli ada tambahan biaya visa umroh $115, jadi ga termasuk LA '^^

    Sukses yaa blog-nya.. aku lagi kepo nih XD

    ReplyDelete