Cara Memasak Nasi dengan Kompor Gas

cara memasak nasi mudah

Cara memasak nasi dengan kompor gas mudah dilakukan. Di zaman serba elektronik seperti sekarang, memasak nasi seringkali dilakukan dengan rice cooker. Tinggal colokkan rice cooker ke stop kontak dan ceklek. Namun, bagaimana jika listrik mati dan sudah keburu lapar? Nah, tak ada salahnya jika kita mengetahui cara memasaknasi dengan kompor gas, apalagi cara ini simpel dan juga mudah dilakukan.

Memasak nasi dengan kompor gas dapat dilakukan dengan cara mengukus menggunakan dandang. Bagi yang belum tahu, mengukus adalah cara mengolah bahan pangan melalui pemanasan menggunakan uap air mendidih dalam wadah tertutup. Cara ini diajarkan oleh Mama. Hingga sekarang di rumah, Mama masih memasak nasi dengan dikukus meskipun sudah ada rice cooker.

Alat yang dibutuhkan adalah dandang sebagai alat pengukus dan rantang stainless steel untuk tempat beras/nasi. Selain rantang bisa juga menggunakan wadah lain berbahan stainless steel atau kayu, tentu asal masuk ke dalam dandang tersebut ya.

Bagaimana langkah-langkahnya?

Pertama, cuci beras hingga bersih alias tidak keruh. Saya biasanya mencuci beras sebanyak maksimal tiga kali agar vitamin dalam beras tidak hilang.

Kedua, masukkan beras yang telah dicuci bersih dalam rantang. Maksimal hingga setengah rantang saja karena beras akan mengembang.

cara memasak nasi

Ketiga, masukkan air sebanyak satu ruas jari di atas beras yang ada dalam rantang.

Keempat, masukkan air ke dalam dandang/pengukus, panaskan. Setelah air cukup panas, baru masukkan rantang ke dalam dandang. Tutup.

cara memasak nasi dengan kompor gas

Kelima, masak hingga matang, kira-kira dibutuhkan waktu sekitar setengah jam, tergantung banyaknya beras yang dimasak.

cara memasak nasi dengan mudah

Nasi hangat siap disajikan. Mudah, bukan?

cara memasak nasi mengukus

Ada hal yang harus diperhatikan apabila memasak nasi menggunakan kompor gas. Jika memasak menggunakan rice cooker tinggal ceklek dan bisa kita tinggal, memasak nasi menggunakan kompor gas harus kita perhatikan. Kita cek tingkat kematangan nasi dengan membuka penutup dandang dan tentu saja jangan terlalu lama agar nasi tidak terlalu kering.

Nah, demikian cara alternatif memasak nasi. Kalau sudah matang nasinya, jangan lupa melengkapinya dengan masakan lezat juga! Ada sliced beef ala Yoshinoya yang lezat disantap dengan nasi pulen.

Semoga bermanfaat

 

 

 

 

3 comments

  1. Waah saya baru tahu cara masak nasi dikukus begini mbak. Ada fotonya pula, jadi lebih kebayang. Ini berapa lama ngukusnya mbak?

    ReplyDelete
  2. waah, cara masak model baru nih. Saya baru tahu loh, mbak. kerenn

    ReplyDelete